Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Masuk Kamar Mandi, WC, Toilet Dengan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Doa sebelum masuk kamar mandi sesuai sunnah. Kebersihan sebagian dari iman, oleh karena itu kita harus selalu menjaga kebersihan terutama kebersihan tubuh. Caranya ialah dengan mandi minimal dua kali sehari secara rutin.

doa masuk kamar mandi wc toilet

Selain itu, menjaga kebersihan juga dilakukan dengan cara membuang kotoran yang terdapat dalam tubuh, baik buang air besar maupun buang air kecil. Mencuci tangan, kaki, dan menggosok gigi sebelum tidur juga merupakan cara untuk menjaga kebersihan.

Hal-hal tersebut dilakukan di dalam kamar mandi, toilet, WC atau jamban. Tempat tersebut merupakan tempat yang sebenarnya penuh dengan najis dan kotoran di setiap sudut ruangannya. Maka dari itu kita harus rutin membersihkan kamar mandi.

Dalam kepercayaan Islam, sebagai orang yang beriman kita pun meyakini bahwa tempat-tempat seperti kamar mandi, WC, jamban atau toilet merupakan tempat yang sangat disukai oleh syaitan. Mereka senang bersemayam di situ untuk menggoda dan membisikkan hal-hal buruk kepada manusia.

Maka dari itu ketika memasuki kamar mandi kita harus mengawalinya dengan berdoa terlebih dahulu. Baik itu masuk kamar mandi untuk mandi biasa, mandi hari jumat, mandi idul fitri, mandi wiladah, BAB, kencing, istinja, maupun untuk keperluan kebersihan diri lainnya. Silahkan simak doa sebelum masuk ke dalam kamar mandi berikut ini.

Doa Masuk Kamar Mandi Arab Latin dan Artinya

doa masuk kamar mandi

Doa memasuki kamar mandi sedikit berbeda dengan doa keluar kamar mandi. Doa ini kita ucapkan sebelum melangkahkan kaki kiri pertama kali ke dalam kamar mandi. Dapat diucapkan pula ketika berada di depan kamar mandi sebelum membuka pintu, atau setelah pintu dibuka namun belum ada bagian tubuh yang masuk ke dalamnya.

Dalam doa ini, ada banyak sekali makna dan fadhilah yang kita peroleh, mulai dari memohon perlindungan Allah SWT dari segala kemungkinan buruk di dalam kamar mandi, kejahatan yang ditimbulkan oleh bisikan syaitan hingga kotoran yang mungkin menempel di tubuh kita.

Berikut adalah lafadz bacaan doa masuk kamar mandi yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih ditulis menggunakan bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia secara singkat, pendek, dan ringkas.

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Alloohumma Innii A’uudzubka Minal Khubutsi Wal Khobaaitsi.

Artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan dan kotoran."

Adab Masuk Kamar Mandi Dalam Agama Islam

Saat memasuki kamar mandi kita harus menjaga adab, tata krama, dan sopan santun karena bagaimanapun kita percaya bahwa syaitan menyukai tempat tersebut. Maka karena bukan hanya kita yang menggunakan kamar mandi, adab harus dijaga agar yang lain tidak terganggu.

Dalam ajaran dan kebiasaan orang Islam, maka ketika memasuki kamar mandi kita harus memperhatikan beberapa hal berikut. Sebenarnya adab ini juga dapat diterapkan pada kepercayaan lain karena pada dasarnya adab ini adalah untuk menjaga sopan santun. Berikut adalah beberapa adab memasuki kamar mandi dalam Islam.
  • Pertama, membaca doa terlebih dahulu.
  • Masuk ke kamar mandi dengan mendahulukan kaki kiri.
  • Mengunci pintu kamar mandi rapat-rapat.
  • Mengusap sekujur tubuh mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.
  • Bersihkan diri hingga benar-benar bersih, awali dengan doa akan mandi biasa.
  • Tidak mengguyur air dengan kekuatan yang berlebihan sehingga menimbulkan berisik.
  • Tidak bernyanyi di dalam kamar mandi, tidak berteriak kecuali apabila mendesak.

Kesimpulan
Terimakasih telah membaca artikel mengenai doa masuk kamar mandi, vector, oki setiana dewi, doa masuk wc cdr, anak-anak, tuliskan doa masuk ke toilet dan arti, doa sebelum masuk jamban, doa keluar wc latin dan artinya serta sebagainya.

Posting Komentar untuk "Doa Masuk Kamar Mandi, WC, Toilet Dengan Artinya"