Doa Menghadapi Kesulitan Hidup yang Berat Sesuai Sunnah

Doa Menghadapi Kesulitan Hidup yang Berat Sesuai Sunnah
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa ketika menghadapi kesulitan. Sebelumnya kita telah membahas mengenai doa supaya dimudahkan segala urusan. Memang dalam menjalani hidup selain siap untuk hal yang menyenangkan, juga harus siap untuk hal yang membuat hati dan pikiran tersiksa.

doa menghadapi kesulitan hidup yang berat

Ketika menjalani hidup, pasti akan ada banyak kesulitan yang kita hadapi, mulai dari kesulitan mencari kerja, memahami materi pelajaran, mencari nafkah atau rezeki, hingga kesulitan dalam bidang ekonomi.

Setiap kesulitan yang kita hadapi merupakan cobaan yang diberikan oleh-Nya. Maka dari itu, kita harus percaya bahwa Allah SWT tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan hamba-Nya. Asal terus berusaha dan berdoa, insyaallah masalah hidup akan segera teratasi.

Di bawah ini kami akan memberikan beberapa teks kalimat doa yang dapat dijadikan amalan setelah sholat atau untuk berdzikir memohon kepada Allah kemudahan untuk menghadapi cobaan yang diberikan oleh-Nya kepada kita.

Doa yang dituliskan di sini diambil dan bersumber dari hadits shahih. Langsung saja silahkan simak doa ketika menghadapi kesulitan hidup agar masalah kehidupan yang berat segera teratasi dan cepat selesai sesuai sunnah.

Doa Saat Menghadapi Kesulitan Hidup

doa menghadapi kesulitan

Bacalah doa di bawah ini ketika tengah menghadapi kesulitan yang rumit dan sulit diselesaikan. Dengan mengamalkan wirid atau dzikir ini secara istiqomah, baik ketika pagi hari, sebelum tidur, atau setelah sholat fardhu, insyaallah bantuan dari Allah SWT akan segera datang.

Makna dari doa ini adalah kita meyakini bahwa tidak ada kemudahan kecuali atas bantuan dari Allah SWT. Dan kita juga percaya bahwa Allah Ta'aal adalah tuhan yang memiliki kehendak, termasuk mengubah kesulitan menjadi kemudahan.

Berikut adalah lafadz bacaan doa ketika dilanda kesulitan saat ujian, dalam pekerjaan, ditulis menggunakan bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia singkat, ringkas, dan pendek.

اَللَّهُمَّ لا سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allaahumma Laa Sahla Illaa Maa Ja’altahu Sahlaa Wa Anta Taj’alul Hazna Idza Syi’ta Sahlaa

Artinya:
"Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Dan apabila Engkau berkehendak, Engkau akan menjadikan kesusahan menjadi kemudahan."

Doa Menghadapi Kesulitan yang Berat

Selain doa di atas ada pula doa saat menghadapi kesulitan yang begitu berat. Doa alternatif yang juga terdapat dalam Al-Quran ini merupakan doa yang sangat mustajab agar masalah yang kita hadapi segera rampung.

Keutamaan dan keistimewaan dari doa ini adalah kita memohon agar Allah SWT melapangkan dada ktia, memudahkan segala urusan kita dan melepaskan beban yang sangat berat pada pundak kita. Supaya ketenangan dan kegembiraan kembali datang dalam hidup.

Bacalah doa ini pada saat tengah termenung sendiri, insyaallah semakin sering kita mengamalkannya dengan khusyu', semakin besar pula peluang agar Allah SWT membantu kita menghadapi cobaan yang terlalu berat. Berikut adalah doanya.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisyrahli shadri wa yassirli amri wahlul ‘uqdatam mil lisani yafqahu qauli

Artinya:
"Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka bisa mengerti perkataanku."

Kesimpulan
Itulah penjelasan mengenai doa menghadapi kesulitan keuangan, membayar hutang, ekonomi, kerja, belajar, doa saat kesulitan uang, hidup, mengerjakan soal, doa ketika kesulitan dalam hal apapun, rezeki, doa melewati, menghilangkan kesulitan hidup.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>