Pengertian Tata Cara Puasa Ngelowong dan Khasiatnya

Konten []
    Abiabiz.com - Pengertian tata cara puasa ngelowong dan khasiatnya. Dalam tradisi atau ilmu kejawen di tanah Jawa, ada banyak jenis ibadah umat Islam yang tidak dikerjakan seperti pada umumnya. Salah satunya adalah puasa.

    puasa ngelowong

    Puasa dalam kejawen dilakukan seperti puasa pada umumnya yakni menahan lapar, haus dan hal-hal yang membatalkan puasa. Namun jika puasa kejawen, seperti ngelowong, maka ada tambahan peraturan khusus yang harus dipatuhi.

    Tentu ini tidak sesuai dengan kaidah Islam, syarat berpuasa dan pengertiannya yang tercantum pada ayat al-quran yang menjelaskan bahwa tata cara berpuasa hanya menahan lapar, haus dan hal-hal pembatal tanpa ada tambahan aturan lainnya.

    Namun di sini kita tidak akan membahas hukum dari puasa ngelowong karena puasa ini memang tidak ditujukan untuk beribadah kepada Allah SWT, melainkan ajian agar seseorang bisa menguasai sebuah ilmu atau kekuatan tertentu.

    Berikut di sini akan kita bahas soal puasa ngelowong, meliputi pengertian atau penjelasan, tata cara mengerjakan, khasiat, manfaat atau keutamaan, serta pantangan atau larangan yang tidak boleh dilakukan selama berpuasa.

    Pengertian Puasa Ngelowong

    Puasa ngelowong adalah salah satu jenis puasa kejawen yang waktu berpuasanya kita tentukan sendiri serta ditambah dengan waktu tidur yang juga kita tentukan masing-masing sesuai kemampuan, jadi melaksanakannya bebas.

    Dibanding puasa kejawen yang lainnya, puasa jenis ini bisa disebut sebagai puasa yang paling simple dan mudah karena segala sesuatunya kita yang menentukan sendiri. Boleh berpuasa selama 5 jam, 10 jam atau 12 jam, serta boleh tidur selama 1 jam, 3 jam atau 5 jam.

    Tata Cara Puasa Ngelowong

    Cara mengerjakan puasa ngelowong adalah dengan menentukan kapan waktu mulai puasa, kapan jam berbuka, kapan harus tidur dan kapan bangunnya. Puasa ini kelihatannya simple, namun sebenarnya sulit karena kita harus mematuhi guru.

    Mematuhi guru di sini artinya kita perlu menuruti setiap perintah yang dikatakannya. Jangan sekali-kali membantah karena akibatnya akan fatal. Murid harus bekerja keras menuruti apa yang diinginkan oleh seorang guru spiritual.

    Khasiat Puasa Ngelowong

    Puasa ngelowong memiliki khasiat atau manfaat untuk memperdalam ilmu daya angin, kekuatan dan arah angin. Setiap orang yang menjalankan puasa ini ingin agar bisa menguasai dan mengontrol angin sehingga arah dan besarnya bisa ditentukan sendiri.

    Kalau pada zaman dahulu, tujuan dari menguasai ajian ini adalah untuk melawan para musuh yang memiliki kekuatan lebih. Selain itu, jika pada saat ini mungkin puasa ngelowong dikerjakan untuk membantu orang lain atau semacamnya.

    Pantangan Puasa Ngelowong

    Dalam menjalankan puasa ngelowong ini, ada satu pantangan yang tidak boleh dikerjakan. Pantangan atau larangan tersebut yakni memikirkan hal lain selain tentang ajian atau ilmu yang ingin dikuasai. Orang yagn menjalaninya harus tetap berkonsentrasi pada satu titik itu.

    Karena jika tidak, maka kemungkinan besar ajian yang dipelajari tidak akan masuk ke tubuh sehingga puasa yang dikerjakan akan sia-sia. Selain itu tidak ada pantangan termasuk keluar rumah juga diperbolehkan asal tidak terpancing untuk meninggalkan fokus kepada daya angin.
    Show comments
    Hide comments