Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Tata Cara Sholat Taubat Sendiri Munfarid

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Niat sholat taubat. Setiap manusia pasti memiliki dosa yang pernah dilakukan. Itu sebagai sebab manusia bukanlah merupakan makhluk yang sempurna. Bahkan, ada yang menyebut manusia adalah tempatnya salah dan dosa.

sholat taubat

Dosa dapat kita lakukan dengan sengaja maupun tanpa sengaja. Dosa mengakibatkan timbangan amal keburukan menjadi lebih berat. Semakin banyak dosa, semakin besar peluang kita masuk ke neraka ketika hari akhir tiba.

Yang berbahaya adalah dosa yang tak kita sadari. Dosa yang menimbulkan kerugian bagi orang lain namun kita sama sekali tidak mengetahui bahwa kita telah melakukan dosa tersebut. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengucap kalimat istighfar dan memohon ampun kepada Allah SWT.

Selain itu, ada pula upaya lain yang dapat dilakukan untuk meminta ampun atas segala dosa yang diperbuat, yakni dengan melaksanakan amalan sholat taubat yang juga dikenal dengan sholat istighfar, sholat minta ampun, sholat mohon ampun, sholat menghapus dosa, dan sebagainya.

Bagi yang belum mengetahui bacaan niat serta tata cara melaksanakannya, di bawah ini kami akan menjelaskan secara rinci, khususnya bagi yang ingin benar-benar bertaubat kepada Allah SWT dengan berjanji tidak mengulangi perbutan dosa yang sama seperti yang pernah dilakukan.

Niat Sholat Taubat

niat sholat taubat

Sholat taubat dilaksanakan sendiri-sendiri maka bacaan niatnya hanya ada bacaan niat sholat tasbih untuk munfarid saja. Tidak ada bacaan lafadz niat sholat taubat untuk imam atau makmum dalam mengerjakan sholat berjamaah.

Selain itu, sholat tasbih bisa dikerjakan sebanyak 2, 4, 6, 8, 10, atau 12 rakaat. Namun masing-masing harus dikerjakan dalam 2 rakaat salam. Maka dari itu, pembacaan niatnya hanya ada bacaan niat sholat taubat 2 rakaat.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak berikut bacaan teks lafadz doa niat sholat taubat yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

أصلي سنة التوبة ركعتين لله تعالي

Ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala.

Artinya:
"Saya niat shalat sunnah taubat dua rokaat karena Allah."

Tata Cara Sholat Taubat

Sholat taubat atau sholat taubat nasuha dapat dikerjakan sebanyak 2, 4, 6, 8, 10, atau 12 rakaat. Karena hukumnya sunnah, maka kita bisa memperbanyak menunaikan ibadah sholat taubat yang penting dalam setiap dua rakaat sekali diakhiri dengan membaca salam.

Mengerjakan sholat taubat dapat dilaksanakan kapan saja, namun alangkah lebih baik bila mengerjakannnya pada malam hari agar benar-benara dapat menunaikannya secara khusyu'. Berikut adalah tuntunan atau panduan menunaikan ibadah sholat taubat lengkap.
  • Membaca bacaan niat sholat taubat.
  • Membaca bacaan takbiratul ikhram.
  • Membaca bacaan doa iftitah.
  • Membaca surat Al-Fatihah lengkap.
  • Membaca satu surat pendek yang ada di dalam Al-Quran.
  • Melaksanakan ruku' sambil membaca doa pendek.
  • Melaksanakan i'tidal sambil membaca doa pendek.
  • Sujud sebanyak dua kali diselingi dengan duduk iftirasy.
  • Membaca tahiyatul awal pada rakaat kedua dan terakhir serta membaca tahiyatul akhir pada rakaat terakhir.
  • Mengucap dua kali salam.
  • Selesai.

Masing-masing gerakan sholat taubat memiliki lafadz bacaan yang berbeda-beda. Semuannya telah kami rangkum menjadi satu artikel yang dapat dibaca dalam lafadz bacaan doa sholat.

Kesimpulan
Demikian penjelasan tentang niat sholat taubat, doa sholat taubat latin, waktu sholat taubat nasuha, tata cara sholat taubat sesuai sunnah rasul, waktu sholat taubat dan hajat, niat mandi taubat, doanya, berjamaah, nu, muhammadiyah, dan sebagainya.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Tata Cara Sholat Taubat Sendiri Munfarid"