Doa Berangkat Kerja dan Pulang Kerja Segala Urusan

Konten []
    Abiabiz.com - Doa berangkat kerja dan pulang kerja segala urusan. Kadang seseorang lupa untuk berdoa terlebih dahulu baik sebelum bekerja maupun setelah selesai bekerja karena terburu-buru mengejar waktu.

    doa berangkat kerja dan pulang kerja

    Sebaiknya, mulai saat ini kita biasakan diri untuk membaca doa terlebih dahulu baik itu saat akan pergi bekerja atau pulang ke rumah selepas letih bekerja. Karena doa sebelum dan sesudah bekerja memiliki sangat banyak keutamaan, manfaat dan faedahnya.

    Seperti yang kita tahu bahwa bekerja merupakan sebuah kebutuhan yang tidak boleh ditinggalkan karena dengan kerja kita bisa memperoleh uang atau rezeki. Rezeki yang didapat akan digunakan untuk makan, tempat tinggal dan memenuhi kebutuhan pribadi lainnya.

    Saat seseorang telah menikah, terutama laki-laki, semangatnya dalam bekerja haruslah lebih tinggi. Karena yang ditanggung tidak hanya kebutuhan diri sendiri, melainkan juga kebutuhan istri dan anak atau bayi.

    Berdoa ketika bekerja juga dimaksudkan agar seseorang bisa diberi keselamatan selama dalam perjalanan, dijauhkan dari marabahaya, malapetaka, musibah dan bencana di tempat kerja, serta mohon agar selamat sampai tujuan saat pulang kerja.

    Doa berangkat dan pulang kerja juga dilakukan agar pekerjaan yang dikerjakan bisa menjadi nilai pahala, berkah dan tentunya tidak ada masalah ke depannya. Semoga yang membaca doa ini dapat selalu sukses dan sehat selalu.

    Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai dua doa yang dibaca pada saat kerja, yakni doa seelum berangkat kerja dan doa setelah pulang kerja untuk segala urusan baik kerja kantoran, bisnis, usaha atau dagang, freelancer, dan sebagainya.

    Doa Sebelum Berangkat Kerja

    doa berangkat kerja

    Makna atau kandungan yang terdapa dalam doa memulai pekerjaan ini adalah yang petama yaitu memohon ampun atas segala dosa yang diperbuat, meminta agar iman diperluas, diberi kesejahteraan, jenjang karir yang jelas dan sebagainya.

    اَللهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِيْ، وَوَسِّعْ خُلُقِيْ، وَطَيِّبْ لِيْ كَسَبِيْ، وَقَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ، وَلاَتَذْهَبْ قَلْبِيْ إِلَى شَيْئٍ صَرَّفْتَهُ عَنِّيْ

    Allaahummaghfir lii dzanbii, wa wassi’ khuluqii, wa thayyib lii kasabii, wa qanni’nii bimaa razaqtanii, wa laa tadz-hab qalbii ilaa syai-in sharraftahu ‘annii.

    Artinya:
    “Ya Allah, ampunilah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, berilah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku puas menerima apapun yang Engkau karuniakan kepadaku, dan janganlah Engkau buat hatiku mengingat apapun yang telah Engkau palingkan dariku.” (HR. Ibnu An-Najjar).

    Doa Selesai dan Pulang Kerja

    doa pulang kerja

    Sementara itu, doa saat pulang kerja dibaca untuk mengakhiri pekerjaan. Doa ini dibaca oleh orang yang sudah lelah, letih atau capek bekerja. Berikut adalah bacaan doa seusai, selepas, setelah, sesudah bekerja.

    اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُ بِكَ اَنْ اَضِلّ اَوْ أُضَلَّ اَوْ اَزِلَّ اَوْ أَظْلَمَ اَوْ أَجْهَلَ اَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ.

    Alloohuma innii a’uudzubika an’adhilla, au’udholla, au’azilla, au’adzlama, au ajhala, au yujhala ‘alayya.

    Artinya:
    “Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu agar tidak tersesat atau disesatkan atau aku tergelincir atau digelincirkan atau aku berbuat dzalim atau didzalimi atau aku berbuat bodoh atau dibodohi” (HR. Nasa’i, Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah).

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa kerja, doa berangkat kerja latin, singkat, tulisan arab, pagi hari, dan artinya, jawa, doa pulang kerja islam dalam bahasa indonesia di kantor, doa sebelum, mengawali, akan dan selepas, seusai, setelah, sesudah kerja.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments