Niat Tata Cara Sholat Jumat Sebagai Imam Makmum

Niat Tata Cara Sholat Jumat Sebagai Imam Makmum
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Niat sholat jumat. Sebagai seorang laki-laki, sholat dzuhur pada hari jumat ditiadakan dan diganti dengan sholat jumat berjamaah di masjid. Hukum sholat jumat adalah wajib bagi laki-laki, bila mengabaikannya maka akan mendapat dosa.

sholat jumat

Ada pula yang menyebut bahwa jika meninggalkan ibadah sholat jumat sebanyak 3 kali berturut-turut, maka orang tersebut dapat dikatakan sebagai seorang kafir. Maka dari itu, sangat penting untuk tidak mengabaikan sholat pada hari jumat.

Karena hari jumat merupakan hari yang sangat mulia, salah satu amalan yang dapat dilakukan adalah dengan menjalankan ibadah sholat jumat. Selain itu, sebelum jumatan ada baiknya melansakanan mandi sunnah terlebih dahulu yang disebut dengan mandi hari jumat.

Jangan lupa sebaiknya menunju masjid dengan berjalan kaki sambil mengawalinya dengan membaca atau malafadzkan doa menuju masjid. Adapun ketika sudah sampai ke masjid, jangan lupa memasukinya dengan mengawali lafadz doa masuk masjid.

Pada kesempatan ini kami akan membahas penjelasan-penjelasan tentang sholat jumat meliputi niat sebagai imam atau sebagai makmum serta tata cara mengerjakannya yang benar. Langsung saja tanpa basa basi, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Bacaan Niat Sholat Jumat

niat sholat jumat

Sholat jumat dikerjakan secara berjamaah oleh laki-laki, jadi tidak ada kewajiban untuk perempuan mengerjakan sholat ini sehingga tidak ada bacaan niat sholat jumat untuk wanita atau perempuan. Bacaan niat yang ada hanyalah untuk laki-laki sebagai imam atau makmum saja.

Selain itu, pembacaan niat sholat jumat harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, jangan setengah-setengah karena bila hanya setengah-setengah, ibadah sholat jumat tidak akan mendapat pahala. Untuk sholatnya sendiri dikerjakan sebanyak dua rakaat maka pembacaan niatnya juga untuk sholat 2 rakaat.

Berikut adalah lafadz bacaan doa niat sholat jumat yang benar sesuai sunnah dalam bahasa Arab, latin, dan artinya atau terjemahan Indonesia lengkap, niat sholat hari jumat berdasarkan hadist shahih adalah sebagai berikut.

1. Niat Sholat Jumat Sebagai Imam

Sebagai imam, silahkan baca bacaan niat sholat jumat untuk imam sebagai berikut dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahannya atau arti dalam bahasa Indonesia.

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta’aala.

Artinya:
"Aku niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi imam, karena Allah ta’ala."

2. Niat Sholat Jumat Sebagai Makmum

Sebagai makmum atau jamaah sholat jumat, maka niat yang dibaca adalah sebagai berikut yang benar sesuai sunnah.

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta’aala.

Artinya:
"Aku niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi mamum, karena Allah ta’ala."

Tata Cara Sholat Jumat

Sholat jumat dikerjakan pada waktu dzuhur siang hari ketika matahari mulai tergelincir ke arah barat, sama seperti waktu mengerjakan sholat dzuhur. Sholat jumat diawali dengan sholat qabliyah terlebih dahulu sebanyak 2 rakaat.

Setelah menjalankan sholat qabliyah, diteruskan dengan pembacaan khutbah jumat oleh imam sholat selama kurang lebih 5-15 menit sebelum benar-benar masuk waktu sholat jumat berjamaah. Khutbah jumat ini hukumnya wajib didengarkan ketika menunaikan ibadah sholat jumat.

Setelah khutbah jumat selesai, dilanjutkan dengan menunaikan sholat sebanyak 2 rakaat dengan tata cara yang sama seperti sholat sunnah atau sholat wajib pada umumnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak panduan sholat jumat berikut:
  • Pertama adalah membaca niat sholat terlebih dahulu.
  • Kemudian membaca takbiratul ikhram diteruskan dengan membaca doa iftitah.
  • Selanjutnya, membaca surat Al-Fatihah dan salah satu surat pendek di dalam al-Quran.
  • Diteruskan dengan membungkukkan setengah badan ke depan sambil membaca doa ruku'.
  • Kemudian dilanjutkan dengan berdiri tegak kembali sambil meluruskan kedua telapak tangan ke arah bawah sambil membaca doa i'tidal.
  • Selanjutnya sujud sebanyak 2 kali sambil diselingi dengan duduk iftirasy atau duduk diantara dua sujud sambil membaca doa.
  • Ulangi untuk rakaat kedua.
  • Setelah sujud kedua pada rakaat kedua, diteruskan dengan bacaan tasyahud awal dan akhir dengan posisi duduk sama seperti duduk iftirasy.
  • Setelah itu, ucapkanlah salam sebagai penutup sholat.

Untuk bacaan pada masing-masing gerakan sholat, telah dibahas dan disatukan pada artikel sebelumnya. Silahkan baca pada artikel bacaan doa sholat.

Kesimpulan
Demikianlah ulasan mengenai niat sholat jumat, bagi wanita, makmum, dan sunnah, perempuan, hukum, sholat jumat jam berapa, tulisan arab, sebagai makmum, keutamaan, sebutkan sunat-sunat sholat jumat, tata cara, dan doa setelah sholat jumat.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>