Doa Ketika Berjalan Menuju Masjid Jalan Kaki atau Berkendara

Doa Ketika Berjalan Menuju Masjid Jalan Kaki atau Berkendara
Konten []
    Abiabiz.com - Doa saat berjalan kaki menuju masjid. Apabila kita hendak menuju masjid, kita dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu, tujuan dari doa ini adalah untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT selama jalan ke masjid atau mushola.

    bacaan doa ketika berjalan menuju masjid jalan kaki atau berkendara

    Ada sebuah doa yang bisa diamalkan ketika ingin berangkat menuju masjid untuk menunaikan sholat berjamaah, baik sholat wajib maupun sholat jumat bagi laki-laki, atau sholat idul fitri dan idul adha pada hari raya untuk laki-laki dan perempuan.

    Doa ini disebut-sebut memiliki banyak keutamaan dan manfaat, salah satunya adalah apabila membacanya ketika sedang berjalan kaki menuju masjid, maka 70.000 malaikat akan turun ke bumi untuk mengiringi kita.

    Selain itu, doa berangkat ke masjid pendek ini juga dapat membuat hati dan pikiran kita lebih bercahaya, maksudnya adalah Allah SWT akan membukakan pintu hati serta diluaskan pikiran kita dengan kuasa-Nya.

    Baca: Doa Ketika Bepergian Jauh

    Langsung saja, berikut ini adalah bacaan lafadz doa saat berjalan menuju masjid dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap singkat sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih.

    Doa Ketika Berjalan ke Masjid

    doa berangkat menuju masjid

    Bacalah doa pendek dan ringkas berikut ini ketika baru keluar rumah dan berniat untuk berangkat atau pergi ke masjid. Namun apabila lupa mengucapkannya saat masih berada di depan rumah, kita juga bisa membacanya saat sedang berjalan ke masjid, yang penting belum mencapai masjid.

    Makna dari doa ini adalah kita meminta kepada Allah SWT agar diberi hati yang cerah seterang cahaya, lisan yang dilancarkan, pendengaran yang ditajamkan dan meminta cahaya berkah yang bersinar di sekeliling tubuh kita.

    اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ فِىْ قَلْبِى نُوْرًا وَفِى لِسَانِىْ نُوْرًا وَفِىْ بَصَرِىْ نُوْرًا وَفِىْ سَمْعِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَسَارِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَمِيْنِىْ نُوْرًا وَفَوْقِىْ نُوْرًا وَتَحْتِىْ نُوْرًا وَاَمَامِىْ نُوْرًا وَخَلْفِىْ نُوْرًا وَاجْعَلْ لِّىْ نُوْرًا

    Alloohummaj’al fii qolbhii nuuroon wa fii lisaanii nuuroon wa fii bashorii nuuroon wa fii sam’ii nuuroon wa’an yamiinii nuuroon wa’an yasaarii nuuroon wa fauqii nuuroo wa tahtii nuuroo wa amaamii nuuroon wa khofii nuuroon waj’al lii nuuroon.

    Artinya:
    "Ya Allah, jadikanlah dihatiku cahaya, pada lisanku cahaya dipandanganku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya."

    Adab Berjalan Menuju Masjid

    Ada beberapa adab ketika seseorang pergi menuju masjid, khususnya bagi umat Islam yang memiliki tujuan untuk beribadah sholat berjamaah. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebagai adab menuju masjid.
    • Pertama, bacalah doa yang telah disebutkan di atas.
    • Kedua, jangan terburu-buru untuk sampai ke masjid, pelan-pelan saja.
    • Ajaklah orang yang kita temui di jalan untuk sama-sama berangkat menuju masjid.
    • Tersenyum atau bicaralah ketika bertemu orang lain (non-musim) di jalan.
    • Ketika sampai, berwudhulah terlebih dahulu.
    • Kemudian masuklah ke masjid dengan kaki kanan terlebih dahulu.

    Kesimpulan

    Itulah bacan doa berjalan menuju masjid, amalan ketika datang panggilan sholat berjamaah, doa perjalanan ke masjid, dzikir dan wirid menuju ke masjid, doa ketika jalan kaki menuju ke masjid, doa berjalan dan naik kendaraan ke masjid atau mushola.

    Baca:

    1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
    2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
    3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
    4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
    5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
    6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
    7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
    8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>