Bacaan Doa Pagi Siang Sore Petang Malam Oleh Rasulullah SAW

Bacaan Doa Pagi Siang Sore Petang Malam Oleh Rasulullah SAW
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa pagi siang sore petang malam hari dalam islam. Nabi Muhammad mengajarkakn kepada kita untuk selalu berdoa sepanjang hari, mohon perlindungan berkah dan rahmat dari Allah SWT.

doa pagi siang sore petang malam rasulullah saw

Kita tahu bahwa Allah SWT akan selalu memberikan rahmat-Nya kepada kita meski tidak kita minta, namun apakah itu dapat menjadi alasan agar kita berhenti berdoa? Tidak! Justru itu yang harus dijadikan alasan agar kita lebih banyak berdoa kepada-Nya.

Baik ketika pagi hari saat baru bangun tidur, ketika siang hari saat belajar di sekolah atau bekerja di kantor, ketika sore hari menjelang waktu pulang, saat petang ketika sudah berada di dalam rumah dan pada malam hari tepat sebelum waktu untuk beristirahat atau tidur.

Sepanjang hari, kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT, selain untuk memohon berkah, bersyukur atas rezeki yang diberikan, juga sebagai permohonan perlindungan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca: Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Pada kesempatan yang baik ini kita akan sama-sama membahas mengenai lafadz bacaan doa pada pagi hari, siang, sore, petang dan malam hari menurut agama Islam yang diajarkan oleh Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Doa Pagi Rasulullah SAW

Doa ini dibaca sebelum waktu sholat dhuha untuk memohon berkah kepada Allah SWT. Ini adalah doa yang rutin diucapkan Rasulullah SAW pada waktu pagi hari untuk mendoakan seluruh umat muslim di dunia.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Artinya:
"Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya."

Doa Siang Rasulullah SAW

Doa ini dibaca pada waktu setelah sholat dzuhur selesai dikerjakan, ketika kita sedang beristirahat dari jam pelajaran atau jam kerja kantor untuk memohon apa yang sedang dikerjakan kali ini dapat menjadi rezeki dan amalan yang bisa diterima.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as aluka ‘ilman naafi’aa wa rizqan toyyibaa wa ‘amalan mutaqabbalaa.

Artinya:
"Ya Allah, sungguh aku memohon kepadaMu ilmu yang manfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima."

Doa Sore Rasulullah SAW

Doa ini dibaca ketika matahari berwarna kemerahan atau keorenan, berangkat dan pulang kerja, doa yang dimaksudkan untuk meninggikan nama Alah SWT sebagai Tuhan yang memiliki kuasa atas segala sesuatu, termasuk hidup dan matinya manusia.

اَللَّهُمَّ بِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allaahumma bika amsainaa, wa bika nahyaa, wa bika namuutu, wa ilaikan nusyuur.

Artinya:
"Ya Allah, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali."

Doa Petang Rasulullah SAW

Doa pendek ini dilafadzkan untuk mengukuhkan kepercayaan bahwa kita yakin terhadap Tuhan yakni Allah, agama yakni Islam dan Nabi serta Rasul yakni Muhammad SAW. Berikut adalah bacaan doa dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan.

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا، وِبِالإِسْلَامِ دِيْنًا، وَبِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا

Radhiitu billaahi rabbaa, wa bil islaami diinaa, wa bi Muhammadin shallallaahu ‘alaihi wa sallama nabiyyan wa rasuulaah.

Artinya:
"Aku rela Allah sebagai uhan, Islam sebagai agama, dan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul."

Doa Malam Rasulullah SAW

Doa ini dibaca untuk mengakhiri hari yang panjang dan melelahkan, doa untuk menutup hari dengan ucapan syukur serta memohon agar hari esok Allah SWT tetap melindungi dan melancarkan aktivitas kita seperti biasa. Berikut adalah doa malam hari sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih.

أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى المُلْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Amsainā wa amsal mulku lillāhi wal hamdu lillāhi, lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alā kulli syai‘in qadīr. Rabbi, as’aluka khaira mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā, wa a‘ūdzu bika min syarri mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā. Rabbi, a‘ūdzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A‘ūdzu bika min ‘adzābin fin nāri wa ‘adzābin dil qabri.

Artinya:
"Kami dan kuasa Allah bersore hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur."

Kesimpulan
Itulah bacaan doa pagi siang sore petang malam, untuk hari senin, selasa, rabu, kamis, jum'at, sabtu dan minggu, doa sehari-hari untuk anak, ibu hamil, ayah, orangtua, saudara, sahabat, kekasih, rekan kerja, teman, doa menjelang siang hari.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>