Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Tata Cara Sholat Istisqo Imam dan Makmum

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Niat sholat istisqo. Hujan merupakan anugerah yang luar biasa dari Allah SWT, maka dari itu ketika hujan turun kita harus mensyukurinya dengan mengucap doa ketika turun hujan. Namun, kadang kala musim kemarau berlangsung lama dan musim hujan tak kunjung datang.

sholat istisqo

Ketika musim kemarau datang lebih lama, itu akan menimbulkan berbagai macam bencana seperti kekertingan, sungai kering, padi tidak dapat panen, kesulitan air bersih, dan sebagainya yang kerap terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk menghindari musibah tersebut, dapat dilakukan dengan membaca doa tolak bala, namun bila ingin khusus meminta atau memohon diturunkannya hujan dari langit, maka kita dapat menjalankan amalan sholat istisqo.

Sholat istisqo merupakan ibadah sholat sunnah yang dikerjakan khusus untuk meminta hujan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, sholat istisqo disebut juga atau dikenal pula dengan nama sholat minta hujan, sholat mohon hujan, sholat musim kemarau, sholat menghindari kekeringan, dan sebagainya.

Di bawah ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana bacaan lafadz niat sholat istisqo yang benar sesuai sunnah. Selain itu, kami juga akan menginformasikan mengenai tata cara melaksanakan sholat istisqo beserta jumlah rakaatnya.

Niat Sholat Istisqo

niat sholat istisqo

Sholat istisqo atau sholat minta hujan dilaksanakan sebanyak dua rakaat secara berjamaah. Maka dari itu tata cara membaca niatnya terdiri dari dua, yakni niat shoalt istisqo sebagai imam maupun niat sholat istisqo sebagai makmum.

Pembacaan niat diawali oleh imam yang kemudian dilanjutkan dengan mengucap takbiratul ikhram. Setelah itu, barulah makmum mulai membaca niat dari dalam hati tanpa bersuara keras agar tidak mengganggu kekhusyu'an jemaah yang lain.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak di bawah ini lafadz bacaandoa niat sholat istisqo sebagai imam dan makmum yang benar, sesuai sunnah, berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

1. Niat Sholat Istisqo Sebagai Imam

Berikut adalah lafadz bacaan niat sholat istisqo sebagai imam yang benar sesuai sunnah dan berdasarkan hadist yang shahih.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ اْلإِسْتِسْقَاءِ رَكْعَتَيْنِ اِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli Sunnatal Istisqa’i rak’ataini imaaman lillahi ta’ala.

Artinya:
"Saya Niat Salat Sunah Istisqa’ Dua Rakaat sebagai imam karena Allah Ta’ala."

2. Niat Sholat Istisqo Sebagai Makmum

Di bawah ini merupakan teks lafadz bacaan doa niat sholat istisqo atau sholat minta hujan yang benar dalam bahasa Arab, latin, dan artinya.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ اْلإِسْتِسْقَاءِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli Sunnatal Istisqa’i rak’ataini ma'muuman Lillahi Ta’ala.

Artinya:
"Saya Niat Salat Sunah Istisqa’ Dua Rakaat sebagai makmum karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Sholat Istisqo

Mengerjakan sholat istisqo harus dilaksanakan di tempat yang lapang beratapkan langit. Misalnya di lapangan yang luas dengan beralaskan tikar ditambah sajadah untuk membuat tempat tersebut layak dijadikan sebagai lokasi sholat minta hujan.

Sholat ini dilaksanakan sebanyak dua rakaat pada waktu dhuha, yakni sekitar pukul 8 pagi sampai 10 pagi. Secara umum gerakan, tata cara, bacaan doa sholatnya sama seperti ibadah sholat sunnah pada umumnya. Berikut adalah tuntunan atau panduan sholat istisqo.
  • Membaca bacaan niat sholat istisqo.
  • Membaca bacaan takbiratul ikhram.
  • Membaca bacaan doa iftitah.
  • Membaca surat Al-Fatihah lengkap.
  • Membaca satu surat pendek yang ada di dalam Al-Quran.
  • Melaksanakan ruku' sambil membaca doa pendek.
  • Melaksanakan i'tidal sambil membaca doa pendek.
  • Sujud sebanyak dua kali diselingi dengan duduk iftirasy.
  • Membaca tahiyatul awal pada rakaat kedua dan terakhir serta membaca tahiyatul akhir pada rakaat terakhir.
  • Mengucap dua kali salam.
  • Selesai.

Masing-masing gerakan pada sholat istisqo memiliki bacaan berbeda-beda mulai dari ruku' hingga salam. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca lafadz bacaan niat sholat istisqo pada artikel doa sholat.

Kesimpulan
Itulah penjelasan tentang niat sholat istisqo, khutbah shalat istisqa, hikmah shalat istisqa, bolehkah shalat istisqa sendirian, sholat minta hujan sendiri, sholat istighosah minta hujan, keutamaan, keistimewaan, khasiat, manfaat, faedah, fadhilah, dan sebagainya.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Tata Cara Sholat Istisqo Imam dan Makmum"