Doa Menyambut Bulan Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah

Konten []
    Abiabiz.com - Doa menyambut bulan puasa ramdhan sesuai sunnah. Jika ditanya apa bulan yang paling mulia dalam agama Islam, maka jawabannya pasti bulan Ramadhan. Betul, bulan ramadhan, mengapa demikian?

    doa menyambut bulan puasa ramadhan

    Karena di bulan ini sesuai janji Allah SWT dalam Al-Quran dijelaskan bahwa seluruh pintu neraka akan ditutup dan pintu surga akan dibuka selebar-lebarnya. Selain itu, barangsiapa menjalankan ibadah atau amalan di bulan suci ini maka akan mendapatkan pahaal yang dilipatgandakan.

    Ada banyak ibadah serta amalan yang bisa umat muslim kerjakan, diantaranya adalah puasa ramadhan, mengejar malam lailatul qadar dan ibadah zakat fitrah. Ada pula amalan yang telah menjadi rutinitas bagi masyarakat Indonesia yakni ziarah kubur sebelum ramadhan dan ketika lebaran.

    Puasa ramadhan hukumnya wajib dan dilaksanakan sepanjang 30 hari, sementara itu malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan karena pada malam tersebut seluruh malaikat turun ke bumi untuk mencatat amal perbuatan manusia.

    Banyak sekali keistimewaan dari bulan ramadhan, maka dari itu kita patut menyambutnya dengan penuh rasa syukur. Salah satu cara bersyukur menyambut datangnya bulan ramadhan adalah dengan membaca doa.

    Di sini kita akan membahas mengenai doa untuk menyambut bulan suci puasa ramadhan yang dapat dibaca pada awal bulan ramadhan sebagai pertanda atau isyarat bahwa kita benar-benar siap untuk menjalani serangkaian ibadah di bulan suci tersebut.

    Doa Menyambut Bulan Ramadhan

    doa menyambut bulan ramadhan

    Ada beberapa macam doa untuk menyambut bulan ramadhan baik yang bersumber dari hadits shahih maupun yang tertera dalam Al-Quran. Macam-macam doa berikut ini memiliki perbedaan makna arti namun intinya sama-sama berharap kebaikan di bulan Ramadhan dapat kita raih.

    Salah satu doa menyebut permohonan agar Allah SWT memeri berkah yang melimpah pada bulan suci ramadhan. Ada juga doa yang di dalamnya menyatakan permintaan supaya Allah SWT menerima segala bentuk ibadah dan amal yang dikerjakan ketika ramadhan.

    Berikut adalah tiga doa utama dan mustajab menjelang ramadhan. Teks, lafadz kalimat doa menyambut bulan puasa ramadhan sesuai sunnah dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

    1. Doa Menyambut Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah

     اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

    Allaahumma baarik lanaa fii Rajabi wa Sya'baana, wa baarik lanaa fii Romadhoona

    Artinya :
    "Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban. serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan."

    2. Doa Memasuki Bulan Suci Ramadhan

    اَللّٰهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

    Allaahumma sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu miniii mutaqobbalaa

    Artinya :
    "Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan."

    3. Doa Sebelum Puasa Ramadhan

    للَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

    Artinya :
    "Allahu akbar, ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa puasa, doa mustajab ramadhan menanti ramadhan tiba, doa agar dipertemukan dengan bulan ramadhan, teks doa acara menyambut ramadhan, doa agar bertemu ramadhan tahun depan, ucapan doa menyambut ramadhan, hadits, kata-kata, kalimat, makna, dsb.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments