Niat Sholat Idul Adha dan Bacaannya Sebagai Makmum

Niat Sholat Idul Adha dan Bacaannya Sebagai Makmum
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Niat sholat idul adha beserta bacaannya. Ada satu ibadah sholat sunnah yang hanya dikerjakan setahun sekali, ibadah tersebut adalah ibadah sholat sunnah idul adha sebagai makmum yang dilaksanakan bertepatan dengan puncak ibadah haji pada tanggal 10 dzulhijjah.

sholat idul adha

Ibadah sholat sunnah ini sama seperti ibadah sholat idul fitri, merupakan salah satu sholat sunnah yang dikerjakan pada hari raya, yakni hari raya idul adha, hari raya qurban, kurban, atau hari raya ibadah haji.

Maka dari itu, pelaksanaan ibadah sholat sunnah ini sangat danjurkan untuk seluruh umat muslim di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Oleh karena itu tinggalkanlah segala aktivitas mulai dari pekerjaan, kegiatan belajar, dan lain sebagainya.

Bagi yang belum mengetahui ibadah sholat sunnah idul adha sebagai makmum maka akan kami jelaskan di bawah ini mulai dari bagaimana pembacaan naitnya hingga bagaimana tata cara pelaksanaan lengkap dengan bacaan doanya.

Pembahasan di sini ditujukan khusus bagi yang belum mengetahui tata cara menunaikan ibadah sholat sunnah idul adha sebagai makmum, terutama para anak-anak dan para mualaf yang tengah belajar menjalankan berbagai macam ibadah dalam agama Islam.

Niat Sholat Idul Adha Sebagai Makmum

niat sholat idul adha

Sholat idul adha dikerjakan sebanyak dua rakaat secara berjamaah sebagia imam atau makmum. Maka dari itu, hanya ada bacaan niat sholat idul adha sebagai imam dan makmum. Namun pada kesempatan kali ini yang kami bahas hanyalah pembacaan niat sholat sunnah idul adha sebagai makmum saja.

Sebagai makmum, ketika membaca niat sholat maka harus menunggu imam menyerukan takbiratul ikhram terlebih dahulu. Jika imam sudah menyerukan takbiratul ikhram, maka selanjutnya barulah kita sebagai makmum mulai membaca niat.

Di bawah ini merupakan lafadz bacaan doa niat sholat idul adha sebagai imam dan sebagai makmum yang lengkap dalam bahasa Indonesia, latin sebagai syakalnya, serta terjemahan Indonesia atau artinya sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih.

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan ‘iidil adhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati ma’muuman lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Saya niat shalat sunnah idul adha dua raka’at menghadap kiblat sebagai ma’mum karena Allah Ta’ala."

Tata Cara dan Bacaan Sholat Idul Adha

Sholat idul adha dikerjakan sebanyak dua rakaat pada waktu dhuha di tanggal 10 dzulhijjah atau hari raya kurban. Sholat sunnah idul adha dikerjakan di masjid secara berjamaah sebagai imam atau makmum.

Jadi, sholat sunnah ini tidak dapat dikerjakan secara munfarid atau diri sendiri sebab memang ibadah sholat sunnah ini hanya boleh dikerjakan secara berjamaah saja. Untuk tata cara pelaksanaan dan doa-doanya sama seperti sholat sunnah pada ummunya.

Agar lebih jelas, silahkan simak penjelasan mengenai tata cara, panduan, tuntunan, serta langkah-langkah menunaikan ibadah sholat sunnah idul adha yang benar berikut ini:
  • Pertama, baca niat sholat terlebih dahulu.
  • Setelah itu, baca takbiratul ikhram diteruskan dengan pembacaan doa iftitah.
  • Jika sudah, baca surat Al-fatihah diteruskan dengan salah satu surat pendek Al-Quran.
  • Kemudian setelah itu, lakukan gerakan ruku' sambil membaca doa.
  • Berdiri kembali dengan tangan diluruskan ke bawah sambil membaca doa.
  • Selanjutnya sujud sebanyak dua kali sambil melaksanana duduk iftirasy.
  • Dilanjutkan dengan melaksanakan rakaat kedua dimulai dari pembacaan Al-fatihah hingga sujud kedua.
  • Setelah sujud kedua pada rakaat kedua, kemudian baca tasyahud awal dan akhir.
  • Jika sudah, akhiri sholat dengan bacaan salam sebanyak dua kali.

Masing-masing gerakan sholat idul adha memiliki bacaan doa masing-masing. Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas dengan detail masing-masing gerakan dan tata cara sholat. Silahkan baca pada artikel bacaan doa sholat.

Kesimpulan
Sekian penjelasan mengenai niat sholat idul adha, beserta syakalnya, latin, dan idul fitri, lengkap dengan syakalnya, brainly, adalah, sebagai makmum, arab dan latin, dan bacaannya, nu online, muhammadiyah, niat sholat hari raya kurban, korban, qurban lengkap.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>