Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat dan Waktu Sholat Tahajud Sesuai Sunnah

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Bacaan niat sholat tahajud. Jangan pernah menyerah ketika mendapat masalah, jangan pernah bimbang ketika dihadapkan antara dua pilihan, dan jangan pernah takut ketika menghadapi tantangan, karena Allah SWT akan selalu bersama kita.

sholat tahajud

Beribadahlah kepada-Nya untuk memohon pertolongan dan perlindungan melalui sholat wajib. Jangan lupa lakasanakanlah sholat sunnah untuk menambah pahala dan memperoleh lebih banyak ridha dari Allah SWT salah satunya adalah sholat tahajud.

Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan sedikit pegertian tentang sholat tahajud. Selain itu kami juga akan menjelaskan kapan seorang muslim atau muslimah bisa mengerjakan sholat yang mulia ini. Namun sebelum itu, mari kita simak terlebih dahulu apa itu sholat tahajud.

Pengertian Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari yang dilaksanakan untuk memohon secara khusus kepada Allah SWT agar permohonan atau permintaannya dikabulkan oleh Allah Ta'ala.

Sholat tahajud menjadi salah satu sholat sunnah yang paling utama tanpa mengesampingkan keistimewaan sholat sunnah lain. Rasulullah SAW bahkan sangat rajin mengerjakan sholat yang dilaksanakan pada malam hari.

Membaca doa setelah sholat tahajud dapat meningkatkan peluang doa kita dikabulkan. Karena ditunaikan pada malam hari ketika suasana tengah sunyi, kita bisa lebih fokus berdoa selepas sholat tahajud selesai.

Waktu Sholat Tahajud

Sholat tahajud dilaksanakan pada malam hari, tepatnya setelah selesai sholat isya. Ada tiga waktu utama untuk mengerjakan sholat tahajud, yaitu sepertiga malam pertama, kedua, dan terakhir. Berikut ulasannya masing-masing.

1. Sepertiga Malam Pertama

Sholat tahajud pada sepertiga malam pertama dilaksanakan mulai setelah sholat isya sampai sekitar pukul 10 malam ketika orang-orang mulai tengah tertidur. Namun dalam mengerjakan sholat ini, seseorang harus tidur terlebih dahulu dan kemudian bangun baru melaksanakan tahajud.

2. Sepertiga Malam Kedua

Sepertiga malam kedua berlangsung pada waktu pukul 10 malam hingga pukul 1 pagi. Ini adalah waktu yang paling mustajab untuk menjalankan ibadah sholat tahajud. Pada waktu ini, kebanyakan orang akan tertidur sehingga suasana di malam hari akan lebih sunyi sehingga bisa lebih khusyu untuk beribadah.

3. Sepertiga Malam Terakhir

Yang terakhir adalah sepertiga malam terakhir yakni berlangsung antara pukul 1 malam hingga waktu sholat subuh tiba. Alangkah baiknya ketika melaksanakan tahajud pada sepertiga malam terakhir, dilanjutkan dengan melafadzkan wirid sebelum sholat subuh.

Niat Sholat Tahajud Sesuai Sunnah

niat sholat tahajud

Sholat tahajud dapat dilakukan sebanyak 2 rakaat, 4 rakaat, 6 rakaat, 8 rakaat, 10 rakaat, atau 12 rakaat. Masing-masing dikerjakan 2 rakaat salam. Maka dari itu, di dalam membaca niat terdapat kalimat rok'ataini.

Di bawah ini adalah lafadz bacaan doa niat sholat tahajud yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia secara lengkap.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat tahajudi rok’ataini lillahi ta’aalaa.

Artinya:
"Aku niat sholat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Kesimpulan
Demikian penjelasan tentang niat sholat tahajud jam 3 atau setengah 3, dan dzikir, wirid, witir, sebelum tidur, jam berapa, jam 2 malam, berjamaah, sendiri di rumah, tata cara sholat tahajud dan bacaannya sesuai sunnah, manfaat, berapa rakaat dan sebagainya.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat dan Waktu Sholat Tahajud Sesuai Sunnah"