Niat Sholat Khusuf Gerhana Bulan dan Tata Caranya

Abiabiz.com – Niat sholat khusuf gerhana bulan. Ada banyak sekali ibadah sholat sunnah yang dapat dikerjakan oleh umat muslim untuk menambah amal pahalanya. Salah satunya adalah ibadah sholat sunnah gerhana bulan atau sholat sunnah khusuf.

Sholat sunnah yang satu ini merupakan salah satu sholat sunnah yang paling langka sebab hanya dikerjakan pada saat terjadi fenomena atau peristiwa gerhana bulan saja. Maka dari itu, sholat ini merupakan salah satu sholat sunnah yang istimewa dan tidak boleh ditinggalkan.

Karena kesempatan menegerjakan sholat ini sangat sedikit, mungkin hanya sekali seumur hidup, maka pasti ibadah sholat ini sangat istimewa. Oleh karena itu, ketika ada kesempatan datangnya fenomena gerhana bulan, baik sebagian atau total, maka ingatlah untuk menunaikan ibadah sholat sunnah.

Namun bagi yang belum mengetahui tata cara pelaksanaanya tidak perlu khawatir. Karena di bawah ini kami akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah tata cara pelaksanaan ibadah sholat sunnah gerhana bulan atau sholat khusuf.

Semoga panduan dan tuntunan yang akan kami jelaskan di bawah ini dapat menjadi pemicu semangat untuk kita semua agar selalu ingat untuk menunaikan ibadah sholat sunnah khusuf. Langsung saja silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Niat Sholat Khusuf Gerhana Bulan

niat sholat gerhana bulan

Yang pertama akan kami bahas adalah mengenai bacaan niat sholat khusuf gerhana bulan. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa sholat khusuf dikerjakan secara berjamaah sebagai imam dan makmum, jadi tidak ada sholat khusuf yang dikerjakan secara sendiri-sendiri atau munfarid.

Maka dari itu, pembacaan niatnya hanya ada untuk niat sholat sebagai imam dan makmum saja. Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa sholat ini hukumnya sunnah dan dilaksanakan sebanyak dua rakaat. Pembacaan niatnya disesuaikan dengan kedua hal tersebut.

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak pembahasan mengenai bacaan lafadz doa niat sholat gerhana bulan sebagian dan total atau sholat khusuf yang benar dalam bahasa Arab, tulisan latin sebagai syakalnya dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih.

1. Niat Sholat Gerhana Bulan Sebagai Imam

Di bawah ini merupakan lafadz bacaan doa niat sholat gerhana bulan sebagai imam atau pemimpin sholat dalam bahasa Arab, latin, dan artinya lengkap dengan syakalnya.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْخُسُوْفِ رَكْعَتَيْنِ إِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal khusuufi rok’ataini imaaman lillahi ta’aalaa

Artinya:
“Aku niat salat gerhana bulan dua rakaat sebagai imam karena Allah Ta’ala.”

2. Niat Sholat Gerhana Bulan Sebagai Makmum

Berikut adalah lafadz bacaan doa niat sholat gerhana bulan sebagai makmum atau peserta sholat yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْخُسُوْفِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal khusuufi rok’ataini ma’muuman lillahi ta’aalaa

Artinya:

“Aku niat salat gerhana bulan dua rakaat sebagai makmum karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Doa Sholat Khusuf Gerhana Bulan

Sholat gerhana bulan tentu dikerjakan pada malam hari karena gerhana bulan terjadi pada waktu tersebut. Untuk waktu tepatnya menyesuaikan dengan kapan gerhana bulan itu terjadi. Bila gerhana bulan terjadi pada petang hari maka dilaksanakan pada petang, bila terjadi pada dinihari maka dikerjakan pada dinihari.

Sholat sunnah khusuf gerhana bulan dikerjakan secara berjamaah sebagai imam dan makmum di lapangan terbuka yang luas supaya jemaah sholat dapat mengetahui kapan waktu pasti untuk memulai ibadah sholat sunnah gerhana matahari.

Selebihnya mulai dari gerakan hingga bacaannya sama seperti sholat sunnah pada umumnya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan mengenai tutorial, panduan, dan tuntunan sholat di bawah ini silahkan disimak.

  • Pertama, baca niat sholat terlebih dahulu.
  • Setelah itu, baca takbiratul ikhram diteruskan dengan pembacaan doa iftitah.
  • Jika sudah, baca surat Al-fatihah diteruskan dengan salah satu surat pendek Al-Quran.
  • Kemudian setelah itu, lakukan gerakan ruku’ sambil membaca doa.
  • Berdiri kembali dengan tangan diluruskan ke bawah sambil membaca doa.
  • Selanjutnya sujud sebanyak dua kali sambil melaksanana duduk iftirasy.
  • Dilanjutkan dengan melaksanakan rakaat kedua dimulai dari pembacaan Al-fatihah hingga sujud kedua.
  • Setelah sujud kedua pada rakaat kedua, kemudian baca tasyahud awal dan akhir.
  • Jika sudah, akhiri sholat dengan bacaan salam sebanyak dua kali.

Pada setiap gerakan sholat terdapat bacaan doa masing-masing yang berbeda. Sebelumnya kami telah membahas tentang setiap bacaan doa pada gerakan dan tata cara sholat. Silahkan baca pada artikel bacaan doa sholat.

Kesimpulan

Sekian pembahasan mengenai niat sholat gerhana bulan, imam dan makmum, dan matahari, bahasa arab, beserta artinya, nu, sebagian, arab, dan doanya, dan tata caranya, niat sholat khusuf gerhana bulan, bacaan, al qomar, dan kusuf lengkap.

Baca:

Originally posted 2023-10-13 16:59:30.

Tinggalkan komentar