Niat Tata Cara Puasa Daud Beserta Manfaatnya

Konten []
    Abiabiz.com - Niat tata cara puasa daud beserta manfaatnya. Agama Islam mengenal dua jenis puasa, yakni puasa wajib dan puasa sunnah. Untuk puasa sunnah meski hukumnya bukan fardhu namun ada beberapa yang memiliki khasiat luar biasa.

    niat tata cara puasa daud

    Salah satunya adalah puasa daud atau puasa dawud, yakni puasa selang sehari puasa sehari tidak yang pertama kali dicontohkan langsung oleh Nabi Daud AS ketika Beliau masih hidup di dunia. Puasa ini bahkan telah menjadi rutinitas turun temurun oleh umat Islam.

    Saat itu, anak Nabi Daud AS sakit parah dan Sang Nabi berdoa memohon kepada Allah supaya penyakit yang diidap putranya dapat diangkat dan disembuhkan. Tidak hanya berdzikir, Nabi Dawud juga melaksanakan puasa sebagai amalan tambahan. Puasa inilah yang kemudian disebut dengan puasa daud.

    Secara garis besar puasa ini dilaksanakan sama seperti puasa sunnah atau wajib pada umumnya, yakni diawali dengan membaca doa niat terlebih dahulu kemudian berpuasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari lalu menyegerakan berbuka.

    Untuk lebih jelasnya, berikut adalah panduan, tuntunan, tata cara atau langkah-langkah mengerjakan puasa daud bagi pemula yang belum terbiasa melaksanakannya, Dimulai dari niat terlebih dahulu. Silahkan disimak.

    Bacaan Niat Puasa Daud

    niat puasa daud

    Niat dapat dikatakan sebagai pondasi dari sebuah ibadah, termasuk puasa. Niat puasa diucapkan untuk mengawali serangkaian kegiatan berpuasa yang meliputi sahur, menahan diri hingga berbuka puasa.

    Membaca niat yang sungguh-sungguh dapat membuat Allah SWT dengan senang hati melimpahkan segala berkat dan rahmatnya yang amat banyak. Namun apabila jika niat dibaca untuk main-main, maka hukumnya dosa.

    Main-main yang dimaksud di sini adalah membaca niat hanya pada mulut, namun hati berkata bahwa ia tidak ingin menunaikannyaa. Atau sudah bersungguh-sungguh untuk membaca niat baik dalam ucapan maupun kata hati, namun dalam pelaksanaannya dia dengan sengaja membatalkan puasa.

    Maka dari itu, sebelum membaca niat puasa maka sebaiknya memantapkan hati terlebih dahulu. Kemudian barulah ucapkan bacaan niat dengan sungguh-sungguh. Niat puasa dawud tidak jauh beda dengan niat puasa lain, bedanya hanya pada penamaan puasanya.

    Berikut adalah teks, lafadz kalimat bacaan doa niat puasa daud sesuai sunnah berdasar hadits shahihs dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya. Niat puasa dawud adalah sebagai berikut.

    نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

    Nawaitu shouma daawuda sunnatan lillaahi ta’aalaa.

    Artinya :
    "Saya niat puasa Dawud, sunnah karena Allah Ta’ala."

    Tata Cara Mengerjakan Puasa Daud

    Puasa daud adalah puasa yang dikerjakan sehari puasa dan sehari tidak, alias selang-seling. Puasa ini boleh dikerjakan dengan batas waktu yang tidak ditentukan atau dengan kata lain, bisa dilakukan seumur hidup asalkan kuat.

    Namun puasa ini tidak boleh dikerjakan pada hari-hari dilarang puasa seperti saat Idul Adha dan Idul Fitri. Selain itu, puasa yang hukumnya sunnah ini wajib dikesampingkan bila masuk bulan suci Ramadan karena umat muslim harus mengutamakan mengerjakan yang fardhu terlebih dahulu.

    Puasa daud juga tidak boleh dilaksanakan ketika harus membayar hutang puasa, melaksanakan puasa nazar atau kafarat. Karena ketiga puasa tersebut sama-sama merupakan puasa wajib selain puasa ramadhan.

    Intinya adalah bila terdapat puasa yang hukumnya wajib, maka puasa sunnah wajib dikesampingkan terlbih dahulu, termasu puasa dawud yang memiliki banyak khasiat fan faedah di dalamnya bagi siapa saja yang menunaikannya.

    Puasa daud dikerjakan mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Diawali dengan membaca niat terlebih dahulu pada saat seusai sholat isya, hendak tidur maupun ketika bangun pada dinihari untuk makan sahur.

    Kemudian ketika matahari mulai terbit di ujung timur, kita sudah mulai harus menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan, minum, menggunjing orang lain, memikirkan hal-hal maksiat dan zina, atau menimbulkan perselisihan diantara dua orang.

    Selain itu, ada beberapa hal yang bisa membuat pahala puasa menjadi batal, diantaranya adalah keluar air mani, haid, nifas, mengingkari janji atau kesepakatan, keluar dari agama Islam atau murtad dan juga hilang akal sehat atau gila.

    Saat adzan maghrib berkumandang, kita sudah boleh berbuka namun ingat, harus diawali dengan membaca doa berbuka puasa. Setelah itu, makanlah beberapa camilan untuk mengganjal perut dan minum satu gelas air hangat, bisa teh atau susu.

    Lalu laksanakanlah sholat maghrib terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan makan makanan yang berat seperti nasi dan lauk-pauk atau roti yang mengandung gandum. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan energi setelah seharian berpuasa.

    Manfaat Puasa Daud

    Puasa daud adalah salah satu puasa sunnah yang paling istimewa. Bahkan jika kita lihat di sekeliling kita, banyak orang-orang ahli agama yang kerap menunaikan ibadah puasa daud apabila sanggup. Sayang sekali bila kita melewatkan puasa sunnah yang penuh rahmat ini.

    Puasa daud memiliki banyak sekali keutamaan dan keistimewaan, beberapa khasiat dan manfaat bahkan menjadi penyebab orang berbondong-bondong menunaikan ibadah sunnah ini. Berikut adalah beberapa faedah dan fadhilah puasa dawud yang perlu diketahui.
    • Merupakan puasa yang dicontohkan secara lengsung oleh Nabi Daud AS.
    • Menjadi puasa sunnah yang paling disukai bahkan dicintai oleh Allah SWT.
    • Merupakan puasa sunnah terbaik, tertinggi dan sangat berat karena meskipun boleh, kita tidak akan bisa mengerjakan puasa daud terus menerus seumur hidup.
    • Menjadi puasa yang paling adil karena dilaksanakan sehari berpuasa dan sehari tidak.

    Kesimpulan

    Itulah teks lafadz niat puasa daud, keutamaan. Puasa nabi daud berapa hari, keajaiban, manfaat puasa daud untuk jodoh, pengalaman, puasa daud hari jumat, doa buka puasa daud, sejarah, untuk diet, dan sebagainya.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments