Doa Masuk dan Menempati Rumah Baru Lengkap

Doa Masuk dan Menempati Rumah Baru Lengkap
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa masuk rumah baru pindahan. Sebagai manusia kita harus selalu bekerja untuk mencari nafkah. Dan dalam beberapa kasus, pekerjaan bisa saja memaksa kita untuk berpindah-pindah rumah atau tempat tinggal.

doa masuk dan menempati rumah baru

Apalagi bagi PNS, TNI, dan Polri yang harus siap ditempatkan di mana saja. Kadang, setelah bekerja beberapa tahun di satu lokasi, atasan menyuruh kita untuk bekerja di tempat lain (dipindahtugaskan). Maka dari itu tidak heran bila pegawai negeri sering berpindah-pindah hunian.

Saat memasuki atau menempati rumah baru, kita dianjurkan untuk membaca doa, tujuannya ialah agar tempat yang akan kita tinggali dapat menjadi berkah bagi diri kita sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, serta membawa perubahan positif bagi hidup kita terutama agar pekerjaan dan rezeki lancar.

Ada beberapa macam doa yang bisa dijadikan amalan, wirid, atau dzikir masuk rumah baru, dan pada kesempatan yang baik ini kami akan menuliskan doa-doa tersebut dalam bahasa Arab, tulisan latin beserta arti atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

Mari sama-sama belajar mengenai doa saat masuk rumah, amalkan selalu setiap hari, insya Allah malaikat-Nya akan memberikan berkah dan rahmat-Nya kepada kita sehingga hidup kita akan menjadi lebih bahagia. Silahkan disimak.

Doa Masuk Rumah Baru

doa masuk rumah

Bacalah doa pendek, singkat dan ringkas saat memasuki rumah baru untuk pertama kali, untuk mengucap salam kepada penghuni rumah yang tak tampak agar selalu mendapat rahmat dari Allah SWT sebagai hamba-Nya yang sholeh.

Berikut adalah lafadz bacaan doa saat masuk rumah dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang mudah dihafal, yang benar, sesuai sunnah, berdasarkan hadits dan dalil yang shahih.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

Assalaamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihiina.

Artinya:
"Salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang sholeh."

Doa Menempati Rumah Baru

Bacalah doa ini sebagai dzikir atau wirid saat tinggal di rumah yang baru. Bisa disebut juga dengan doa selamatan menempati rumah baru, hunian baru, apartemen baru, kontrakan atau kos-kosan yang baru saja selesai dibangun.

Makna dari doa ini adalah kita memohon kepada Allah SWT agar tempat baru yang akan menjadi rumah kita selalu dilindungi oleh-Nya, dijauhkan dari segala marabahaya, bala, musibah, bencana, dan agar kehidupan kita bersama keluarga di rumah baru tetap bisa selalu harmonis.

اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

Alloohumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa ‘alallohi robbinaa tawakkalnaa.

Artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal."

Kesimpulan
Itu dia lafadz doa masuk rumah baru, amalan menempati rumah baru, doa ketika pindahan, doa selamat pindah rumah baru, teks doa masuk rumah baru, hukum mengadzankan rumah baru, ucapan syukur, dan sebagainya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>