Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Keluar Rumah Sesuai Sunnah Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Doa ketika keluar rumah yang shahih. Manusia adalah makhluk sosial, oleh karena itu manusia pasti tidak bisa hidup sendiri dan harus berhubungan dengan orang lain baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

doa keluar rumah sesuai sunnah

Hal-hal yang dilakukan manusia sebagai makhluk sosial di luar rumah ada banyak, mulai dari belajar di sekolah, bepergian jauh, liburan, bekerja, merayakan hari raya, melaksanakan ibadah haji, sholat berjamaah dan masih banyak lagi.

Selain ada banyak hal yang dapat kita kerjakan di luar ruangan, ada banyak pula marabahaya dan cobaan yang mungkin akan menimpa kita, baik karena kesalahan dan kecerobohan diri sendiri, gangguan dari syaitan, maupun bencana alam yang bisa datang kapan saja.

Oleh karena itu, ketika keluar rumah kita harus selalu membaca doa untuk meminta perlindungan dari Allah SWT. Beberapa hadits meriwayatkan bacaan doa saat bepergian keluar rumah, doa yang sangt sering kita pelajari ketika masih duduk di bangku PAUD, TK, atau SD.

Kadang guru ngaji juga mengajari kita untuk rutin mengamalkan doa keluar rumah menurut agama Islam. Lalu, apakah ketika dewasa kita telah mengamalkannya? Apakah saat ini kita masih membaca doa setiap ingin keluar dari rumah?

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari membaca doa ketika hendak keluar rumah, oleh karena itu kita harus selalu ingat dan istiqomah dalam mengamalkan doa tersebut. Berikut kami tuliskan lafadz bacaan doa keluar rumah sesuai sunnah latin dan artinya.

Doa Keluar Rumah Sesuai Sunnah

doa keluar rumah

Saat hendak pergi ke luar rumah, dengan tujuan mampir atau bertamu ke rumah tetangga, menjemur pakaian, atau hanya sekedar duduk-duduk di teras dan bepergian dalam waktu yang tidak terlalu lama, silahkan baca doa berikut ini.

Bacaan doa lafadz keluar rumah sesuai sunnah dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia ini dimaksudkan untuk meminta pertolongan Allah SWT ketika kita berada di luar rumah di mana segala hal dapat terjadi.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِالله

Bismillaahi tawakkaltu 'alallaahi laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi.

Artinya:
"Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan pertologan Allah."

Doa Keluar Rumah Latin dan Artinya

Bacalah doa pendek, singkat, dan ringkas saat keluar rumah di bawah ini ketika hendak bepergian jauh, dalam waktu yang cukup lama misalnya pergi bekerja, sekolah, ke luar kota, mudik lebaran, atau mengunjungi sanak saudara di kampung.

Doa berikut ini memiliki fadhilah dan mana yang luar biasa, yakni memohon kepada-Nya agar menemani dan melindungi kita selama dalam perjalanan, mendekatkan jarah yang sebenarnya jauh, dan melindungi segala hal yang kita tinggalkan di rumah.

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli

Artinya:
"Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

Kesimpulan
Itulah bacaan doa keluar rumah. Mari sama-sama kita amalkan doa keluar rumah yang shahih dalam bahasa Arab, latin dan terjemahannya ini setiap saat. Doa keluar rumah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW dalam agama Islam, doa untuk rumah yang ditinggalkan agar aman.

Posting Komentar untuk "Doa Keluar Rumah Sesuai Sunnah Latin dan Artinya"