Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Menghilangkan Rasa Malas dan Ngantuk Berlebihan

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Doa agar terhindar dari sifat malas. Salah satu sifat dasar manusia adalah malas. Malas merupakan sifat di mana seseorang merasa tidak ingin melakukan apa-apa, seperti hanya ingin rebahan saja di atas kasur sepanjang hari.

doa menghilangkan rasa malas dan ngantuk

Rasa malas ini berbahaya. Allah SWT tidak menyukainya dan ini tentu akan merugikan diri sendiri. Ingarlah bahwa rasa malas dapat menyebabkan hal-hal buruk terjadi kepada kita seperti dipecat dari pekerjaan, tidak lulus sekolah atau kuliah, hingga mudah terserang penyakit.

Sifat malas yang berlebihan merupakan hal yang harus kita hindari. Dan sifat malas yang paling berbahaya ialah sifat malas untuk melaksanakan ibadah baik sholat wajib dan sunnah maupun puasa wajib atau sunnah. Tidak hanya dibenci, seseorang pun akan mendapat dosa jika mengabaikan kewajiban tersebut.

Bagaimana cara menghilangkan rasa malas? Sebenarnya menghindari diri dari sifat malas dapat dilakukan melalui berbagai cara, yang penting hati dan pikiran kita menemukan niat untuk melakukan sesuatu. Apabila niat dan keinginan muncul, maka rasa malas akan hilang dengan sendirinya.

Di bawah ini ada beberapa doa dan amalan yang dapat dibaca apabila rasa malas muncul dalam diri kita. Silahkan simak dan jangan lupa amalkan selalu doa ini, insyaallah Allah SWT akan membantu kita untuk menghindarkan diri dari sifat tidak terpuji tersebut.

Doa Menghilangkan Rasa Malas Berlebihan

doa menghilangkan rasa malas

Di bawah ini merupakan doa untuk menghilangkan sifat malas berlebihan yang muncul dalam diri kita. Doa ini juga dapat disebut sebagai doa untuk membangkitkan semangat fisik dan rohani dalam jiwa kita.

Makna dari doa ini adalah kita memohon perlindungan kepada Allah SWT dari sifat malas, sikap pengecut, lemah, pikun, pelupa, pelit, dan segala hal sifat buruk yang muncul oleh sebab sifat malas yang ada dalam diri kita.

Langsung saja silahkan simak teks bacaan doa lafadz berikut agar sifat malas hilang dari diri kita dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih yang benar dan singkat, pendek, ringkas.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli.

Artinya:
"Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung pkeadaMu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit."

Doa Menghilangkan Rasa Ngantuk

Selain doa di atas, ada pula doa alternatif lain yang dapat dibaca ketika merasa ngantuk saat bekerja, di tengah pelajaran sekolah, maupun ketika berkendara. Doa agar tidak ngantuk ini sebaiknya dibaca ketika kita benar-benar sudah ngantuk dan tidak tahan lagi untuk tidur.

Makna ddan fadhilah ari doa ini ialah kita memohon perlindungan kepada Allah SWT atas keluh kesah dan kesedihan, dukacita, rasa malas, tidak memiliki kemauan, pengecut, pecundang yang menyebabkan ngantuk muncul dalam diri kita.

Langsung saja silahkan simak doa untuk menghilangkan rasa malas dan ngantuk dalam agama Islam yang benar menurut hadits shahih berdasarkan sunnah rasul Nabi Muhammad SAW dalam bahasa Arab latin dan terjemahannya.

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَـمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْـِز وَاْلكَسَلِ .وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُـبْنِ وَالْبُخْـلِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَتِ الدَّيْنِ وَقَـهْرِ الرِّجَالِ

Allohumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazani wa a’uudzubika minal ‘ajzi walkasali, wa a’uudzubika minal jubni wa bukhli, wa a’uudzubika min gholabatid-daini wa qohrirrijaal.

Artinya:
"Ya Allah ya Tuhan kami, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan dukacita, aku berlindung kepada-Mu dari lemah kemauan dan malas, Aku berlindung kepada-Mu daripada sifat pengecut dan kikir, Aku berlindung kepada-Mu daripada tekanan hutang dan kezaliman manusia."

Kesimpulan
Demikian artikel mengenai doa menghilangkan rasa malas dan ngantuk, takut, sholat, dalam islam, bekerja, doa penghilang sifat malas, doa agar tidak malas malasan belajar, doa supaya tidak malas rumi, doa nabi agar tidak malas, dan sebagainya.

Posting Komentar untuk "Doa Menghilangkan Rasa Malas dan Ngantuk Berlebihan"