Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Sholat Isya Imam Makmum Sendiri Arab Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Niat sholat isya laki-laki dan perempuan. Baik untuk pria dan wanita, tidak ada perbedaan dalam membaca niat sholat isya, bacaan niatnya sama. Yang membedakan adalah apakah sholat dikerjakan sebagai imam, makmum, atau munfarid.

Niat Sholat Isya Imam Makmum Sendiri

Sholat isya sendiri merupakan salah satu ibadah sholat wajib yang waktu pelaksanaannya pada malam hari setelah jam 7 malam. Sholat isya merupakan sholat terakhir yang dilakukan pada satu hari, merupakan sholat pamungkas yang ditunaikan sebelum tidur di malam hari.

Karena waktu pelaksanaannya pada malam hari, tidak heran bila sholat ini disebut sebagai sholat malam. Untuk menunaikannya kita harus berada dalam keadaan suci dari hadats besar (melalui mandi wajib) dan hadats kecil melalui doa wudhu.

Sholat isya dikerjakan sebanyak 4 rakaat kecuali kalau mengerjakan secara qashar untuk mempersingkat sholat maka isya hanya dikerjakan sebanyak 2 rakaat saja. Karena jumlah rakaatnya ada 4, maka dalam niat kita membaca "arba'a raka'atin."

Di bawah ini kami akan menuliskan lafadz bacaan niat sholat isya yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih untuk laki-laki, perempuan, anak-anak, remaja, orang dewasa, orang tua, imam, jamaah, makmum, atau sendiri dan munfarid. Silahkan disimak.

Niat Sholat Isya Sendiri

niat sholat isya

Apabila mengerjakan sholat isya sendirian di rumah, tanpa jamaah maka harus membaca niat sholat isya sesuai dengan yang tertulis di bawah ini. Di bawah ini adalah niat sholat isya dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya.

Apabila mengerjakan sholat isya sendirian, maka tidak perlu memperbesar suara ketika melafadzkan surat Al-Fatihah. Cukup dibaca pelan dari dalam hati selebihnya soal gerakan dan tata cara sholat sama seperti sholat pada umumnya.

أُصَلِّىْ فَرْضَ الْعِشَاءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْكِبْلَةِ اَدَاءًلِلهِ تَعَا لَى

Ushallii fardhal isyaa'i arba'a raka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahita'aalaa

Artinya:
"Aku berniat salat fardu Isya empat rakaat, menghadap kiblat karena Allah ta'ala."

Niat Sholat Isya Untuk Imam Berjamaah

Ketika menjadi seorang imam, maka bacalah bacaan niat sholat dengan lafadz yang sedikit kencang agar makmum yang berbaris di belakang ikut mendegar kemudian menirukan dalam hati setelah imam selesai membacakan niat sholatnya.

Di bawah ini merupakan lafadz bacaan doa niat sholat isya untuk imam dalam sholat berjamaah di masjid sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih yang benar ditulis menggunakan bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

أُصَلِّىْ فَرْضَ الْعِشَاءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْكِبْلَةِ اِمَامًا لِلهِ تَعَا لَى

Ushallii fardhal isyaa'i arba'a raka'aatin mustaqbilal qiblati imaaman lillaahita'aalaa

Artinya:
"Aku berniat salat fardu Isya empat rakaat, menghadap kiblat menjadi imam karena Allah ta'ala."

Niat Sholat Isya Untuk Makmum Berjamaah

Sebagai seorang makmum, kita baru boleh membaca niat setelah imam melafadzkan takbiratul ikhram yang berbunyi "allah akbar" kemudian melipat tangannya ke arah depan dan mulai membaca bacaan doa iftitah.

Berbeda degan imam yang membaca lafadz niat sholat isya dengan suara yang keras, untuk membaca niat sholat isya sebagai makmum atau jamaah sholat maka cukup dibaca pelan dalam hati saja. Silahkan simak bacaan niat sohlat isya untuk makmum ketika sholat berjamaah di bawah ini.

أُصَلِّىْ فَرْضَ الْعِشَاءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْكِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَا لَى

Ushallii fardhal isyaa'i arba'a raka'aatin mustaqbilal qiblati ma'muuman lillaahita'aalaa.

Artinya:
Aku berniat salat fardu Isya empat rakaat, menghadap kiblat mengikuti imam karena Allah ta'ala."

Kesimpulan
Demikianlah penjelasan tentang niat sholat isya, berjamaah di masjid, sendiri, jamak takhir, ditarik ke maghrib, di waktu maghrib, sendirian, dari awal sampai akhir, niat sholat maghrib dan isya digabung, dan tata cara mengerjakannya.

Posting Komentar untuk "Niat Sholat Isya Imam Makmum Sendiri Arab Latin dan Artinya"