Bacaan Doa Haji Mabrur Tulisan Arab dan Artinya

Bacaan Doa Haji Mabrur Tulisan Arab dan Artinya
Konten []
    Abiabiz.com - Bacaan doa haji mabrur tulisan arab dan aritnya. Setiap orang yang berangkat ke Tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji pasti berharap agar bisa mendapat haji yang mambur. Apa sih haji mabrur itu?

    bacaan doa haji mabrur

    Haji mabrur (laki-laki) mabruroh (perempuan/hajjah) adalah istilah bagi setiap orang yang jika sepulang haji kadar keimananya meningkat. Contohnya seperti lebih sering menjalankan ibadah, lebih berhati-hati agar tidak terjerumus ke perbuatan dosa.

    Selain itu, haji yang mabrur juga mengutamakan dakwah Islam ke orang-orang terdekat, lebih rajin menunaikan sholat atau puasa sunnah dan sebagianya. Perlu digarisbawahi bahwa seorang tidak bisa dikatakan haji yang mabrur hanya dari penampilan luarnya saja.

    Yang lebih utama dari itu adalah apa yang terdapat dalam hati kita. Apakah kecintaan kita terhadap Allah SWT danRasul-Nya meningkat selepas pulang dari Mekkah dan Madinah, apakah keinginan untuk beribadah dan mendapat ridha-Nya semakin tinggi, atau justru sebaliknya?

    Ada banyak cara untuk mendapat 'gelar' haji mabrur, selain melakukan berbagai hal yang termasuk dalam ibadah saat di Tanah Suci, ada juga doa yang bisa diucapkan sepanjang beribadah di Arab Saudi, doa yang pendek dan mudah dihafal.

    Bacaan Doa Haji Mabrur

    doa haji mabrur

    Bacalah doa berikut ini untuk memohon agar mendapat status haji yang mabrur. Seperti ketika baru mendarat di Kota Mekkah, Madinah atau Riyadh, saat waktu senggang atau istirahat sambil membaca ayat suci Al-Quran, maupun ketika dalam perjalanan menuju tempat ibadah.

    Semakin banyak membaca doa ini, maka peluang kemungkinan Allah SWT memberikan syafaat-Nya semakin tinggi pula. Namun yang lebih penting dari itu adalah membaca doa dengan khusyu'. Sedikit doa khusyu' lebih baik dibanding banyak doa yang diucap asal-asalan.

    Doa agar haji mabrur ini juga bisa diucapkan untuk mendoakan orang yang hendak berangkat haji. Bagi orang yang ditinggalkan di Indonesia, silahkan doakan kerabat, saudara, teman, orangtua, atau rekan kerja agar mendapat haji yang mabrur dengan doa ini.

    Bagi orang yang ingin melepas orang lain berangkat haji, silahkan baca doa berikut. Begitu pula ketika menyambut orang yang baru pulang. Maka dari itu doa berikut dapat disebut dengan doa berangkat haji dan doa pulang haji.

    Berikut adalah teks, lafadz bacaan doa memohon supaya diberi haji yang mabrur dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya sesuai sunnah berdasar hadits shahih.

    اللهم اجعله حجًّا مبرورًأ، سعيًا مشكورًا، وذَنْبًا مغفورًا

    Allahummaj’alahu hajjan mabruura, wa sa’yan masykuura, wa dzanban maghfuura.

    Artinya :
    "Ya Allah jadikan haji ini sebagai haji yang mabrur 'sai yang penuh berkah, dan pengampun bagi dosa."

    Cara Agar Mendapat Haji Mabrur

    Sangat sulit untuk mendapat haji yang mabrur, terlebih karena status tersebut tidak bisa ditentukan begitu saja. Oleh karena itu, kita hanya bisa terus berharap dan berdoa memohon kepada Allah SWT supaya ibadah haji yang dikerjakan bisa dikatakan mabrur.

    Selain doa, ada beberapa hal kegiatan dan aktifitas yang perlu diperhatikan bila ingin mendapat status sebagai haji mabrur atau hajjah mabruron. Berikut adalah cara supaya memperoleh haji mabrur.
    • Pertama, pastikan bahwa uang yang digunakan untuk berangkat haji tidak berasal dari uang yang haram.
    • Kedua, pergi berangkat haji dengan mengucap doa terlebih dahulu, kemudian mendoakan orang yang ditinggalkan pula.
    • Berangkat haji dengan terus mengingat Allah SWT, niatkan untuk mendapat ridha dari-Nya.
    • Pada saat pertama kali sampai di Tanah Suci, bacalah doa agar haji mabrur seperti yang sudah dituliskan sebelumnya.
    • Melakukan serangkaian kegiatan ibadah mulai dari tawaf, ihram dan yang lain dengan khusyu'.
    • Selalu berbuat baik dan menghindari perbuatan tercela selama menjalankan ibadah haji 40 hari.
    • Mengisi waktu luang dengan membaca Al-Quran, berdzikir, melafadzkan wirid dan lain sebagainya.
    • Memperbanyak membaca doa supaya haji mabrur pada waktu yang senggang.

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa haji mabrur, mp3, pdf, doa selamat haji mabrur, ucapan, doa untuk orang berangkat haji mabrur, doa pulang haji, allahumma umrotan mabruran, hajjan mabrura wa saiyan, allahumma imanan bika, doa haji lengkap, mendoakan orang berangkat haji dan sebagainya.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>