Pengertian Tata Cara Puasa Ngalong dan Khasiatnya

Konten []
    Abiabiz.com - Pengertian tata cara puasa ngalong dan khasiatnya. Setiap puasa dalam ajaran kejawen memiliki tata cara pelaksanaan yang unik dan khas. Sepeti ngalong yang disebut-sebut sebagai jenis puasa adat Jawa yang sangat ekstrem dan menyeramkan.

    puasa ngalong

    Kenapa begitu menyeramkan karena untuk melaksanakan puasa atau tapa ngalong kita harus berpuasa selama 3 hari 3 malam secara penuh. Kemudian posisi tubuh juga dibalik dengan digantung di atas, posisi kaki di kepala dan posisi kaki di atas.

    Nama ngalong terinspirasi dari nama kelelawar dalam bahasa Jawa, kalong. Kelelawar atau kalong hidup pada malam hari dan posisi tidurnya juga dibalik. Ngalong dalam bahasa Indonesia juga disebut sebagai begadang dan tetap terjaga.

    Tata Cara Puasa Ngalong

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa cara menjalankan tapa puasa ngalong ini adalah dengan menggantungkan diri dalam posisi terbalik kaki di atas diikat ke sebuah ranting pohon yang kuat agar tidak mudah jatuh serta berdiam selama 3 hari 3 malam.

    Sebaiknya, bagi yang ingin melakukannya maka mintalah pendamping sepeti guru, sahabat atau teman yang mau karena ditakutkan orang yang bertapa akan jatuh ke tanah karena ikatan kaki kurang kuat atau pingsan karena fisiknya lemah.

    Khasiat dan Manfaat Puasa Ngalong

    Puasa ini tidak ada dalam ajaran Islam sehingga yang dibagikan di sini hanyalah sekedar informasi saja. Allah SWT tidak menyebut tapa ini sebagai puasa namun karena familiar maka itulah sebutannya saat ini.

    Biasanya, orang jaman dulu/kuno menjalani tapa ngalong dengan tujuan untuk menguasai ilmu meringankan tubuh. Artinya, ilmu ajian kejawen yang ingin dilatih adalah cara mengendalikan angin, tubuh, gravitasi dan semacamnya.

    Fokus dan konsentrasilah jika ingin melakukannya karena percuma bila hanya berpuasa dengan menahan lapar dan dahaga. Dalam istilah puasa wajib atau sunnah yaitu, mendapat lapar dan haus tapi tidak mendapat pahala.

    Pantangan dan Larangan Puasa Ngalong

    Ada satu pantangan dari puasa ngalong yakni tidak boleh makan selain makanan yang ada pada puasa ngerowot. Kita hanya diperbolehkan untuk makan makanan yang sama pada saat berpusa atau bertapa ngerowot seperti buah-buahan.

    Itu saja larangan apabila melaksanakannya. Selebihnya kita perlu berkonsentrasi agar bisa mendapat ajian yang diinginkan. Selamat mencoba, atau jika yang hanya sekedar ingin tahu informasi, semoga bermanfaat.
    Show comments
    Hide comments