Doa Ketika Mendengar Petir dan Guntur Saat Hujan

Doa Ketika Mendengar Petir dan Guntur Saat Hujan
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa saat mendengar suara petir dan guntur. Suara petir dan guntur yang muncul bersamaan dengan hujan merupakan pertanda bahwa hujan akan menjadi semakin lebat dan deras. Hal tersebut memungkinkan terjadinya bencana banjir.

doa ketika mendengar petir dan guntur saat hujan

Sebelumnya kita telah membahas mengenai doa tolak bala rebo wekasan, yakni doa yang diamalkan untuk mencegah datangnya marabahaya dan penyakit yang muncul pada hari rebo wekasan atau rabu pungkasan. Di sisi lain, ada doa khusus saat ada petir dan guntur.

Karena petir dan guntur bisa datang kapan saja, terutama selain hari rabu wekasan. Petir dan guntur muncul setiap hujan pada saat musim hujan, biasanya di bulan Oktober hingga April. Dalam sebuah hadits diriwayatkan mengenai doa khusus pada saat mendengar suara petir dan guntur.

Pada kesempatan yang baik ini, kita akan sama-sama membahas mengenai doa saat mendengar suara petir yang diambil dari berbagai hadits shahih sesuai dalilnya. Silahkan simak kedua doanya berikut di bawah ini.

Doa Ketika Mendengar Petir

doa mendengar petir

Yang pertama adalah doa ketika mendengar suara petir. Makna dari doa ini adalah ketika ada petir atau halilintar yang menyambar langit, kita percaya bahwa petir sedang bertasbih kepada Allah SWT untuk memuji karena takut kepada-Nya.

Berikut adalah lafadz bacaan doa saat apabila mendengar suara petir sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang benar, singkat, pendek, dan ringkas.

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi

Artinya:
"Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memujiNya, begitu juga para malaikat, karena takut kepadaNya."

Doa Ketika Mendengar Guntur

Selain doa di atas, ada pula doa lain yang bisa diamalkan saat mendengar guntur. Perbedaan utama guntur dan petir adalah suara guntur bisa terdengar sebelum hujan turun, ketika hujan masih rinti-rintik ringan maupun ketika hujan sudah mulai lebat dan deras.

Makna dari doa ini sama seperti doa sebelumnya, yakni meyakini bahwa petir atau guntur yang terdengar dan terlihat merupakan pertanda bahwa dia sedang bertasbih kepada Allah Ta'ala. Berikut adalah bacaan doa saat dengar suara petir sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih lengkap.

سُبْحَانَالَّذِي سَبَّحَتْ لَهُ

Subhanalladzi sabbahat lahu’.

Artinya:
"Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya."

Kesimpulan

Itulah doa ketika mendengar petir, doa saat ada suara petir dan guntur beserta artinya, sesuai sunnah, hujan lebat, doa petir besar, kilat, firman, dan angin kencang, dan guntur arasy, doa saat guntur berdasarkan dalil dan hadits shahih.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>