Bacaan Doa Masuk Pasar dan Market Untuk Menghindari Keburukan

Bacaan Doa Masuk Pasar dan Market Untuk Menghindari Keburukan
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa masuk pasar atau market. Sebagai umat muslim, kita harus senantiasa berdoa pada saat akan melakukan sesuatu, termasuk ketika ingin pergi ke pasar untuk berbelanja barang-barang kebutuhan sehari-hari.

doa masuk pasar dan market

Di pasar, ada banyak hal buruk yang mungkin terjadi, mulai dari kehilangan barang, barang belanjaan yang tertinggal, rusak, jatuh karena terpeleset, atau bahkan kecelakaan ketika kita naik kendaraan menuju ke pasar dan atau pulang ke rumah.

Tentu kita tidak ingin semua itu terjadi bukan? Namun siapa yang tahu masa depan? Hanya Allah SWT. Oleh karena itu, untuk menghindari semua itu terjadi kita perlu meminta perlindungan kepada Allah Ta'ala.

Baca: Doa Ketika Bepergian Jauh

Ada beberapa hadits yang meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW membaca doa saat memasuki pasar, pada kesempatan ini kami akan berbagi doa tersebut yang dapat dijadikan sebagai amalan untuk kita ketika ingin pergi berbelanja.

Bacaan Doa Masuk Pasar Arab Latin dan Artinya

doa masuk pasar

Berikut ini adalah salah satu doa ketika memasuki pasar. Makna dari doa ini adalah kita mempercayai bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang memiliki kuasa atas segala sesuatu, termasuk apa yang akan terjadi pada kita ketika masuk pasar.

Berikut adalah bacaan doa lafadz ketika masuk pasar dalam bahasa Arab, tulisan latin serta artinya atau terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih.

لَا إِلَـهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah lahulmulku walahulhamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu biyadihil khoiir wa huwa ‘alaa kulli syai’in qodiir.

Artinya:
"Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagiNya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya semua kebaikan. Dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."

Bacaan Doa Masuk Market Menghindari Keburukan

Selain doa di atas, ada pula doa yang lebih pendek yang bisa kita baca pada saat akan menuju ke pasar, mall, supermarket, departement store, maupun pusat perbelanjaan lainnya. Barangsiapa mengamalkan doa berikut, insya Allah akan dilindungi oleh-Nya.

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariika lah, lahul-mulku wa lahul-hamdu, wa huwa ‘ala kulli syai’in qodiir.

Artinya :
"Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."

Kesimpulan

Itulah doa masuk pasar, doa ketika memasuki pasar atau market untuk menghindarkan diri dari keburukan, kejahatan, tindak kriminal, maupun hal-hal buruk yang mungkin terjadi pada saat kita bertransaksi di tempat perbelanjaan.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>