Niat Sholat Subuh Imam Makmum Sendiri Arab Latin dan Artinya

Niat Sholat Subuh Imam Makmum Sendiri Arab Latin dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Niat sholat subuh laki-laki dan perempuan. Salah satu sholat wajib yang paling utama adalah subuh. Tanpa menghiraukan keutamaan sholat yang lain, subuh dianggap sebagai sholat yang memiliki pahala paling tinggi apabila ditunaikan.

Niat Sholat Subuh Imam Makmum Sendiri

Untuk mengawalinya, seorang muslim atau muslimah harus membaca niat sholat subuh. Jumlah rakaat sholat subuh ada dua maka dalam bacaan niatnya kita mengucapkan "rak'ataini". Tidak ada perbedaan bacaan niat sholat subuh untuk laki-laki dan perempuan.

Begitupun untuk anak-anak hingga orang dewasa, bacaan niat sholat subuhnya disamakan. Namun beda halnya bila kita melaksanakan sholat berjamaah di masjid, niatnya pun dibaca berbeda dibanding dengan niat sholat subuh sendiri.

Sholat subuh dianggap sangat mulia karena sholat ini dikerjakan pada waktu dinihari ketika banyak orang masih tertidur lelap. Bahkan, ada doa khusus untuk mengawalinya yakni wirid sebelum sholat subuh yang dapat kita baca untuk menyambut sholat yang mulia ini.

Di bawah ini, kami akan menuliskan lafadz bacaan niat sholat subuh sendiri maupun berjamaah baik sebagai imam atau makmum (jemaah) secara lengkap, yang benar dan sesuai sunnah. Langsung saja simak teks niat sholat subuh di bawah ini.

Niat Sholat Subuh Sendiri

niat sholat subuh

Yang pertama adalah bacaan doa niat sholat subuh untuk diri sendiri, disebut juga dengnan munfarid atau artinya sholat yang dikerjakan sendiri-sendiri. Meskipun apabila kita menunaikan secara berjamaah maka kita akan memperoleh lebih banyak pahala.

Langsung saja tanpa basa basi silahkan simak bacaan lafadz doa niat sholat subuh yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih yang benar ditulis menggunakan bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

اُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Ushalli fardhosh shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala

Artinya:
"Aku berniat salat fardu Subuh dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

Niat Sholat Subuh Untuk Imam Berjamaah

Apabila diprecaya untuk memimpin sholat subuh, maka terdapat bacaan niat yang berbeda yang harus diucapkan. Niat ini dibaca pada saat hendak memulai sholat subuh berjamaah di masjid atau mushola.

Sebagai pemimpin pada sholat yang sangat mulia ini, tentu kita akan mendapat lebih banyak pahala dan  keutamaan. Namun jangan sampai kehilangan fokus, tetaplah sholat dengan khusyu' dengan mengawalinya menggunakan doa niat di bawah ini.

اُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli fardhosh shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta'aala

Artinya:
"Aku berniat salat fardu Subuh dua rakaat menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala."

Niat Sholat Subuh Untuk Makmum Berjamaah

Terakhir adalah bacaan niat sholat subuh untuk makmum atau jamaah sholat. Lafadz niat ini boleh dibaca ketika imam telah selesai membacakan niat terlebih dahulu dan tangannya telah dilipat ke bagian depan dada.

Niat sholat subuh sebagai makmum dibaca dengan pelan hanya dari dalam hati saja. Termasuk bacaan takbiratul ikhram "allahu akbar" sebagai pergantian gerakan dari tangan diluruskan ke bawah hingga tangan dilipat ke dada juga harus dibaca dengan pelan.

اُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli fardhosh shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma'muuman lillaahi ta'aala

Artinya:
"Aku berniat salat fardu Subuh dua rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala."

Kesimpulan
Sekian artikel tentang niat sholat subuh, telat, nu, muhammadiyah, cara sholat subuh tanpa qunut, bacaan sholat dan gambarnya, niat sholat subuh kesiangan, lengkap, kodo, qadha, sampai isya latin, qabliyah dan badiyah lengkap.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>