Doa Ketika Bepergian Melakukan Perjalanan Jauh

Doa Ketika Bepergian Melakukan Perjalanan Jauh
Konten []
    Abiabiz.com - Doa bepergian dan melakukan perjalanan jauh. Di jalan raya, ada banyak hal yang mengancam keselamatan kita, mulai dari karena kesalahan kita saat menyetir atau berkendara, maupun kesalahan orang lain karena mereka kehilangan fokus dan tidak konsentrasi.

    doa ketika bepergian melakukan perjalanan jauh

    Selain itu, ancaman dari alam juga bisa terjadi, seperti contohnya banjir, gempa bumi, tanah longsor, angin puting beliung, hujan lebat, tsunami dan macam-macam bencana alam lainnya bisa membuat kita tidak selamat sampai tujuan.

    Terutama ketika melakukan perjalanan yang jauh, kita tidak tahu kondisi setiap rute yang kita lalui, maka dari itu kita harus bersiap dan berhati-hati dengan segala kemungkinan yang ada, termasuk berdoa memohon perlindungan kepada Allah SWT.

    Sebagai umat muslim tentu kita percaya bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini, termasuk yang akan terjadi di masa depan merupakan kehendak Allah Ta'ala, Dia mampu mewujudkan apa yang Dia rencanakan, Dia pula yang sanggup mengubahnya.

    Maka dari itu, kita harus selalu berdoa kepada-Nya untuk memohon keselamatan. Mungkin dalam perjalanan kita telah ditakdirkan untuk mengalami hal buruk, namun dengan berdoa, insya Allah, Allah SWT akan mengubah takdir kita sehingga bisa sampai di tujuan dengan selamat.

    Pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas mengenai doa saat bepergian dan melakukan perjalanan jauh, doa untuk memohon keselamatan, doa berlindung dari kecelakaan, doa, wirid, dzikri agar selamat sampai tujuan.

    Doa Ketika Bepergian Jauh

    doa ketika bepergian

    Berikut ini adalah doa utama dan yang paling kerap dijadikan amalan setiap muslim ketika akan bepergian. Karena doa ini merupakan doa yang dicontohkan Rasul SAW saat hendak bepergian ke suatu tempat yang jauh.

    Makna dari doa ini adalah kita memohon kemudahan selama di perjalanan, meminta agar jalan yang jauh dibuat agar serasa singkat dan cepat dilalui. Selain itu, fadhilah lain dari doa ini adalah memohon kepada-Nya untuk melindungi setiap anggota keluarga yang ikut dalam perjalanan.

    Berikut adalah lafadz bacaan doa saat bepergian ke tempat yang sangat jauh, pulang kampung, mudik, naik kapal, pesawat, pergi haji, umroh, liburan ke luar negeri, wisata, maupun dzikir saat ingin berangkat ke suatu tempat.

    اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

    Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli

    Artinya :
    “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

    Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh

    Selain doa di atas, kita juga bisa membaca doa singkat berikut ini ketika akan melakukan perjalanan yang sangat jauh. Makna atau fadhilah dari doa ini tidak berbeda jauh dengan doa pertama yang sebelumnya ditulis.

    Silahkan amalkan doa berikut ketika hendak bepergian ke suatu tempat, saat ingin menuju tempat yang jauh, doa ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah dan hadits shahih yang benar.

    اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَافِيْهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَافِيْهَا

    Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a’uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

    Artinya :
    “Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya.”

    Kesimpulan

    Itulah doa bepergian, doa pergi ke masjid, makam, sekolah, pasar, kuburan, luar rumah, pantai, doa bepergian latin, jauh, naik bus, sunnah, doa bepergian ke suatu tempat, luar negeri, doa berangkat ke tempat jauh, doa agar mudik selamat, dan sebagianya.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>