Doa Agar Lingkungan Aman Tentram dan Sejahtera

Doa Agar Lingkungan Aman Tentram dan Sejahtera
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa agar lingkungan aman. Di mana pun di dunia ini, kita harus selalu waspada dan hati-hati karena kejahatan dapat muncul di mana saja dan kapan saja. Terutama ketika tinggal di sebuah lingkungan yang padat penduduk.

doa agar lingkungan aman tentram sejahtera

Kita harus memperhatikan keamanan, ketentraman dan kesejahteraan lingkungan tersebut sebelum tempat itu kita tinggali. Dan ingatlah bahwa segala apa yang terjadi di dunia ini merupakan keputusan dari rencana Allah SWT yang disebut takdir.

Namun ada takdir yang dapat diubah, yakni takdir keamanan lingkungan. Bisa saja lingkungan yang saat ini kita anggap damai suatu saat menjadi lingkungan yang penuh pertikaian, kekerasaan, dan bahkan tidak aman dan nyaman lagi untuk ditinggali.

Dan bisa saja, lingkungan yang tadinya tidak enak untuk ditempati berubah menjadi lingkungan yang sejuk, sehat, serta nyaman untuk ditinggali dan menjadi tempat pulang. Maka dari itu, teruslah berdoa kepada Allah SWT sebagai Dzat pemegang keputusan untuk memohon keamanan dan keselamatan lingkungan.

Di bawah ini, kami memiliki beberapa kumpulan doa sehari hari yang dapat diucapkan, diamalkan, dan dijadikan wirid atau dzikir untuk meminta supaya lingkungan mnejadi aman, agar tetap tentram sejahtera dan bahagia silahkan disimak.

Doa Agar Lingkungan Aman

doa agar lingkungan aman

Lingkungan yang aman maksudnya adalah lingkungan yang bebas dari tindak kejahatan. Bebas dari orang-orang yang bermaksud buruk terhadap harta dan kekayaan kita. Ada beberapa komplek perumahan yang dijaga security dan dipasangi CCTV.

Lingkungan aman membuat hati kita tenang, terutama ketika ditinggalkan jauh dalam jangka waktu yang lama. Seperti contohnya ketika ditinggal pulang kampung, pergi liburan, ibadah umroh, atau haji yang memakan waktu lama.

Namun tetap, keamanan lingkungan yang utama ada di tangan Allah SWT. Maka selalulah amalkan doa, wirid, atau dzikir memohon supaya lingkungan aman dan baik. Di bawah ini merupakan doa agar lingkungan aman dalam bahasa Arab, latin dan artinya yang pendek, singkat, ringkas.

رَبَّنَا أَخْرِجْنَا مِنْ هَٰذِهِ الْقَرْيَةِ الظَّالِمِ أَهْلُهَا وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ نَصِيرًا

Robbanaa akhrijnaa min haadzihil qoryatidz dzoolimi ahluhaa waj’al lanaa min ladunka waliyyan waj’al lanaa min ladunka nashiiroo.

Artinya:
"Ya Allah, keluarkanlah kami dari tempat ini yang zholim penduduknya ini, dan berilah kami pelindung dari sisi‐Mu serta berilah kami penolong dari Mu."

Doa Agar Lingkungan Tentram

Lingkungan yang tentram maksudnya adalah lingkungan yang terdiri dari orang-orang yang baik, pengertian, ramah, serta mudah bergaul. Tentu kita berharap memiliki banyak tetangga yang baik dan suka menolong.

Di bawah ini ada doa supaya lingkungan tentram, damai, bebas dari keributan ditulis menggunakan bahasa Arab, latin dan terjemahannya atau arti dalam bahasa Indonesia sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih.

Makna dari doa ini ialah memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala hal yang menyedihkan dan menyusahkan, termasuk hal-hal yang membuat takut dan menimbulkan kesan penindasan terhadap orang lain. Silahkan simak doa di bawah ini.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Allaahumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazani wal ‘ajli wal kasal, wal bukhli wal jubni wa dhola’iddaini wa gholabatir rijaal

Artinya:
"Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang."

Doa Agar Lingkungan Sejahtera

Kesejahteraan lingkungan dapat diciptakan oleh kerukunan bertetangga antar orang yang tinggal pada satu wilayah. Lingkungan yang sejahtera maksudnya adalah lingkungan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup penghuni-penghuninya.

Kebutuhan yang dimaksud meliputi kebutuhan primer seperti makanan dan minuman. Selain itu, lingkungan yang sejahtera merupakan lingkungan yang bebas dari kebathilan dan menimbulkan rasa tenang, bukannya rasa takut dan khawatir.

Meski kesejahteraan lingkungan dapat kita ciptakan sendiri, namun tentu saja Allah SWT lebih mengetahui apa yang tidak kita prediksikan. Maka dari itu, selalu amalkanlah doa memohon lingkungan yang sejahtera contohnya dengan doa lafadz di bawah ini.

اَللّهُمَّ إِنِّيْ اَسْأَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ كُلِّهِ عاَجِلِهِ وَ أجِلِهِ ماَ عَلِمْتَ مِنْهُ وَ ماَ لَمْ أَعْلَمْ وَ أَعُوْذُبِكَ مِنَ الشَّرِّ كُلِّهِ عاَجِلِهِ وَ أجِلِهِ ماَ عَلِمْتَ مِنْهُ وَ ماَ لَمْ أَعْلَمْ

Allâhumma innî as-aluka minal khairi kullihi ‘âjilihî wa âjilihî mâ ‘alimta minhu wa mâ lam a’lam wa a’ûdzu bika minasy-syarri kullihî ‘âjilihî wa âjilihî mâ ‘alimta minhu wa mâ lam a’lam.

Artinya:
"Ya Allah, hamba mohon kepada Engkau semua kebaikan yang segera tiba atau terlambat yang hamba tahu atau tidak tahu, dan hamba berlindung kepada Engkau dari semua kejahatan yang segera tiba atau yang terlambat yang hamba tahu atau tidak tahu."

Kesimpulan
Sekian penjelasan tentang doa agar lingkungan aman, doa bayi menangis tengah malam agar tidak rewel, doa agar lingkungan tempat tinggal komplek perumahan cluster selalu aman dan tentram, doa agar anak tidak rewel dan sebagainya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>