Doa Menjenguk Orang Sakit yang Pendek Sesuai Sunnah

Doa Menjenguk Orang Sakit yang Pendek Sesuai Sunnah
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa menjenguk orang sakit. Orang yang sedang sakit, baik sakit ringan maupun sakit parah sehingga harus dirawat di rumah sakit sangatlah membutuhkan bantuan orang-orang yang ada di sekitarnya, termasuk kita.

doa menjenguk orang sakit yang pendek

Bantuan yang diperlukan oleh orang yang menderita penyakit adalah bantuan materi dan moril, bantuan materi dapat berupa kita membantunya untuk mandi, makan, belanja, mengerjakan pekerjaannya dan sebagainya.

Sedangkan bantuan moril dapat diberikan dengan menyemangatinya, menghiburnya agar tidak sedih, memberinya kekuatan agar tetap kuat dalam menghadapi cobaan serta berdoa kepada Allah ketika menjenguknya agar penyakitnya segera diangkat oleh Allah SWT.

Mendoakan ketika membesuk insya Allah akan membuat kita lebih sungguh-sungguh dalam berdoa, salah satunya adalah karena ketika kita melihat kondisi orang yang tengah sakit pasti kita akan merasa iba dan kasihan sehingga doa yang diucapkan untuknya pun akan semakin sungguh-sungguh.

Baca: Doa Minta Kesembuhan Untuk Diri Sendiri

Ada beberapa doa yang dapat dibaca pada saat menjenguk atau mengunjungi orang yang yang tengah sakit. Dan pada artikel ini kita akan memberikan dua doa yang sangat sering diamalkan atau dibaca ketika menjenguk orang yang sedang sakit.

Doa Menjenguk Orang Sakit yang Pendek

doa menjenguk orang sakit

Makna dari doa ini adlah kita memohon kesembuhan orang yang sedang sakit karena kita percaya bahwa hanya di tangan Allah SWT lah segala macam obat dari penyakit berasal. Tidak ada yang memiliki kuasa untuk menyembuhkan penyakit selain Allah SWT.

Berikut adalah lafadz teks bacaan doa ketika menjenguk orang yang sedang sakit dalam bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah yang singkat, pendek dan ringkas.

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba'sa rabban naasi bi yadikas syifaa'u laa kaasyifa lahuu illaa anta.

Artinya:
"Tuhan seluruh manusia, sapukanlah seluruh penyakit ini. Karena hanya ditangan-Mu lah segala penyembuhan ini berada. Dan tidak ada yang mampu mengangkatnya kecuali Engkau."

Doa Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah

Makna atau fadhilah dari doa membesuk orang sakit ini adalah kita berharap kepada Allah agar mengangkat dan menghilangkan penyakit yang hinggap pada tubuh seseorang, karena tidak ada yang bisa menyembuhkan penyakit dan menghilangkan rasa nyeri selain hanya Allah SWT semata.

Berikut adalah bacaan doa lafadz teks ketika saat menjenguk, mengunjungi atau membesuk orang yang tengah sakit supaya lekas sembuh ditulis dalam bahasa Arab, latin beserta terjemahannya atau arti bahasa Indonesia.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allahumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. La syafiya illa anta syifa’an lā yughadiru saqaman.

Artinya:
"Ya Allah Tuhanku Tuhan seluruh manusia, hilangkanlah segala penyakit yang hinggap. Berilah kesembuhan karena Kau adalah satu-satunya Penyembuh. Tidak ada yang mampu menyembuhkan segala penyakit selain Engkau. Dengan kesembuhan yang tidak meninggalkan rasa nyeri."

Kesimpulan
Itulah ulasan mengenai doa menjenguk orang sakit, latin, yang pendek, parah, sesuai sunnah, keras, doa untuk saat jenguk orang sakit bahasa arab, jawa, indonesia, doa agar orang lain segera sembuh, lekas pulih, dan cepat diangkat penyakitnya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>