Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid Sendiri Munfarid

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Niat sholat tahiyatul masjid. Umat muslim berbondong-bondong menuju masjid untuk melaksanakan sholat wajib 5 waktu. Namun sebelum masuk ke inti sholat utama, ada amalan yang dapat dikerjakan yakni sholat tahiyatul masjid.

sholat tahiyatul masjid

Sholat tahiyatul masjid dikerjakan ketika pertama kali masuk masjid untuk memohon ridha kepada Allah SWT serta memuliakan masjid sebagai tempat ibadah umat Islam di seluruh dunia. Sholat tahiyatul masjid biasanya dikerjakan sebelum jauh sebelum sholat wajib tiba.

Barang siapa yang menunaikan ibadah sholat tahiyatul masjid, insya Allah akan mendapat ridha dan syafaat dari Allah SWT.  Selain itu, barang siapa mengamalkannya akan mendapat beribu-ribu pahala serta semakin dekat dengan Allah SWT.

Pada kesempatan yang baik ini kami akan menjelaskan informasi terkait sholat tahiyatul masjid yang dikerjakan sendiri, tidak berjamaah sebagai imam atau makmum. Bahasan utama pada kali ini adalah niat sholat dan tata cara mengerjakannya.

Baca: Doa Masuk Masjid Sesuai Sunnah

Artikel ini diperuntukkan bagi siapa saja yang belum mengenal sholat tahiyatul masjid, terutama anak-anak dan mualaf. Dengan adanya artikel ini, mudah-mudahan kita sama-sama diberi kekuatan untuk menjalankan salah satu ibadah sholat sunnah yang mulia ini.

Niat Sholat Tahiyatul Masjid

niat sholat tahiyatul masjid

Sholat tahiyatul masjid dikerjakan sebanyak dua rakaat. Oleh karena itu pada pembacaan niatnya, terdapat lafadz rok'ataini atau dua rakaat. Sholat tahiyatul masjid juga hanya dikerjakan sendiri-sendiri maka dari itu, tidak ada bacaan niat untuk sholat tahiyatul masjid berjamaah sebagai imam atau makmum.

Untuk cara membacanya, karena pelaksanaan sholat sunnah ini munfarid, maka niat dibaca dari dalam hati saja, tidak perlu dibaca dengan suara yang lantang. Selain itu, membaca niat juga harus dilakukan dengan sungguh-sungguh agar ibadah sholat sunnah yang kita jalani benar-benar diterima oleh Allah SWT.

Berikut adalah lafadz bacaan doa niat sholat tahiyatul masjid atau sholat masuk masjid yang benar, sesuai sunnah, berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

اُصَلِّى سُنَّةً تَحِيَّةُ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan tahiyyatul masjidi rok’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Saya niat sholat tahiyyatul masjid dua rakaat karena Allah ta’ala."

Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid

Sholat tahiyatul masjid dapat dilaksanakan sebanyak dua rakaat di dalam masjid secara munfarid atau diri sendiri. Secara umum tata cara melaksankaan sholat tahiyatul masjid sama seperti ibadah sholat sunnah pada umumnya. Sholat ini dilaksanakan setiap pertama kali masuk masjid.

Mulai dari pembacaan niat, takbiratul ikhram, hingga menutup sholat dengan membaca dua kali salam. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tata cara mengerjakan atau menunaikan ibadah sholat tahiyatul masjid yang lengkap:
  • Membaca bacaan niat sholat tahiyatul masjid.
  • Membaca bacaan takbiratul ikhram.
  • Membaca bacaan doa iftitah.
  • Membaca surat Al-Fatihah lengkap.
  • Membaca satu surat pendek yang ada di dalam Al-Quran.
  • Melaksanakan ruku' sambil membaca doa pendek.
  • Melaksanakan i'tidal sambil membaca doa pendek.
  • Sujud sebanyak dua kali diselingi dengan duduk iftirasy.
  • Membaca tahiyatul awal pada rakaat kedua dan terakhir serta membaca tahiyatul akhir pada rakaat terakhir.
  • Mengucap dua kali salam.
  • Selesai.

Untuk bacaan masing-masing gerakan tidak dijelaskan di sini karena kami telah memublikasikannya pada artikel lain. Silahkan baca pada artikel bacaan doa sholat lengkap.

Kesimpulan
Demikian penjelasan tentang niat sholat tahiyatul masjid, shalat tahiyatul masjid sebelum shalat jumat, shalat tahiyatul masjid setelah adzan, keutamaan shalat tahiyatul masjid, rahasia, hikmah, berapa rakaat, keajaiban, keutamaan, manfaat, khasiat, fadhilah, shalat tahiyatul masjid di mushola.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Tata Cara Sholat Tahiyatul Masjid Sendiri Munfarid"