Bacaan Sujud Tilawah Beserta Artinya Sesuai Sunnah

Abiabiz.com – Bacaan doa sujud tilawah sesuai sunnah. Ada berbagai macam ayat di dalam kitab suci Al-Quran, salah satunya adalah ayat sajadah. Ketika kita mendengar bacaan ayat tersebut, kita disunnahkan untuk bersujud kepada-Nya.

Sujud dilakukan dengan cara seperti sujud pada sholat biasa. Sujud ini dinamakan dengan sujud tilawah yakni dikerjakan apabila mendengar suara atau bacaan ayat sajadah baik saat sedang sholat maupun diluar sholat.

Bacaan sujud tilawah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada para sahabatnya, kemudian sahabat-sahabatnya menyebarluaskan lagi hingga sampai menjadi hadits yang ditulis oleh para tokoh muslim di seluruh dunia.

Pada kesempatan ini, kita akan sama-sama belajar mengenai sujud tilawah lengkap dengan artinya, ditulis dalam tulisan Arab serta latin. Kapan sujud tilawah dikerjakan, apa saja ayat-ayat sajadah tersebut dan semacamnya secara lengkap. Silahkan simak pada artikel berikut ini.

Bacaan Sujud Tilawah Sesuai Sunnah

bacaan sujud tilawah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa tata cara mengerjakan sujud tilawah adalah dengan cara sujud seperti biasa pada saat sholat. Kita bisa melihatnya pada gambar contoh di atas postingan ini, begitulah kita-kira sujud tilawah dilaksanakan.

Doa sujud tilawah dibaca pada saat menundukkan kepala ke tanah atau lantai sebanyak tiga kali. Cukup dibaca pelan dalam hati, tidak perlu keras-keras yang penting khusyu’ dan ikhlas agar Allah SWT melimpahkan pahala yang berlimpah kepada kita.

Ada berbagai macam jenis bacaan sujud tilawah yang diambil dari berbagai hadits shahih. Semua bacaan lafadz doa berikut adalah benar, tidak ada yang salah, jadi tidak perlu diperdebatkan mana yang benar dan mana yang salah.

Berikut adalah bacaan doa sujud tilawah yang lengkap, singkat, ringkas, pendek, yang benar, yang shahih, sesuai sunnah, berdasarkan hadits, bacaan sujud tilawah bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

1. Bacaan Sujud Tilawah Singkat

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى

Subhaana robbiyal a’laa.

Artinya:
“Maha suci rob ku yang Maha Tinggi.”

2. Bacaan Sujud Tilawah Lengkap

سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ

Sajada wajhii lilladzi khalaqahu, wa shaw-warahu, wa syaqqa sam’ahu, wa basharahu, bihaulihi waquw-watihi.

Artinya:
“Wajahku sujud kepada penciptanya, yang telah membentuknya, memberinya pendengaran dan penglihatan, dengan daya dan upaya Nya.”

3. Bacaan Sujud Tilawah yang Benar

سُبْحَانَكَ اللهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ، اللهُمَّ اغْفِرْ لِي

Subhaanakallaahumma robbanaa wabihammdika allaahummagh firlii.

Artinya:
“Maha suci engkau wahai rab kami, dengan memujimu ya Allah, ampunilah hamba.”

4. Bacaan Sujud Tilawah yang Shahih

أَمَّا أَنَا فَأَقُولُ سُبْحَانَ رَبِّي الْأَعْلَى

Artinya:
“Adapun saat sujud tilawah aku membaca subhaana robbiyal a’laa.”

Kapan Membaca Doa Sujud Tilawah?

Sujud tilawah dikerjakan ketika kita mendengar ayat sajadah baik kita yang membaca al-quran sendiri maupun mendengarnya dari orang lain. Apa saja ayat sajadah tersebut? Berikut adalah beberapa ayat yang ketika didengar maka kita harus bersujud tilawah. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. QS. Al-Furqan ayat 60

وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ ٱسْجُدُوا۟ لِلرَّحْمَٰنِ قَالُوا۟ وَمَا ٱلرَّحْمَٰنُ أَنَسْجُدُ لِمَا تَأْمُرُنَا وَزَادَهُمْ نُفُورًا

Artinya:
“Dan apabila dikatakan kepada mereka: Sujudlah kamu sekalian kepada yang Maha Penyayang, mereka menjawab: Siapakah yang Maha Penyayang itu? Apakah kami akan sujud kepada Tuhan Yang kamu perintahkan kami(bersujud kepada-Nya)?, dan (perintah sujud itu) menambah mereka jauh (dari iman).”

2. QS. An-Naml ayat 24

وَجَدتُّهَا وَقَوْمَهَا يَسْجُدُونَ لِلشَّمْسِ مِن دُونِ ٱللَّهِ وَزَيَّنَ لَهُمُ ٱلشَّيْطَٰنُ أَعْمَٰلَهُمْ فَصَدَّهُمْ عَنِ ٱلسَّبِيلِ فَهُمْ لَا يَهْتَدُونَ

Artinya:
“Aku mendapati dia dan kaumnya menyembah matahari, selain Allah; dan syaitan telah menjadikan mereka memandang indah perbuatan-perbuatan mereka lalu menghalangi mereka dari jalan (Allah), sehingga mereka tidak dapat petunjuk.”

3. QS. An-Naml ayat 25

أَلَّا يَسْجُدُوا۟ لِلَّهِ ٱلَّذِى يُخْرِجُ ٱلْخَبْءَ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَيَعْلَمُ مَا تُخْفُونَ وَمَا تُعْلِنُونَ

Artinya:
“Agar mereka tidak menyembah Allah Yang mengeluarkan apa yang terpendam di langit dan di bumi dan Yang mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan.”

4. QS. An-Naml ayat 26

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ رَبُّ ٱلْعَرْشِ ٱلْعَظِيمِ

Artinya:
“Allah, tiada Tuhan Yang disembah kecuali Dia, Tuhan Yang mempunyai ‘Arsy yang besar.”

5. QS. As-Sajdah ayat 15

إِنَّمَا يُؤْمِنُ بِـَٔايَٰتِنَا ٱلَّذِينَ إِذَا ذُكِّرُوا۟ بِهَا خَرُّوا۟ سُجَّدًا وَسَبَّحُوا۟ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ

Artinya:
“Sesungguhnya orang yang benar-benar percaya kepada ayat-ayat Kami adalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat itu mereka segera bersujud seraya bertasbih dan memuji Rabbnya, dan lagi pula mereka tidaklah sombong.”

6. QS. Sad ayat 24

قَالَ لَقَدْ ظَلَمَكَ بِسُؤَالِ نَعْجَتِكَ إِلَىٰ نِعَاجِهِۦ ۖ وَإِنَّ كَثِيرًا مِّنَ ٱلْخُلَطَآءِ لَيَبْغِى بَعْضُهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ وَقَلِيلٌ مَّا هُمْ ۗ وَظَنَّ دَاوُۥدُ أَنَّمَا فَتَنَّٰهُ فَٱسْتَغْفَرَ رَبَّهُۥ وَخَرَّ رَاكِعًا وَأَنَابَ

Artinya:
“Daud berkata: Sesungguhnya dia telah berbuat zalim kepadamu dengan meminta kambingmu itu untuk ditambahkan kepada kambingnya. Dan sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu sebahagian mereka berbuat zalim kepada sebahagian yang lain, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh; dan amat sedikitlah mereka ini. Dan Daud mengetahui bahwa Kami mengujinya; maka ia meminta ampun kepada Tuhannya lalu menyungkur sujud dan bertaubat.”

7. QS. Fussilat ayat 37

وَمِنْ ءَايَٰتِهِ ٱلَّيْلُ وَٱلنَّهَارُ وَٱلشَّمْسُ وَٱلْقَمَرُ ۚ لَا تَسْجُدُوا۟ لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَٱسْجُدُوا۟ لِلَّهِ ٱلَّذِى خَلَقَهُنَّ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Artinya:
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah Yang menciptakannya, Jika Ialah yang kamu hendak sembah.”

8. QS. Fussilat ayat 38

فَإِنِ ٱسْتَكْبَرُوا۟ فَٱلَّذِينَ عِندَ رَبِّكَ يُسَبِّحُونَ لَهُۥ بِٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ وَهُمْ لَا يَسْـَٔمُونَ

Artinya:
“Jika mereka menyombongkan diri, maka mereka (malaikat) yang di sisi Tuhanmu bertasbih kepada-Nya di malam dan siang hari, sedang mereka tidak jemu-jemu.”

9. QS. An-Najm ayat 59

أَفَمِنْ هَٰذَا ٱلْحَدِيثِ تَعْجَبُونَ

Artinya:
“Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini?”

10. QS. An-Najm ayat 60

وَتَضْحَكُونَ وَلَا تَبْكُونَ

Artinya:
“Dan kamu mentertawakan dan tidak menangis?”

11. QS. Al-A’raf ayat 206

إِنَّ ٱلَّذِينَ عِندَ رَبِّكَ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِۦ وَيُسَبِّحُونَهُۥ وَلَهُۥ يَسْجُدُونَ

Artinya:
“Sesungguhnya malaikat-malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah Allah dan mereka mentasbihkan-Nya dan hanya kepada-Nya-lah mereka bersujud.”

12. QS. Ar-Ra’d ayat 15

وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَظِلَٰلُهُم بِٱلْغُدُوِّ وَٱلْءَاصَالِ

Artinya:
“Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari.”

13. QS. An-Nahl ayat 49

وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ مِن دَآبَّةٍ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ

Artinya:
“Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan (juga) para ma]aikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri.”

14. QS. An-Nahl ayat 50

يَخَافُونَ رَبَّهُم مِّن فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya:
“Mereka takut kepada Tuhan mereka yang di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka).”

15. QS. Al-Isra’ ayat 107

قُلْ ءَامِنُوا۟ بِهِۦٓ أَوْ لَا تُؤْمِنُوٓا۟ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ مِن قَبْلِهِۦٓ إِذَا يُتْلَىٰ عَلَيْهِمْ يَخِرُّونَ لِلْأَذْقَانِ سُجَّدًا

Artinya:
“Katakanlah: Berimanlah kamu kepadanya atau tidak usah beriman (sama saja bagi Allah). Sesungguhnya orang-orang yang diberi pengetahuan sebelumnya apabila Al Quran dibacakan kepada mereka, mereka menyungkur atas muka mereka sambil bersujud.”

16. QS. Al-Isra’ ayat 108

وَيَقُولُونَ سُبْحَٰنَ رَبِّنَآ إِن كَانَ وَعْدُ رَبِّنَا لَمَفْعُولًا

Artinya:
“Dan mereka berkata: Maha Suci Tuhan kami, sesungguhnya janji Tuhan kami pasti dipenuhi.”

17. QS. Al-‘sra’ ayat 109

وَيَخِرُّونَ لِلْأَذْقَانِ يَبْكُونَ وَيَزِيدُهُمْ خُشُوعًا

Artinya:
“Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu’.”

18. QS. Maryam ayat 85

يَوْمَ نَحْشُرُ ٱلْمُتَّقِينَ إِلَى ٱلرَّحْمَٰنِ وَفْدًا

Artinya:
“(Ingatlah) hari (ketika) Kami mengumpulkan orang-orang yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sebagai perutusan yang terhormat.”

19. QS. Al-Haj ayat 18

أَلَمْ تَرَ أَنَّ ٱللَّهَ يَسْجُدُ لَهُۥ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَن فِى ٱلْأَرْضِ وَٱلشَّمْسُ وَٱلْقَمَرُ وَٱلنُّجُومُ وَٱلْجِبَالُ وَٱلشَّجَرُ وَٱلدَّوَآبُّ وَكَثِيرٌ مِّنَ ٱلنَّاسِ ۖ وَكَثِيرٌ حَقَّ عَلَيْهِ ٱلْعَذَابُ ۗ وَمَن يُهِنِ ٱللَّهُ فَمَا لَهُۥ مِن مُّكْرِمٍ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يَفْعَلُ مَا يَشَآءُ

Artinya:
“Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? Dan banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya. Dan barangsiapa yang dihinakan Allah maka tidak seorangpun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki.”

20. QS. Al-Haj ayat 77

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱرْكَعُوا۟ وَٱسْجُدُوا۟ وَٱعْبُدُوا۟ رَبَّكُمْ وَٱفْعَلُوا۟ ٱلْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, ruku’lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.”

21. QS. An-Najm ayat 62

فَٱسْجُدُوا۟ لِلَّهِ وَٱعْبُدُوا۟

Artinya:
“Maka bersujudlah kepada Allah dan sembahlah (Dia).”

22. QS. Al-Inshiqaq ayat 20

فَمَا لَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ

Artinya:
“Mengapa mereka tidak mau beriman?”

23. QS. Al-Inshiqaq ayat 21

وَإِذَا قُرِئَ عَلَيْهِمُ ٱلْقُرْءَانُ لَا يَسْجُدُونَ

Artinya:
“Dan apabila Al Quran dibacakan kepada mereka, mereka tidak bersujud.”

24. QS. Al-Alaq ayat 19

كَلَّا لَا تُطِعْهُ وَٱسْجُدْ وَٱقْتَرِب

Artinya:
“Sekali-kali jangan, janganlah kamu patuh kepadanya; dan sujudlah dan dekatkanlah (dirimu kepada Tuhan).”

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai bacaan doa sujud tilawah, cara melakukan sujud tilawah, sujud tilawah dikerjakan pada saat apa, bacaan sujud tilawah yang benar, doa sujud tilawah sesuai sunnah, sujud tilawah latin dan artinya.

Baca :

Originally posted 2023-10-12 17:00:09.

Tinggalkan komentar