Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Tata Cara Sholat Dhuha Pagi Hari Sendiri

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Niat sholat dhuha. Salah satu ibadah sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW selain ibadah sholat tahajud adalah ibadah sholat dhuha yang dikerjakan pada pagi hari sebelum beraktifitas.

sholat dhuha

Sholat dhuha ini merupakan salah satu sholat yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW karena memiliki berbagai manfaat dan keutamaan diantaranya adalah barang siapa mengerjakannya maka Ia akan memperoleh kenikmatan dan kelancaran segala urusan di dunia.

Selain itu, siapa saja yang rutin secara istiqomah menunaikan ibadah sholat dhuha maka Allah SWT akan memudahkan jalannya menuju kesuksesan karir, kedudukan, dan berbagai macam keutamaan dan keistimewaan lainnya.

Para muslim di dunia berbondong-bondong menyempatkan waktu untuk menunaikan ibadah sholat sunnah yang begitu mulia ini. Nah, apakah Anda juga merupakan salah satu orang yang rutin menunaikan ibadah sholat sunnah ini?

Nah, bagi yang belum tahu mengenai tata cara pelaksanaan sholat dhuha mulai dari pembacaan niat hingga tata cara pelaksanaan, silahkan simak penjelasan di bawah ini kami akan menjelaskan tentang cara menunaikan ibadah sholat sunnah dhuha secara lengkap.

Niat Sholat Dhuha

niat sholat dhuha

Sholat sunnah dhuha dikerjakan masing-masing dengan 2 rakaat salam maka dari itu pembacaan niatnya juga dilakukan dengan 2 rakaat salam. Membaca niat sholat dhuha harus sungguh-sungguh dari hati yang paling dalam agar sholatnya sah.

Selain itu, sholat dhuha dikerjakan secara sendiri-sendiri atau munfarid tidak dikerjakan secara berjamaah atau bersama-sama maka dari itu tidak ada bacaan niat sholat dhuha sebagai imam dan makmum atau jamaah.

Berikut adalah bacaan doa lafadz niat sholat dhuha yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang benar. Niat sholat dhuha pagi hari adalah sebagai berikut.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatad dhuha rak’ataini lillāhi ta’ala.

Artinya:
"Aku menyengaja sembahyang sunnah Dhuha dua rakaat karena Allah SWT."

Tata Cara dan Doa Sholat Dhuha

Sholat dhuha dikerjakan sebanyak 2, 4, 6, 8, 10, atau 12 rakaat. Bagi yang ingin menunaikan lebih banyak bagus, namun yang mengerjakan 2 rakaat pun akan mendapat kemuliaan yang begitu besar dari Allah SWT.

Sholat sunnah dhuha dikerjakan pada waktu dhuha yakni ketika matahari tidak terlalu panas, sekitar pukul 08.00 - 10.00 kalau di Indonesia. Saat itu, matahari sudah naik ke langit namun teriknya belum terasa hingga kulit.

Kemudian untuk pelaksanaan doa dan gerakan sholat dhuha sama seperti sholat-sholat sunnah pada ummunya, yakni dimulai dangan membaca niat hingga membaca salam. Tidak seperti sholat idul fitri yang takbiratul ikhramnya dibaca lebih dari sekali. Berikut adalah cara melaksanakan sholat dhuha.
  • Pertama adalah membaca niat sholat terlebih dahulu.
  • Kemudian bacalah takbiratul ikhram.
  • Diteruskan dengan pembacaan doa iftitah.
  • Kemudian baca surat Al-Fatihah sekali dan satu kali baca surat pendek Al-Quran.
  • Diteruskan dengan ruku' sambil baca doa ruku'.
  • Kemudian dilanjut i'tidal sambil baca doa i'tidal.
  • Lalu dilanjutkan dengan melakukan sujud dan diselingi dengan duduk iftirasy sambil masing-masing membaca doa.
  • Pada rakaat kedua atau rakaat terakhir, setelah sujud dan duduk iftirasy dilanjutkan dengan membaca doa tashyahud awal dan tasyahud akhir.
  • Kemudian sholat diakhiri dengan pembacaan doa salam.

Untuk masing-masing bacaan pada gerakan sholat sama seperti bacaan pada gerakan sholat umumnya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca pada artikel yang telah dipublikasikan sebelumnya yakni doa sholat.

Kesimpulan
Sekian pembahasan mengenai niat sholat dhuha, latin, dan doanya, nu, berjamaah, muhammadiyah, 4 rakaat, sendiri, dalam bahasa Arab, doa mustajab sholat dhuha, sesuai sunnah, dzikir sholat dhuha berapa rakaat dan sebagainya.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Tata Cara Sholat Dhuha Pagi Hari Sendiri"