Niat Tata Cara Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya

Konten []
    Abiabiz.com - Niat tata cara puasa senin kamis dan manfaatnya. Islam mengajarkan kita untuk beribadah kepada Allah SWT dengan tujuan untuk mengucap syukur atas berkat dan rahmat yang telah Dia berikan serta untuk memohon ridha dari-Nya.

    niat puasa senin kamis

    Tujuan lain dari beribadah adalah untuk menambah amal pahala sehingga dapat membuat timbangan amal kebaikan kita akan menjadi lebih berat di hari akhir kelak yang pada akhirnya membuat kita terhindar dari siksa api neraka dan masuk ke surga Firdaus-Nya.

    Salah satu ibadah yang kerap dijalankan umat muslim adalah puasa. Puasa ada dua macam, yakni puasa wajib atau fardhu dan puasa sunnah. Puasa sunnah adalah puasa yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak memperoleh dosa.

    Umat Islam banyak yang rutin mengerjakan puasa sunnah, terutama puasa senin kamis yang bisa dikerjakan pada minggu ataupun bulan apa saja tidak terbatas waktu kecuali pada hari-hari diharamkannya puasa yakni pada lebaran Idul Fitri dan Idul Adha.

    Selain kedua hari tersebut, seorang muslim boleh mengerjakan ibadah puasa yang langsung dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Puasa ini sangat istimewa karena kedudukannya dipraktekkan langsung oleh Baginda Rasul.

    Tata Cara Puasa Senin Kamis

    Nabi Muhammad menganjurkan umatnya untuk menunaikan puasa ini karena memiliki banyak manfaat dan kebaikan. Setiap apa yang dikatakan Rasulullah SAW pasti benar adanya, termasuk anjuran untuk mengerjakan puasa senin kamis karena memiliki keistimewaan yang amat tinggi.

    Sayang sekali bila kita melewatkan ibadah puasa sunnah yang begitu mulia ini. Terkecuali jika kita tidak dalam kondisi sehat. Namun jika ingin bersikeras melaksanakannya, maka konsultasikanlah kepada dokter atau ahli kesehatan terlebih dahulu.

    Jangan sampai membuat tubuh kita semakin sakit karena ada beberapa jenis penyakit yang akan bertambah parah jika tidak mendapat asupan makanan selama 12 jam. Maka dari itu, pertama-tama perhatikanlah kondisi tubuh terlebih dahulu.

    Puasa senin kamis dikerjakan selama dua hari yakni pada hari senin dan kamis sesuai namanya. Untuk hari selasa dan rabu tidak mengerjakan puasa sedangkan untuk hari jum'at, sabtu dan minggu juga tidak melaksanakannya.

    Puasa senin dan kamis dapat dikerjakan satu kali berturut-turut atau boleh juga dilanjutkan di minggu berikutnya apabila mampu dan memiliki niat yang sungguh-sungguh. Puasa hari senin serta kamis boleh dikerjakan satu hari saja.

    Boleh dilaksanakan pada hari senin saja atau pada hari kamis saja tergantung situasi dan kondisi tubuh masing-masing. Namun demikian, pahala yang didapat hanya pada hari mengerjakan puasa saja, untuk hari lainnya kita tidak mendapat pahala.

    Wallahualam, karena urusan pahala adalah tugas malaikat Atid dan hanya malaikat tersebut serta Allah Ta'ala yang mengetahui kebenarannya. Yang dapat kita perbuat hanyalah terus beribadah dengan ikhlas dan istiqamah.

    Bacaan Niat Puasa Hari Senin dan Kamis

    Puasa senin dan kamis diawali dengan membaca niat terlebih dahulu. Orang yang ingin berpuasa dapat melafalkan niat dimulai sejak selesai waktu sholat isya hingga sebelum masuk waktu imsak atau sholat subuh.

    Waktu yang dianjurkan untuk membaca bacaan niat puasa senin dan kamis adalah pada saat akan tidur. Hal tersebut untuk menghindari telat bangun untuk makan sahur. Yang penting sudah niat, jika terpaksa tidak mengerjakan sahur karena ketiduran, puasa tetap boleh dilanjutkan.

    Meski merupakan satu rangkaian ibadah, namun baik puasa senin maupun puasa kamis memiliki teks bacaan yang berbeda. Perbedaan niat puasa keduanya terdapat pada pemberian nama hari sesuai dengan hari dilaksanakannya puasa.

    Jika menunaikan puasa pada hari senin maka niat yang dibaca adalah itsnaini yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya senin. Sedangkan pada hari kamis, bacaan niat puasanya adalah khomiisi yang berasal dari bahasa Arab artinya kamis.

    Berikut adalah masing-masing lafadz niat puasa pada hari senin dan kamis sesuai sunnah berdasar hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

    1. Bacaan Niat Puasa Hari Senin

    niat puasa senin

    Niat puasa hari senin boleh dibaca sejak selesai waktu sholat isya pada hari minggu sampai sebelum terbit fajar pada dinihari hari senin. Berikut adalah lafadz niatnya.

    نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْإِثْنَيْنِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

    Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillaahi ta’aalaa.

    Artinya :
    "Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Ta’ala."

    2. Bacaan Niat Puasa Hari Kamis

    niat puasa kamis

    Sedangkan niat puasa kamis bisa dibaca semenjak usai sholat isya pada hari rabu hingga sebelum masuk waktu imsak atau sebelum masuk waktu sholat subuh pada waktu pagi hari kamis. Berikut bacaan doa niatnya.

    نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

    Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatan lillaahi ta’aalaa.

    Artinya :
    "Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Ta’ala."

    Manfaat Puasa Senin Kamis

    Kenapa Rasulullah SAW sangat menganjurkan umat Islam melaksanakan puasa ini? Karena ibadah puasa senin dan kamis memiliki faedah dan fadhilah yang luar bisa, baik bagi wanita maupun laki-laki, baik untuk kesehatan jasmani maupun rohani.

    Dalam bidang kesehatan, puasa senin kamis yang dikerjakan secara rutin dapat membuat tubuh terhindar dari racun, sistem kekebalan tubuh meningkat, memutihkan gigi, memperlancar peredaran darah dan pencernaan.

    Untuk bidang kecantikan, khususnya kaum wanita, puasa senin kamis memiliki manfaat antara lain dapat membuat wajah semakin berseri dan cerah serta kulit tangan dan tubuh semakin berkilau karena berpuasa dapat membuat sel-sel kulit yang mati akan lepas dan diganti dengan yang abru.

    Selain itu, manfaat lain dari puasa senin kamis adalah bisa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Mulia, karena hari kamis merupakan hari yang sangat istimewa dalam agama Islam menurut hadits Imam Muslim dan Allah SWT akan dengan senang hati membukakan pintu surga bagi mereka yang menjalankannya.

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan dari niat puasa senin kamis yang memiliki keutamaan, keistimewaan, manfaat serta khasiat luar biasa, niat buka puasa senin kamis untuk jodoh, hajat, manfaat puasa senin kamis bagi laki-laki, cara, kenapa, dan sebagainya.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments