Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Tata Cara Puasa Ngasrep dan Khasiatnya

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Pengertian tata cara puasa ngasrep dan khasiatnya. Ada salah satu tirakat puasa kejawen yang sudah jarang ada yang mengerjakan bahkan bisa dibilang langka serta sedikit dilupakan, yaitu puasa ngasrep.

puasa ngasrep

Puasa ngasrep merupakan salah satu tapa tirakat kejawen untuk menguasai ajian ilmu tertentu yang cara mengerjakannya tergolong mudah, tidak seperti puasa mutih ngepel yang hanya boleh makan nasi putih atau puasa tapa jejeg yang harus berdiri selama 12 jam.

Tata Cara Mengerjakan Puasa Ngasrep

Meski terbilang gampang namun jangan menggampangkan. Puasa ngasrep hanya boleh dikerjakan bagi orang yang tidak memiliki penyakit maag atau sakit perut karena cara mengerjakan puasa ini adalah makan hanya tiga suap dan minum hanya tiga tegukan.

Sebenarnya puasa ini hampir mirip dengan puasa nganyep namun pada saat melaksanakan puasa nganyep kita diperbolehkan makan sepuasnya lebih dari 3 suap dan minum lebih dari 3 tegukan air bening.

Oleh karena itu, pertama-tama perhatikan dulu kesehatan sebelum mengerjakan jenis tirakat kejawen ini. Jangan sampai nekat mengerjakan sementara kondisi tubuh sedang tidak sehat. Pastikan Anda baik-baik saja sebelum mulai dan setelah selesai berpuasa. Apabila sakit, minum obat sambil baca doa minum obat agar lekas sembuh dan bisa melaksanakan tirakat ini.

Khasiat Puasa Ngasrep

Puasa ngasrep biasa dikerjakan oleh orang yang tengah memelajari dan ingin menguasai ilmu kejawen yakni membuka mata batin, termasuk juga telepati jarak jauh yang merupakan bagian dari ilmu penerawangan.

Jika berhasil menguasainya maka kita dapat melihat isi hati orang, apa yang sedang dia pikirkan dan apakah orang yang kita ajak bicara berkata dengan jujur atau bohong. Selain itu bisa juga berkomuinikasi jarak jauh tanpa telepon seluler.

Pantangan Puasa Ngasrep

Larangan ketika menjalani puasa ngasrep ini adalah tidak boleh makan lebih dari tiga suap dan harus maksimal 3 karena jika lebih maka puasa bisa dinyatakan batal dan tentunya ajian yang ingin kita kuasai ilmunya tidak bisa masuk ke tubuh kita.

Itulah penjelasan singkat mengenai puasa ngasrep, meliputi pengertian, tata cara melaksanakan, khasiat dan manfaat yang bisa diperboleh setelah selesai menjalani puasa ini serta pantangan dan larangan yang harus dihindari.

Baca:

Posting Komentar untuk "Pengertian Tata Cara Puasa Ngasrep dan Khasiatnya"