Doa Keluar Kamar Mandi, WC, Toilet Menurut Sunnah

Doa Keluar Kamar Mandi, WC, Toilet Menurut Sunnah
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa keluar kamar mandi sesuai sunnah. Sebelumnya kita telah membahas mengenai doa masuk kamar mandi yang dibaca pada saat hendak memasuki kamar mandi untuk mandi, berwudhu, buang air, cuci tangan, atau cuci kaki.

doa keluar kamar mandi wc toilet

Setelah urusan di dalam kamar mandi telah selesai, kita pun dianjurkan untuk membaca terlebih dahulu sebelum meninggalkan kamar mandi. Doa ini sangat dianjurkan untuk diamalkan terutama bagi mereka yang ingin memperoleh lebih banyak pahala dari Allah SWT.

Pentingnya membaca doa keluar kamar mandi ini ialah karena kita beranjak dari tempat yang lebih kotor ke tempat yang lebih baik. Untuk menjaga agar hal-hal buruk yang terdapat di dalam kamar mandi, toilet, WC, atau jamban tidak ikut keluar bersama dengan tubuh kita.

Doa ini dibaaca setelah kita selesai melakukan satu hal di kamar mandi, baik mandi hari raya idul fitri dan idul adha, mandi wiladah, mandi sebelum sholat jumat, melaksanakan istinja, dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang penting berkaitan dengan keperluan kebersihan diri.

Bagi yang belum tahu amalan atau wirid keluar kamar mandi, di bawah ini akan kami tuliskan doa yang dapat diamalkan saat meninggalkan kamar mandi, bathroom, toilet, kloset, WC, jamban, sumur, atau semacamnya. Silahkan disimak.

Doa Keluar Kamar Mandi Arab Latin dan Artinya

doa keluar kamar mandi

Doa keluar kamar mandi secara singkat dalam agama Islam ini telah diajarkan sejak kita masih anak-anak, terutama khususnya diajarkan oleh guru saat kita masih PAUD, TK, SD, atau SMP dan guru ngaji ketika mengenyam pendidikan di sekolah maupun saat mengaji.

Dengan mengucap doa ini, kita akan mendapatkan banyak berkah dan pertolongan dari Allah SWT. Kita mohon ampun dengan kesalahan apa yang terjadi saat kita berada di dalam kamar mandi, termasuk memohon untuk menghilangkan kotoran yang terdapat di badan dan jiwa serta pikiran.

Langsung saja berikut adalah bacaan lafadz doa keluar kamar mandi dalam agama Islam untuk muslim dan muslimah laki-laki dan perempuan sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.

Artinya:
"Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan."

Adab Islam Ketika Keluar Dari Kamar Mandi

Sama seperti ketika masuk dan berada di dalam kamar mandi. Ketika keluar kamar mandi pun kita perlu memperhatikan beberapa adab-adab yang dilakukan untuk menjaga agar kamar mandi, toilet, WC, atau jamban tetap jadi tempat yang baik.

Di bawah ini ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika keluar dari kamar mandi. Dapat pula disebut dengan adab, tata krama, sopan santun, budaya, kebiasaan ketika keluar dari kamar mandi menurut Islam.
  • Pertama, membaca doa keluar kamar mandi.
  • Mengawali dengan kaki kanan terlebih dahulu.
  • Tidak menyisakan genangan air dalam kamar mandi.
  • Tidak menyisakan air di dalam bak mandi.
  • Mengembalikan peralatan mandi ke tempat semula, jangan buat kamar mandi berantakan.
  • Keluar kamar mandi dalam keadaan aurat tertutup.

Kesimpulan
Itulah artikel mengenai doa keluar kamar mandi sesuai sunnah dan artinya, doa keluar wc latin dan artinya, doa keluar wc bahasa latin yang shahih muhammadiyah nu, doa keluar toilet umum dan rumah pribadi, serta doa keluar dari jamban.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>