Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan Beserta Artinya

Konten []
    Abiabiz.com - Bacaan doa niat puasa ramadhan beserta artinya. Puasa ramadhan tidak akan dihitung sebagai ibadah puasa bila kita lupa untuk membaca niat. Karena doa niat adalah landasan dan dasar bagi seorang muslim yang ingin melaksanakan ibadah puasa ramadhan.

    lafadz bacaan doa niat puasa ramadhan

    Tidak hanya sekali di hari pertama, melainkan lafadz niat puasa ramadhan diucapkan setiap hari selama bulan puasa atau 30 hari penuh. Setelah berniat puasa, maka seorang muslim harus siap menahan diri dari lapar, haus serta hal-hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

    Puasa ramadhan merupakan ibadah puasa wajib yang paling mulia. Karena pada bulan itu Allah SWT membukakan pintu surga dan menutup pintu neraka serapat-rapatnya. Oleh karena itu, mari kerjakan puasa ramadhan dengan niat yang sungguh-sungguh.

    Namun jangan hanya sungguh-sungguh dalam niat saja, pada saat melakoninya, kita juga harus siap menahan diri dari segala cobaan dan godaan, khususnya emosi dan hawa nafsu yang bisa saja tidak terkontrol. Jangan sia-siakan ibadah puasa sekali dalam setahun dengan perbuatan yang merugikan.

    Waktu Membaca Niat Puasa Ramadhan

    Waktu untuk mengucapkan niat puasa ramadhan adalah ketika sedang tidak berpuasa, artinya dari terbenam matahari sampai terbit fajar, kita boleh melafadzkannya. Berikut adalah beberapa waktu untuk berniat puasa bulan suci.
    • Setelah sholat tarawih dan witir.
    • Sebelum tidur.
    • Ketika bangun sahur.
    • Sebelum imsak.

    Bacalah doa niat berpuasa pada salah satu waktu di atas. Semua itu adalah waktu terbaik untuk membaca niat puasa, yang tidak baik adalah jika kita lupa berniat maka puasa kita tidak dihitung sebagai ibadah dan harus menggantinya di lain hari.

    Lafadz Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan

    niat puasa ramadhan

    Berikut adalah bacaan doa atau niat berpuasa pada bulan suci ramadhan dalam bahasa arab, latin beserta artinya atau terjemahan Indonesia.

    نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

    Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillahi ta'aala.

    Artinya :
    Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

    Niat Puasa Ramadhan Berbagai Bahasa

    Biasanya dalam tradisi daerah masing-masing, setelah membaca doa niat puasa sesudah melaksanakan sholat witir, dilanjutkan dengan membaca bacaan niat puasa dalam bahasa daerah masing-masing seperti berikut ini.

    1. Niat Puasa Bahasa Jawa

    "Niat ingsun puasa ing dina sesuk saking nekani fardhu wulan romadhon ing iki tahun kranten nderek dawuhe Alloh ta'aalaa".

    2. Niat PuasaBahasa Sunda

    "Niat abdi puasa, poe isuk bulan romadhon tahun ieu fardhu karana Alloh ta'aalaa".

    3. Niat PuasaBahasa Madura

    "Niat kauleh apasa ah laggunah hale nekkanin fardlu bulen ramadhan e taon samangken fardhu karana Allaahi ta'aala".

    4. Niat Puasa Bahasa Inggris

    I'm fasting tomorrow's intention to perform the fard in the month of Ramadan this year, because Allah Ta'ala.

    Kesimpulan

    Itulah lafadz, teks atau bacaan doa niat puasa ramadhan pada bulan suci mulai tanggal 1 sampai tanggal 30 ramadhan. Ibadah puasa wajib yang memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaan apabila dikerjakan dengan niat dan sungguh-sungguh.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments