Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Memakai Baju dan Melepas Baju atau Pakaian

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Doa melepas dan memakai pakaian sesuai sunnah. Setiap hari, manusia pasti akan mengganti pakaiannya yang kotor dengan pakaian baru, entah itu celana, baju, kaos, kemeja, jas, topi, sepatu atau pakaian dalam.

doa memakai dan melepas baju pakaian

Ketika melepas dan memakai baju baru, kita harus melakukannya di tempat tertutup, seperti kamar atau ruang ganti pakaian bila berada di mall atau pusat perbelanjaan. Tujuannya ialah agar aurat kita tidak dilihat orang lain yang bukan muhrimnya.

Selain itu, saat mengenakan pakaian kita juga disunnahkan untuk membaca doa, baik pada saat melepas pakaian atau baju maupun ketika memakai pakaian baru. Ini juga telah banyak dibahas dalam hadits-hadits shahih.

Makna dari doa menggunakan baju pada intinya sama saja, yakni untuk memohon kepada Allah SWT supaya pakaian yang kita kenakan dapat menjadi berkah, bisa menjadi penolong dan pemberi rahmat serta kekuatan untuk diri kita.

Pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas mengenai doa saat melepas dan memakai baju atau pakaian. Mari sama-sama pelajari doa berikut ini dan kita amalkan sama-sama agar menjadi rutinitas dan doa sehari hari kita.

Doa Memakai Baju atau Pakaian

doa memakai baju

Yang pertama adalah doa ketika memakai baju. Makna dari doa ini ialah pertama kita memuji nama Allah SWT karena telah memberi rezeki kepada kita berupa pakaian yang layak untuk dikenakan, pakaian yang sopan untuk dipakai beribadah.

Berikut adalah lafadz bacaan doa ketika mengenakan baju atau pakaian dalam agama Islam menurut hadits yang shahih sesuai sunnah ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia singkat, pendek, dan ringkas.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri hawlim minni wa laa quwwatin.

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku."

Doa Melepas Baju atau Pakaian

Yang kedua adalah doa ketika melepas pakaian. Bedanya dengan doa di atas adalah doa ini diucapkan saat kita menanggalkan seluruh kain yang membalut tubuh kita, baik ketika akan mengganti baju baru atau ketika akan mandi biasa.

Makna dari doa ini adalah kita memohon agar pakaian yang kita lepas selalu dipenuhi dengan kebaikan, dan kita memohon perlindungan kepada-Nya dari segala kejahatan yang mungkin terjadi jika kita melepas pakaian tersebut.

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

Bismillaahi, Alloohumma innii as-aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu.

Artinya:
"Dengan nama-Mu ya Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya."

Kesimpulan
Itulah doa memakai dan melepas baju, doa pakai baju dan bercermin, sunnah, ihram, latin, doa mengenakan hijab, jilbab, mukena, sarung, gamis, doa melepas pakaian yang shahih, doa lepas dan pakai baju, doa membuka baju istri, suami, dan sebagainya.

Posting Komentar untuk "Doa Memakai Baju dan Melepas Baju atau Pakaian"