Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Tata Cara Sholat Tasbih Sendiri Munfarid

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Niat sholat tasbih. Salah satu sholat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh Rasulullah SAW selain sholat tahajud adalah sholat tasbih. Bahkan saking utamanya, Baginda Rasul menganjurkan umat Muslim mengerjakan minimal sekali seumur hidup.

sholat tasbih

Bagi yang tak bisa mengerjakan sehari sekali, dianjurkan untuk melaksanakannya seminggu sekali. Jika masih tidak mampu, boleh mengerjakan sebulan sekali. Jika masih tidak bisa, boleh mengerjakan setahun sekali. Dan bila masih belum mampu juga, minimal sekali seumur hidup.

Mengapa sholat ini begitu istimewa? Karena ibadah sholat tasbih dikerjakan untuk bertasbih hanya kepada Allah SWT sang penguasa alam. Sholat tasbih memiliki keutamaan yaitu mengagungkan dan meninggikan nama Allah SWT, Tuhan semesta alam.

Mungkin tak banyak yang mengetahui soal shoalt ini karena memang ibadah sholat ini jarang dikerjakan. Namun, pada kesempatan kali ini kami ingin memberitahu mengenai bacaan niat dan tata cara mengerjakan sholat tasbih yang benar.

Artikel ini ditujukan khusus kepada mereka yang belum mengetahui tentang ibadah sholat yang memiliki keutamaan luar biasa ini. Khususnya untuk anak-anak dan mualaf serta untuk meningkatkan keinginan kita sebagai umat muslim agar mau dan rutin menjalankan ibadah sholat tasbih ini.

Niat Sholat Tasbih

niat sholat tasbih

Sholat tasbih dikerjakan sendiri-sendiri baik di dalam rumah, mushola, maupun masjid diluar waktu macam macam sholat wajib. Maka dari itu, tidak ada bacaan niat sholat tasbih sebagai imam atau makmum, hanya ada bacaan niat sholat secara munfarid.

Untuk pelaksanaanya sendiri, sholat tasbih dapat dilakukan dengan cara dua rakaat salam atau empat rakaat salam. Perbedaan jumlah rakaat itu membuat bacaan niatnya juga berbeda. Masing-masing sholat tasbih yang dikerjakan 2 atau 4 rakaat memiliki bacaan niat yang berbeda.

Langsung saja di bawah ini merupakan lafadz bacaan niat sholat tasbih yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahan atau artinya dalam bahasa Indonesia lengkap.

1. Niat Sholat Tasbih Dua Rakaat

Berikut adalah bacaan lafadz doa niat sholat tasbih 2 rakaat munfarid yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist yang shahih.

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat-tashbiihi rok’ataini lillahi taa’alaa.

Artinya:
"Saya niat sholat sunat tasbih dua rakaat karena Allah ta’ala."

2. Niat Sholat Tasbih Empat Rakaat

Di bawah ini merupakan lafadz niat sholat tasbih 4 rakaat untuk diri sendiri yang benar dalam bahasa Arab, latin, dan artinya lengkap.

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat-tashbiihi arba’a raka’ati lillahi taa’alaa.

Artinya:
"Saya niat sholat sunat tasbih 4 rakaat karena Allah ta’ala."

Tata Cara Sholat Tasbih

Sholat tasbih dikerjakan dengan kelipatan dua rakaat, bisa 2 rakaat atau 4 rakaat dan masing-masing memiliki bacaan niat berbeda. Untuk mengerjakannya, disesuaikan dengan jumlah rakaat yang kita kerjakan.

Cara mengerjakan sholat tasbih sedikit berbeda dibanding sholat wajib dan sholat sunnah pada umumnya. Karena ada tambahan bacaan kalimat tasbih di tengah-tengah sholat. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tata cara mengerjakan sholat tasbih.
  • Membaca bacaan niat sholat tasbih.
  • Membaca bacaan takbiratul ikhram.
  • Membaca bacaan doa iftitah.
  • Membaca surat Al-Fatihah lengkap.
  • Membaca satu surat pendek yang ada di dalam Al-Quran.
  • Membaca bacaan tasbih sebanyak 15 kali.
  • Melaksanakan ruku' sambil membaca doa pendek.
  • Melaksanakan i'tidal sambil membaca doa pendek.
  • Sujud sebanyak dua kali diselingi dengan duduk iftirasy.
  • Membaca tahiyatul awal pada rakaat kedua dan terakhir serta membaca tahiyatul akhir pada rakaat terakhir.
  • Mengucap dua kali salam.
  • Selesai.

Setiap gerakan, mulai dari takbiratul ikhram hingga salam memiliki bacaan sholat yang berbeda-beda. Secara umum sama seperti bacaan sholat wajib dan sunnah lainnya yang telah dipublikasikan pada artikel bacaan sholat.

Kesimpulan
Demikian ulasan tentang niat sholat tasbih, doa sholat tasbih, waktu sholat tasbih, tata cara sholat tasbih sesuai sunnah rasul, manfaat sholat tasbih, sholat tasbih ldii, shalat tasbih menurut nu dan muhammadiyah, dan sebagainya.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Tata Cara Sholat Tasbih Sendiri Munfarid"