Pengertian Tata Cara Puasa Tapa Jejeg dan Khasiatnya

Konten []
    Abiabiz.com - Pengertian tata cara puasa tapa jejeg dan khasiatnya. Dibanding puasa kejawen jenis lainnya, maka puasa tapa jejeg atau tirakat ini merupakan salah satu macam puasa adat masyarakat Jawa yang memiliki aturan cukup berat.

    puasa tapa jejeg

    Puasa ini dikerjakan dengan cara berdiri selama kurang lebih setengah hari atau 12 jam. Biasanya puasa ini juga dikerjakan secara bersamaan dengan puasa ngalong. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya silahkan baca pembahasan di bawah ini.

    Tata Cara Pelaksanaan Puasa Tapa Jejeg

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa pengamal puasa ini harus menyiapkan kaki secara kuat agar mampu berdiri selama kurang lebih 12 jam. Kenapa disebut kurang labih? Karena puasa tapa jejeg boleh dikerjakan kurang dari atau lebih dari 12 jam.

    Semua itu tergantung guru yang akan melihat seberapa sanggup kita mengerjakan puasa tirakat ini dan berapa lama waktu yang kira-kira dibutuhkan agar dapat menguasai ilmu ajian yang ditawarkan bagi yang sukses mengerjakan tapa jejeg.

    Manfaat dan Khasiat Puasa Tapa Jejeg

    Apa manfaat dan khasiat yang bisa diperoleh dari puasa tapa jejeg ini? Manfaat utama adalah dapat menguasai ilmu dalam kejawen. Biasanya orang mengerjakan puasa tirakat ini untuk menguasai semacam kidang kencono atau kidang kencana.

    Selain itu juga agar seseorang dapat mempelajari ilmu saipi angin, atau intinya adalah ilmu yang berfokus pada kebutuhan meringankan diri. Tujuannya ialah agar orang dapat berlari sangat cepat, menendang lebih ringan dan kekuatan penuh.

    Larangan dan Pantangan Puasa Tapa Jejeg

    Satu laragan yang harus diperhatikan bagi siapa saja yang mengerjakan puasa tapa jejeg adalah selama menjalaninya maka tidak boleh berubah posisi dari berdiri tegak menjadi duduk atau jongkok bahkan berbaring.

    Karena jika kita merubah posisi berdiri ketika menjalaninya maka puasa kita dinyatakan batal. Boro-boro dapat ajian atau ilmu, justru kita hanya akan mendapat lelah dan fisik menurun karena telah berdiri cukup lama tanpa duduk.
    Show comments
    Hide comments