Doa Menyembuhkan Sakit Perut Dari Rasulullah SAW

Konten []
    Abiabiz.com - Doa menyembuhkan sakit perut dari rasulullah saw. Perut adalah organ tubuh tempat terjadinya pencernaan makanan dan minuman yang kita konsumsi, tepatnya di lambung hingga usus.

    doa menyembuhkan sakit perut

    Perut menjadi bagian tubuh yang sangat rentan dengan penyakit, bahkan sejak zaman dahulu. Oleh karena itu, Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk membaca doa ketika sakit perut atau ketika mengalami penyakit di bagian tubuh yang lain.

    Ada banyak macam-macam penyakit yang bersumber dari perut, diantaranya adalah perut kembung, maag, sembelit, radang usus buntu, divertikulitis, infeksi kandung kemih, penyakit ginjal, hernia, kanker perut, kista indung rahim, angina atau gastritis.

    Keseluruh gejala penyakit perut tersebut dapat muncul di perut bagian atas, bawah, kanan, kiri atau tengah yang menyebkan perut menjadi perih, melilit saat mens, haid, atau setelah makan makanan bersantan, makan pedas, asin, atau mengandung zat yang dialergikan.

    Sakit perut dapat dialami berbagai kalangan mulai dari anak-anak, bayi, balita, remaja, dewasa hingga orangtua mulai dari laki-laki atau perempuan baik yang sedang hamil ataupun setelah melahirkan.

    Saking banyaknya penyakit perut tersebut, tidak heran bila perut menjadi bagian tubuh yang paling sering terkena penyakit setelah kepala atau mata. Ketika kita dilanda sakit perut, segeralah temui dokter untuk berkonsultasi.

    Jangan lupa berdoa memohon agar diangkat dan disembuhkan segala macam penyakit perut karena tanpa izin-Nya, penyakit yang kita derita tidak akan dapat disembuhkan. Karena hanya Allah SWT yang memiliki kuasa untuk mengangkat segala macam penyakit parah dan berbahaya.

    Doa Menyembuhkan Sakit Perut

    doa ketika sakit perut

    Ada beberapa macam doa untuk meminta kesembuhan penyakit perut yang bersumber dari berbagai hadits shahih sesuai sunnah. Doa-doa ini bervariasi ada yang pendek dan ada pula yang panjang hingga lengkap.

    Seluruh doa obat sakit perut ini sama saja pada intinya adalah memohon atau meminta kepada Allah SWT untuk mengangkat segala macam penyakit yang hinggap di tubuh, termasuk di bagian perut luar maupun dalam.

    Berikut adalah lafadz bacaan doa untuk menyembuhkan sakit perut, doa penghilang sakit perut dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap berdasar hadits shahih sesuai sunnah.

    1. Doa Menghilangkan Sakit Dalam Perut

    Doa pendek memohon dijauhkan dari sakit perut ini diajarkan oleh Rasulullah SAW. Makna dari doa menghilangkan penyakit dalam perut yang singkat ini adalah kita berlindung atas kuasa Allah Ta'ala dari segala keburukan yang tengah dirasakan.

    أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

    A’uudzu billaahi waqudrotihi min syarrimaa ‘ajidu wa’uhaadziru.

    Artinya :
    "Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan."

    2. Doa Mengobati Sakit Perut

    Saat sedang mengalami sakit perut yang sangat parah, baik ibu hamil, menstruasi, datang bulan, ataupun pada laki-laki yang salah makan, sebaiknya amalkan doa mengobati penyakit perut yang bersumber dari hadits shahih riwayat Muslim berikut ini.

    ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَ ثًا .وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَ تِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

    Artinya :
    "Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan." (HR. Muslim).

    3. Doa Penyembuh Sakit Perut

    Ketika bayi atau anak kecil sakit perut yang menyebabkan mereka muntah-muntah, mual, mencret atau diare, sebaiknya segera bawa ke dokter secepatnya untuk ditangani, dan jangan lupa membaca doa minta kesembuhan bayi atau anak dari sakit perut berikut ini.

    اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

    Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa afiyatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshori wa dhiya-iha wa `ala alihi wa shohbihi wa sallim.

    Artinya :
    "Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para shahabat-shahabatnya."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa sakit perut, saat hamil, kembung, sebelah kanan, rasulullah saw, doa sakit perut dan pinggang, lambung, untuk bayi, mau melahirkan, cirit birit, masuk angin, rumi, gastrik, ustaz sharhan, saat haid, dan sebagainya.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments