Doa Mensyukuri Nikmat Dari Allah SWT dan Artinya

Doa Mensyukuri Nikmat Dari Allah SWT dan Artinya
Konten []
    Abiabiz.com - Doa bersyukur atas nikmat dari Allah SWT. Setiap apa yang kita terima di dunia ini tidak lepas dari campur tangan Allah SWT, Dialah yang telah merencanakan dan memberi kuasa terhadap apa yang kita terima.

    doa mensyukuri nikmat dari allah swt dan artinya

    Ibarat seorang anak yang minta mainan ke ibunya, kuasa untuk membelikan mainan ada di tangan ibunya. Seperti itulah hubungan antara manusia dan Allah SWT, namun kuasa Allah SWT lebih besar dari itu. Oleh karena itu apabila kita mendapat sesuatu, hendaknya bersyukurlah terlebih dahulu sebelum menikmatinya.

    Bagaimana cara bersyukur kepada Allah SWT? Apakah cukup dengan mengucap kalimat "alhamdulillah" saja?, atau perlu dilakukan dengan cara yang lain? Bagaimana agar rasa syukur kita tersampaikan kepada Allah SWT?

    Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah sebenarnya kita cukup mengucap "alhamdulillah" untuk bersyukur, namun bila ingin mengekspresikannya secara lebih, kita bisa bersyukur dengan mengucap doa yang lebih panjang dan lengkap.

    Baca: Doa Masuk Pasar Untuk Menghindari Keburukan

    Diambil dari berbagai hadits yang shahih, berikut ini ada beberapa doa yang bisa dibaca ketika ingin bersyukur atas pemberian dari Yang Maha Kuasa. Silahkan baca dan amalkan doa berikut untuk berterimakasih kepada-Nya.

    Doa Mensyukuri Nikmat Dari Allah SWT

    doa mensykuri nikmat

    Dalam doa berikut ini kita memohon kepada Allah SWT supaya tetap memberikan ilham kepada kita agar kita bisa senantiasa bersyukur kepada-Nya tanpa lupa sedikitpun. Kita juga memohon anugerah untuk melaksanakan amalan sholeh sepanjang waktu.

    Berikut adalah lafadz bacaan doa untuk bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita lengkap dengan bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan Indonesia yang benar.

    رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

    Robbi auzi’nii an asykuro ni’matakalattii an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala soolihan tardhoohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibadikash soolihiin.

    Artinya:
    "Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh"

    Doa Mensyukuri Nikmat dan Artinya

    Selain doa singkat dan ringkas di atas, ada pula doa lainnya yang bisa diamalkan ketika ingin mensyukuri nikmat dari Allah SWT, silahkan baca doa berikut ini tentunya dalam keadaan suci dari hadats dan najis.

    Makna atau inti dari doa ini ialah bersyukur terhadap berkat dan rahmat yang diberikan Allah Ta'ala kepada kita, kepada ayah, ibu, orangtua, adik, kakak, serta seluruh orang yang kita kenal di dunia ini agar apa yang telah diberikan-Nya dapat menjadi amal sholeh bagi kita.

    وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

    Wa waṣṣainal-insāna biwālidaihi iḥsānā, ḥamalat-hu ummuhụ kurhaw wa waḍa’at-hu kurhā, wa ḥamluhụ wa fiṣāluhụ ṡalāṡụna syahrā, ḥattā iżā balaga asyuddahụ wa balaga arba’īna sanatang qāla rabbi auzi’nī an asykura ni’matakallatī an’amta ‘alayya wa ‘alā wālidayya wa an a’mala ṣāliḥan tarḍāhu wa aṣliḥ lī fī żurriyyatī, innī tubtu ilaika wa innī minal-muslimīn.

    Artinya:
    "Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri."

    Kesimpulan

    Itu dia doa mensyukuri nikmat dari allah swt, bacaan doa mensyukuri nikmat dan terjemahannya, islam, bersyukur atas nikmat, ucapan syukur bahasa arab, doa Nabi Sulaiman agar terus bersukur atas nikmat, doa mensyukuri berkah yang diberikan Allah SWT kepada kita.

    Baca:

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>