Doa Dijauhkan Dari Sifat Iri Dendam dan Dengki

Doa Dijauhkan Dari Sifat Iri Dendam dan Dengki
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa dijauhkan dari sifat iri. Kita tahu bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Tidak ada manusia yang hanya memiliki sifat baik. Pasti ada-ada saja sikap atau sifat buruk yang dimiliki manusia.

doa dijauhkan dari sifat iri dengki dendam

Bahkan Nabi Muhammad SAW pun demikian. Menurut kisah, karena saking baiknya Rasulullah SAW sangat memanjakan anak cucunya. Ada satu peristiwa di mana cucunya meminta segala yang diinginkan dan selalu dituruti oleh Sang Rasul.

Hal tersebut diketahui anaknya dan anak Nabi menegur ayahnya atau kakek dari anaknya. Beliau menegur Nabi agar tidak terlalu memanjakan anak kecil agar nanti ketika dewasa, anak tersebut dapat lebih bertanggung jawab dan tidak minta yang neka-neko.

Salah satu sifat buruk yang dimiliki manusia adalah hasad. Jika diterjemahkan maka hasad dapat disebut juga dengan sifat iri, dengki, atau dendam kepada seseorang. Biasanya sifat ini muncul ketika melihat orang lain sukses atau bahagia.

Allah SWT tidak menyukai orang yang bersikap demikian. Namun begitu, pasti ada manusia yang memiliki sikap tersebut. Bagi yang merasa mudah iri, dengki bahkan memiliki dendam kepada orang lain, cobalah baca salah satu doa di bawah ini untuk menghindarinya agar dijauhkan.

Doa Dijauhkan Dari Sifat Iri

doa dijauhkan dari sifat iri

Di bawah ini merupakan teks kalimat doa untuk memohon agar dijauhkan dari sifat iri. Sifat iri merupakan salah satu sifat tidak terpuji. Contohnya ketika melihat orang lain sukses, kita tidak senang melihatnya dan berharap kita pun mencapai hal serupa.

Sifat iri merupakan salah satu perbuatan dosa. Maka dalam doa ini makna yang terkandung di dalamnnya ialah meminta maaf kepada Allah SWT atas dosa yang kita perbuat dan memohon kepada-Nya agar jangan membiarkan iri hati merasuki jiwa orang yang beriman.

Langsung saja berikut adalah teks lafadz doa mohon dijaukan dari sifat iri dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap sesuai sunnah berdasarkan hadits yang shahih.

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ

Robbanagh firlanaa wa li ikhwaninaladziinaa sabaquuna bil iimaan wa laa taj’al fii qulubiinaa ghillan lil ladinaa aamanu robbanaa rouufur roohiim.

Artinya:
"Ya Allah, ampunilah dosa‐dosa kami dan dosa‐dosa saudara kami yang telah mendahului kami dengan membawa iman, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang‐orang yang beriman. Ya Allah, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang."

Doa Dijauhkan Dari Sifat Dengki

Selain doa di atas, ada pula alternatif lafadz doa yang bisa dijadikan amalan dan wirid untuk menjahkan diri dari segala sifat dengki yang tak terpuji. Dengki sendiri merupakan sifat di mana kita tidak suka melihat kebahagiaan orang lain dan bermaksud menghancurkannya.

Faedah dan fadhilah dari doa ini adalah memohon kepada Allah SWT agar menjaga kita dari segala fitnah dan hasutan syaitan. Termasuk melindungi kita dari segala hal-hal buruk yang mungkin merasuki hati dan jiwa kita sebagai manusia yang lemah.

Doa ini dapat diamalkan kapan saja, baik pada saat pagi hari, setelah sholat, sesudah membaca Al-Quran, dan sebagainya. Apabila mengamalkannya secara istiqomah, insyaallah hal-hal baik akan mengelilingi kita.

اَللَّهُمَّ اعْصِمْنَا مِنْ شَرِّ اْلفِتَنِ، وَعَافِنَا مِنْ جَمِيْعِ اْلبَلَايَا وَاْلمِحَنِ، وَأَصْلِحْ مِنَّا مَا ظَهَرَ وَمَا بَطَنَ، وَنَقِّ قُلُوْبَنَا مِنَ اْلغِلِّ وَاْلحِقْدِ وَاْلحَسَدِ، وَلاَ تَجْعَلْ عَلَيْنَا تَبِعَةً لَأَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ يَا اَرْحَمَ اْلرَّاحِمِيْنَ.

Allahumma’shimna min syarril fitani wa ‘afina min jami’il balaya wal mihani wa ashlih minna ma dzaharo wama bathona wa naqqi qulubana minal ghilli wal hiqdi wal hasadi wala taj’al ‘alaina tabi’atan li ahadin min kholqika ya arhamar rohimin.

Artinya:
"Ya Allah, jagalah kami dari kejahatan segala fitnah, selamatkanlah kami dari segala bencana dan cobaan, perbaikilah dari kami apa yang lahir dan yang batin, bersihkanlah hati kami dari iri serta dengki. Dan jangan jadikan kami  pengikut salah satu dari makhluk-Mu, wahai Zat yang Paling Penyayang di antara semua penyayang."

Doa Dijauhkan Dari Sifat Dendam

Dendam adalah tingkatan yang paling tidak terpuji dalam sifat hasad, lebih buruk dari iri dan dengki. Dendam tidak hanya terjadi ketika melihat orang lain lebih berhasil, melainkan juga perasaan tidak terima ketika kita disakiti.

Sebagai seorang manusia kita harusnya menjadi orang yang pemaaf. Karena pemaaf adalah salah satu sifat terpuji yang paling dicintai Allah SWT. Siapa yang sanggup memaafkan, maka akan menghentikan pertikaian dan perselisihan.

Memang sulit untuk menjadi pemaaf, begitu pula susahnya menjadi orang yang tidak mudah dendam. Di bawah ini, ada salah satu contoh doa yang bisa diamalkan untuk menghindarkan kita dari sifat dendam kepada orang lain. Silahkan disimak.

اللهم طهر قلبي من كل سوء، اللهم طهر قلبي من كل ما يبغضك، اللهم طهر قلبي من كل غلٍ وحقدٍ وحسد، وكبر

Artinya:
"Ya Allah sucikanlah hatiku dari segala kejelekkan, ya Allah sucikanlah hatiku dari apa yang membuatMu Marah."

Kesimpulan
Itu dia doa dijauhkan dari sifat iri dengki dendam, doa untuk orang yang iri kepada kita, doa agar tidak iri hati dengan rezeki orang lain, doa untuk supaya tidak iri hati, doa agar terhindar dari sifat iri, dengki, benci, sombong, dendam, dan sebagainya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>