Niat Tata Cara Sholat Istikharah Sendiri Munfarid

Niat Tata Cara Sholat Istikharah Sendiri Munfarid
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Niat sholat istikharah. Apabila kita sedang bimbang di antara dua pilihan, bingung memilih mana yang benar dan mana yang salah, mana jalan yang lurus dan mana yang keliru, kita bisa memohon kepada Allah SWT melalui sholat istikharah.

sholat istikharah

Sholat istikharah merupakan ibadah sholat sunnah yang dilaksanakan khusus untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT mulai dari petunjuk soal jodoh, permasalahan hidup, keputusan masa depan, serta lain-lainnya.

Barang siapa mengerjakan sholat istikharah secara rutin dan istiqomah, insya Allah, Allah SWT akan memberikan jawaban petunjuk apa yang harus Anda ambil. Selagi belum mendapat petunjuk, teruslah berikhtiar kepada Allah SWT dengan menunaikan salah satu sholat sunnah yang mulia ini.

Bagi yang ingin mengerjakan sholat istikharah namun tidak tahu bacaan niat serta tata cara melaksanakannya, pada artikel ini kami akan menjelaskannya secara detail dan lengkap. mulai dari bacaan niat hingga tata cara mengerjakannya.

Artikel ini, terkhusus ditujukan kepada anak-anak dan mualaf yang baru belajar sholat-sholat sunnah. Bagi sebagian muslim lain pun boleh menjadikan artikel ini sebagai referensi belajar anak-anak. Silahkan simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Niat Sholat Istikharah

niat sholat istikharah

Sholat istikharah dilaksanakan sendiri-sendiri, tidak secara berjamaah sebagai imam atau makmum. Maka dari itu, pembacaan niatnya pun hanya dilakukan sebagai diri sendiri atau munfarid (mengerjakan sholat sendirian di rumah, masjid, atau mushola).

Niat sholat harus dibaca dengan sungguh-sungguh agar Allah SWT menerima pahala ibadah sholat kita. Selain itu, sholat istikharah dilaksanakan setiap dua rakaat salam, tidak 4 rakaat maka dalam membaca niat, lafadznya adalah rok'ataini.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan mengenai teks lafadz bacaan doa niatsholat istikharah yang benar sesuai sunnah menurut hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Sholat Istikharah

Sholat istikharah dikerjakan secara sendiri-sendiri atau munfarid di dalam rumah. Sholat istikharah merupakan ibadah sholat yang dikerjakan pada malam hari, dan lebih baik dilaksanakan setelah sholat isya hingga sebelum tidur.

Sholat istikarah dikerjakan sebanyak dua rakaat, namun Anda boleh memperbanyak jumlah rakaatnya dalam kelipatan dua. Namun tetap mengerjakannya dengan cara dua rakaat salam. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan tuntunan sholat istikharah di bawah ini.
  • Membaca bacaan niat sholat istikharah.
  • Membaca bacaan takbiratul ikhram.
  • Membaca bacaan doa iftitah.
  • Membaca surat Al-Fatihah lengkap.
  • Membaca satu surat pendek yang ada di dalam Al-Quran.
  • Melaksanakan ruku' sambil membaca doa pendek.
  • Melaksanakan i'tidal sambil membaca doa pendek.
  • Sujud sebanyak dua kali diselingi dengan duduk iftirasy.
  • Membaca tahiyatul awal pada rakaat kedua dan terakhir serta membaca tahiyatul akhir pada rakaat terakhir.
  • Mengucap dua kali salam.
  • Selesai.

Masing-masing gerakan sholat memiliki lafadz dan bacaan yang berbeda mulai dari bacaan ruku', i'tidal dan sebagainya. Semuanya telah kami bahas secara lengkap dalam artikel bacaan doa sholat.

Kesimpulan
Itulah penjelasan tentang niat sholat istikharah, untuk memilih jodoh terbaik, dan tata caranya, cara melaksanakannya, niat shalat istikharah jodoh, waktu shalat istikharah mohon petunjuk, shalat istikharah jodoh terbaik, jawaban shalat istikharah jodoh, shalat istikharah adalah, waktu pelaksanaan shalat istikharah dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>