Pengertian Tata Cara Puasa Kungkum dan Khasiatnya

Konten []
    Abiabiz.com - Pengertian tata cara puasa kungkum dan khasiatnya. Tapa, tirakat atau puasa kungkum merupakan salah satu jenis puasa dalam adat tradisi Kejawen yang sangat ekstrem. Butuh kekuatan fisik dan mental yang kuat untuk menjalaninya.

    puasa kungkum

    Secara garis besar kungkum dilaksanakan dengan cara tidak makan dan tidak minum, tapi tidak melakukan sahur seperti puasa sunnah dan wajb pada umumnya. Hanya saja, ada ketentuan dan tata cara khusus untuk menjalaninya karena puasa ini, serperti semua puasa adat Jawa bertujuan untuk belajar dan menguasai ajian atau ilmu tertentu.

    Pengertian Puasa Kungkum

    Secara harfiah, kungkum berasal dari bahasa Jawa yang artinya berendam. Sesuai dengan namanya, kungkum adalah jenis puasa Kejawen yang dilaksanakan dengan berendam di dalam air selama beberapa waktu.

    Namun kita tidak boleh sembarangan memilih air apakah air kolam renang, bak kamar mandi diperbolehkan? Tidak. Berendam yang dimaksud dalam puasa kungkum artinya adalah masuk ke dalam air sungai yang mengalir.

    Tata Cara Melaksanakan Puasa Kungkum

    Untuk melaksanakannya, pertama-tama carilah sungai terlebih dahulu. Perhatikan bahwa sungai yang dituju bebas dari hewan buas semacam buaya, kuda nil, ular berbisa atau lintah mematikan. Pilih sungai yang aman namun jarang dikunjungi oleh orang lain.

    Kemudian masuklah ke dalam air sungai dengan posisi duduk menyila, kedua tangan diletakkan di atas kaki dan pastikan tinggi air maksimal adalah setinggi leher sehingga kita tetap bisa bernapas dan seluruh tubuh bisa basah karena air.

    Lama waktunya tergantung kesepakatan atau tekad pada saat sebelum masuk sungai. Apabila memiliki guru, maka berdiskusilah dengan Beliau untuk menentukan berapa lama seseorang harus bertapa agar mendapat ajian yang diinginkan.

    Khasiat dan Manfaat Puasa Kungkum

    Banyak orang menjalani puasa ini, khususnya orang jaman dulu yang masih berperang dengan Belanda, Portugis, Spanyol dan Inggris untuk menguasai ajian dan ilmu khusus. Apapun ilmu bisa dikuasai dengan puasa ini tergantung dari niat dan tujuan awal masing-masing orang.

    Namun rata-rata manusia memelajari puasa ini untuk menguasai ajian perawangan atau khodam tertentu. Selain itu kita juga bisa menguasai ilmu lainnya seperti ilmu pengendalian air, udara, dan macam-macamnya.

    Pantangan dan Larangan Puasa Kungkum

    Satu pantangan dan larangan dari puasa kungkum adalah tidak boleh ketahuan oleh orang lain sampai berakhirnya waktu puasa atau tapa. Karena jika tirakat yang dikerjakan diketahui oleh orang lain, baik laki-laki maupun perempuan maka puasa berendam di dalam air akan batal.

    Itulah penjelasan lengkap tentang puasa kungkum, asal usul, sejarah, doa kungkum, tuntunan Sunan Kalijaga, kebiasaan, salah satu puasa para wali songo, manfaat dan masih banyak lagi.
    Show comments
    Hide comments