Doa Mengukuti Ujian, Ulangan, Tes Agar Lancar dan Lulus

Konten []
    Abiabiz.com - Doa mengikuti ujian ulangan tes agar lancar dan lulus. Pada setiap tengah semester seorang siswa diwajibkan untuk mengikuti UTS, kemudian pada akhir semester murid diharuskan menjalankan UAS atau ujian akhir semeter.

    doa mengikuti ujian ulangan tes

    Banyak perasaan yang muncul pada momen tersebut, khususnya ragu, tidak yakin, dan mencoba berpikir bahwa ia akan gagal dalam tes kali ini. Bahkan bila seseorang sudah mempersiapkannya dengan belajar sungguh-sungguh setiap hari, maka ketegangan yang timbul akan menjadi lebih besar.

    Apalagi jika mengikuti ujian yang lebih besar daripada sekedar ujian di sekolah, yakni ujian yang menentukan masa depan. Seperti ujian SBMPTN, UM-PTKIN atau ujian mandiri masuk uiversitas dan perguruan tinggi, ujian tesis, sidang skprisi, tes CPNS dan semacamnya.

    Karena ujian-ujian tersebut tergolong sebagai ujian besar, maka hati kita menjadi tidak tenang, muncul rasa deg-degan yang luar biasa karena apabila gagal, maka masa depan kitalah yang dipertaruhkan. Oleh karena itu kita selalu berpikir bagaimana caranya agar lulus sehingga membuat kita menjadi tidak fokus dalam menghadapi ujian.

    Hadits dan Dalil Doa Mengikuti Ujian

    Yang perlu kita garisbawahi di sini adalah bahwa kita hanya perlu berusaha semaksimal mungkin, Allah yang kemudian akan menentukan hasilnya. Apabila usaha kita keras, maka Allah SWT akan membalasnya dengan hasil yang memuaskan. Seperti salah satu kutipan ayat Al-Quran berikut.

    وَإِنَّ عَلَيْكُمْ لَحَافِظِينَ -١٠- كِرَاماً كَاتِبِينَ -١١- يَعْلَمُونَ مَا تَفْعَلُونَ -١٢-

    Artinya:
    "Dan sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan yang mencatat (perbuatanmu), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Al-Infithar 10-12).

    Namun jika apa yang kita peroleh tidak seperti yang kita inginkan. Jangan berkecil hati, jangan pesimis dan menganggap bahwa usaha kita tidak keras, usaha kita sia-sia atau semacamnya karena Allah SWT lebih mengetahui apa yang kita tidak tahu.

    Mungkin dengan kegagalan kita maka berarati Allah SWT telah merencanakan sesuatu yang lebih baik untuk kita. Mungkin apa yang kita inginkan bukan yang terbaik dan bisa jadi merupakan pilihan yang salah sehingga Allah SWT tidak mengabulkannya.

    قَالَ يَا آدَمُ أَنبِئْهُمْ بِأَسْمَآئِهِمْ فَلَمَّا أَنْبَأَهُمْ بِأَسْمَآئِهِمْ قَالَ أَلَمْ أَقُلْ لَّكُمْ إِنِّيْ أَعْلَمُ غَيْبَ السَّمَاوَاتِ
    وَ الْأَرْضِ وَ أَعْلَمُ مَا تُبْدُوْنَ وَ مَا كُنْتُمْ تَكْتُمُوْنَ (٣٣)

    Artinya:
    "Berkata Dia (Allah): Wahai Adam! Beritahukanlah kepada mereka nama-nama itu semuanya! Maka tatkala telah diberi­tahukannya kepada mereka nama-nama itu semua, berfirmanlah Dia : Bukankah telah Aku katakan kepada kamu, bahwa sesungguh­nya Aku lebih mengetahui rahasia semua langit dan bumi, dan lebih Aku ketahui apa yang kamu nyatakan dan apa yang kamu sembuyikan". (Q.S. Al-Baqarah [2]: 33).

    Kumpulan Doa Mengikuti Ujian, Ulangan, Tes

    Berikut adalah macam-macam doa yang bisa kita ucapkan ketika mengikuji tes, ujian, ulangan atau semacamnya. Tujuannya agar hati kita tenang, tetap fokus dalam menjawab setiap soal serta memohon agar mendapat hasil yang terbaik.

    a. Doa Mohon Kemudahan Mengikuti Ujian

    doa mohon kemudahan

    Berikut adalah doa yang dapat dibaca untuk memohon agar diberi kemudahan, kelancaran dan fokus untuk menjawab semua soal sehingga ujian yang kita ikuti dapat berjalan dengan baik dan berakhir dengan manis.

    اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

    ALLAAHUMMA LAA SAHLA ILLAA MAA JA’ALTAHU SAHLAN WA ANTA TAJ’ALUL HAZNA IDZAA SYI’TA SAHLAN.

    Artinya :
    "Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya." (Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106)

    b. Doa Memohon Ditambahkan Ilmu Pengetahuan

    doa ilmu pengetahuan

    Doa meminta kepada Allah agar ditambahkan ilmu pengetahuan, tujuannya agar ilmu atau pelajaran yang kita peroleh dari guru saat belajar bisa terus diingat sehingga memudahkan dalam proses mengerjakan soal.

    رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

    RABBI ZIDNII ‘ILMAA.

    Artinya :
    "Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan." (QS Thaahaa : 114)

    c. Doa Memohon Kelancaran Lisan dan Bicara

    doa kelancaran lisan

    Khusus bila mengikuti ujian lisan (sering diterapkan di kampus-kampus), atau untuk mengikuti interview lamaran kerja, apply pekerjaan dan semacamnya, bacalah doa berikut ini dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya.

    رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

    RABBISY-ROHLII SHADRII, WA YASSIRLII AMRII, WAHLUL ‘UQDATAM MILLISAANII, YAFQAHU QAULII.

    Artinya :
    "Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku." (QS Thaahaa : 25-28)

    Sekian macam-macam doa mengikuti ujian, agar lulus dan mendapat nilai terbaik. Bacaan lafadz teks doa untuk ulangan, tes bagi anak yang akan menjalankan ujian dan orang dewasa yang akan melamar kerja. Semoga bermanfaat.
    Show comments
    Hide comments