Niat Sholat Ashar Imam Makmum Sendiri Arab Latin dan Artinya

Niat Sholat Ashar Imam Makmum Sendiri Arab Latin dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Niat sholat ashar laki-laki dan perempuan. Ketika sore hari tiba, waktunya mengerjakan sholat ashar. Pelaksanaannya dimulai sekitar setelah pukul jam 3 yakni ketika matahari mulai terlihat akan terbenam di ujung barat.

Niat Sholat Ashar Imam Makmum Sendiri

Dan untuk mengawali sholat ashar, jangan lupa untuk membaca niat sholat ashar terlebih dahulu. Niat sholat ini berbeda untuk masing-masing seperti imam, makmum, dan sendiri. Perbedaan bacaan niat sholat juga terjadi ketika mengerjakan sholat qashar (memperingkas dari 4 menjadi 2 rakaat).

Maka dari itu, pada kesempatan yang baik kali ini kami akan menuliskan macam-macam niat sholat ashar yang baik dan benar sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya.

Perhatikan pula bahwa sebaik-baiknya sholat adalah apabila dikerjakan secara bersama-sama atau berjamaah. Selain itu, sholat ashar juga akan semakin sempurna apabila kita mengawalinya dengan sholat qabliyah ashar dan melanjutkannya dengan sholat badiyah ashar.

Namun meski demikian, sebagian masyarakat Indonesia tetap memilih menunaikan sholat ashar sendiri karena keterbatasan waktu dan kesibukan kerja atau aktivitas sehari-hari lainnya. Langsung saja, simak penjelasan tentang niat sholat ashar untuk pria dan wanita di bawah ini.

Niat Sholat Ashar Sendiri

niat sholat ashar

Niat sholat ashar ini khusus untuk dibaca ketika menjalankan ibadah sholat ashar sendiri-sendiri di rumah, kantor, sekolah, mall, pasar, swalayan, toserba, tempat wisata hiburan, liburan dan sebagainya secara lengkap.

Bacalah lafadz bacaan doa singkat, pendek, ringkas untuk mengawali sholat ashar sebagai salah satu sholat wajib yang diperintahkan oleh Allah SWT agar kita menunaikannya. Berikut adalah bacaan doa niat sholat ashar bahasa Arab, latin dan artinya.

اُصَلِّى فَرْضَ الْعَصْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Ushalli fardhol 'ashri arba'a raka'aatim mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala

Artinya:
"Aku berniat shalat fardhu 'Ashar empat raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

Niat Sholat Ashar Untuk Imam Berjamaah

Berbeda halnya ketika kita membaca niat sholat ashar sebagai makmum, maka ada bacaan doa khusus yang dapat dilafadzkan untuk memimpin jamaah-jamaah sholat yang berbaris di belakang dalam bentuk shaff sholat.

Sebagai informasi tambahan, niat sholat ashar dibaca dengan suara yang pelan dari dalam hati. Yang perlu dikeraskan suaranya adalah ketika melakukan pergantian gerakan contohnya seperti gerakan sholat dari niat ke posisi berdiri dengan tangan diletakkan di depan dada. Berikut adalah bacaan niat sholat ashar untuk jamaah sholat.

اُصَلِّى فَرْضَ الْعَصْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli fardhol 'ashri arba'a raka'aatim mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta'aala

Artinya:
"Aku berniat shalat fardhu 'Ashar empat raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala."

Niat Sholat Ashar Untuk Makmum Berjamaah

Lain imam lain pula ashar, seorang yang mengikuti sholat berjamaah maka harus membaca lafadz bacaan doa singkat dan pendek di bawah ini sebagai niat sholat ashar untuk makmum atau berjamaah sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih.

Ada bnayak sekali keutamaan, rahasia, manfaat, khasiat, keunggulan, keistimewaan, dan fadhilah mengerjakan sholat ashar berjamaah. Salah satunya ialah memperoleh pahala yang lebih tinggi dan setiap doanya berpeluang dikabulkan oleh Allah Ta'ala.

اُصَلِّى فَرْضَ الْعَصْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli fardhol 'ashri arba'a raka'aatim mustaqbilal qiblati adaa-an ma'muuman lillaahi ta'aala

Artinya:
"Aku berniat shalat fardhu 'Ashar empat raka'at menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala."

Kesimpulan
Itulah penjelasan tentang niat sholat ashar, berjamaah, sendirian, jamak taqdim, berapa rakaat, qadha, disatukan dengan maghrib, gabung, bersama imam, dan tata cara mengerjakannya, di waktu maghrib, dijama dengan dzuhur, dan sebagainya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>