Bacaan Wirid Sebelum Sholat Subuh yang Diajarkan Rasulullah SAW

Bacaan Wirid Sebelum Sholat Subuh yang Diajarkan Rasulullah SAW
Konten []
    Abiabiz.com - Wirid dan doa sebelum sholat subuh. Rasulullah sangat rutin menjalankan sholat tahajud pada waktu tengah malam. Dan setelah selesai sholat, Rasul tidak tidur kembali melainkan menunggu hingga waktu sholat subuh tiba.

    bacaan wirid sebelum sholat subuh

    Sambil menunggu adzan subuh berkumandang, Nabi Muhammad SAW seringkali membaca doa. Doa atau dzikir menjelang sholat subuh ini kemudian ditiru oleh para sahabatnya hingga telah dituliskan pada beberapa hadits shahih.

    Baginda Rasul mengajarkan doa ini untuk menyempurnakan ibadah pada malam hari hingga terbit fajar. Banyak sekali keutamaan dari doa pada pagi dini hari ini, salah satunya adalah meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.

    Selain itu, mengamalkan doa yang diajarkan Rasulullah juga merupakan sebuah ibadah yang memiliki pahala sangat tinggi. Allah SWT menganjurkan kita untuk melakukan hal-hal yang juga dikerjakan oleh Rasulullah SAW semasa ia hidup.

    Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bacaan wirid atau doa sebelum sholat subuh yang diajarkan oleh Nabi Besar Muhammad SAW. Doa yang menjadi teman ketika Rasul menanti datangnya sholat subuh di masjid.

    Bacaan Wirid Sebelum Sholat Subuh

    Wirid menjelang subuh ini sangat baik dibaca pada saat selesai sholat tahajud hingga datangnya waktu subuh. Boleh juga dilafadzkan pada saat terbangun pada tengah malam, kemudian langsung menuju tempat sholat dan membaca wirid ini.

    Bacaan wirid sebelum subuh ini memiliki makna bahwa kita memohon kepada Allah SWT untuk dibukakan cahaya dalam hati, cahaya ketika berada di dalam kubur maupun di dunia, baik cahaya pendengaran, penglihatan, cahaya arah, dan lingkungan sekitar.

    Membaca doa ini dengan istiqomah akan insya Allah menjadikan kita dilindungi oleh Allah Ta'ala, diberi berkah pada hari tersebut, dilancarkan segala urusannya, diberikan rezeki yang melimpah dan sebagainya.

    Berikut adalah teks lafadz bacaan wirid sebelum sholat subuh atau menjelang adzan subuh dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya yang Rasulullah SAW ajarkan sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih.

    اللَّهُمَّ اجْعَلْ لِي نُورًا فِي قَلْبِي وَنُورًا فِي قَبْرِي وَنُورًا فِي سَمْعِي وَنُوْرًا مِنْ بَيْنِ يَدِيْ وَنُوْرًا مِنْ خَلْفِيْ وَنُوْرًا عَنْ يَمِيْنِيْ وَنُوْرًا عَنْ شِمَالِيْ وَنُوْرًا مِنْ فَوْقِيْ وَنُوْرًا مِنْ تَحْتِيْ اَللّهُمَّ زِدْنِيْ نُوْرًا وَأَعْطِنِيْ نُوْرًا

    Artinya :
    “Ya Allah jadikanlah padaku bagiku cahaya di hatiku, cahaya di kuburku, cahaya di pendengaranku, cahaya di depanku, cahaya di belakangku, cahaya di arah kananku, cahaya di arah kiriku, cahaya di atasku, cahaya di bawahku. Ya Allah tambahkanlah untukku cahaya dan berikanlah padaku cahaya.”

    Bacaan Doa Sebelum Sholat Subuh

    Sementara itu, ada juga satu doa lain yang cukup panjang yang kerap dibaca oleh Nabi ketika menunggu waktu sholat subuh berjamaah tiba. Doa ini pun juga memiliki makna dan keutamaan yang amat besar apabila kita amalkan.

    Dalam doa ini, kita memohon rahmat dari Allah Ta'ala, menunjukkan jalan terang bagi yang tersesat, memperbaiki masalah yang sedang terjadi, menjauhkan kita dari segala sifat buruk dan tercela serta meningkatkan amal ibadahnya.

    Masih banyak keutamaan atau fadhilah dari doa ini yang bisa dibaca pada bagian arti atau terjemahan bahasa Indonesia di bawah ini. Dengan membaca wirid sebelum subuh lengkap berikut ini, insya Allah hari kita akan dipenuhi dengan rahmat dan hidayah-Nya.

    Berikut ini adalah tulisan Arab, lafadz bacaan doa wirid sebelum sholat subuh berjamaah ditulis dalam bahasa Arab beserta latinnya atau terjemahan Indonesia yang diajarkan oleh Rasulullah SAW atau Nabi Muhammad.

    اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِكَ تَهْدِي بِهَا قَلْبِي وَتَجْمَعُ بِهَا شَمْلِي وَتَلُمُّ بِهَا شَعَثِي وَتَرُدُّ بِهَا أُلْفَتِي وَتُصْلِحُ بِهَا دِينِي وَتَحْفَظُ بِهَا غَائِبِي وَتَرْفَعُ بِهَا شَاهِدَيْ وَتُزَكِّي بِهَا عَمَلِي وَتُبَيِّضُ بِهَا وَجْهِي وَتُلْهِمُنِي بِهَا رُشْدِي وَتَعْصِمُنِي بِهَا مِنْ كُلِّ سُوءٍ اللَّهُمَّ أَعْطِنِي إِيمَانًا صَادِقًا وَيَقِينًا لَيْسَ بَعْدَهُ كُفْرٌ وَرَحْمَةً أَنَالُ بِهَا شَرَفَ كَرَامَتِكَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْفَوْزَ عِنْدَ اللِّقَاءِ وَمَنَازِلَ الشُّهَدَاءِ وَعَيْشَ السُّعَدَاءِ وَالنَّصْرَ عَلَى الأَعْدَاءِ وَمُرَافَقَةَ الأَنْبِيَاءِ

    Artinya :
    “Ya Allah. Aku meminta padaMu kerahmatan di sisiMu yang dapat menunjukkan hatiku, mengumpulkan yang terserak dariku, memperbaiki apa yang kusut padaku mengembalikan padaku kesenanganku, memperbaiki agamaku, menjaga batinku (dari sifat-sifat buruk), mengangkat lahiriahku (dengan amal baik), mensucikan amalku, memutihkan wajahku, mengilhamkan petunjuk padaku, dan menjagaku dari segala kejelekan.

    Ya Allah berikanlah padaku iman yang sungguh-sungguh dan keyakinan yang tidak diikuti oleh kekafiran dan Rahmat yang dengannya Aku memperoleh kemuliaanMu di dunia dan di akhirat. Ya Allah Aku memohon padaMu sebuah keberuntungan ketika perjumpaan (denganMu), derajat para syuhada’, kehidupan orang-orang yang bahagia, pertolongan atas musuh dan berdampingan dengan para nabi (di surga).”


    Kesimpulan

    Itulah bacaan wirid sebelum sholat subuh, doa menjelang sholat subuh, wirid pendek sebelum subuh, dzikir dan wirid jelang adzan subuh, doa atau wirid yang dibaca rasulullah saw pada saat sebelum waktu subuh datang, dan sebagainya.

    Baca :

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>