Niat Tata Cara Sholat Wudhu Sendiri Munfarid

Niat Tata Cara Sholat Wudhu Sendiri Munfarid
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Niat sholat wudhu. Sebelumnya kita telah sama-sama membahas mengenai tata cara menyucikan diri dari hadats kecil agar sekujur tubuh sah untuk sholat. Yaitu dengan wudhu, membasuh sekujur tubuh menggunakan air bersih yang mengalir.

sholat badiyah

Wudhu bukan hanya gerakan saja, melainkan juga dilakukan dengan doa. Artikel doa wudhu telah membahas seluruh bacaan wudhu untuk setiap gerakan membasuh secara lengkap. Selain itu, jangan lupakan pula untuk membaca doa sebelum dan sesudah wudhu.

Wudhu juga merupakan ibadah, karena kebersihan sebagian dari iman, maka wudhu termasuk salah satu cara meningkatkan iman kita kepada Allah SWT. Selain berwudhu membasuh anggota tubuh, ada pula amalan lain yang dapat dilakukakn selepas wudhu selesai.

Amalan tersebut adalah sholat wudhu, sholat yang dikerjakan tepat sehabis wudhu. Mungkin nama sholat ini terdengar awam di telinga kita, namun sholat wudhu merupakan salah satu anjuran sholat sunnah oleh Rasulullah SAW.

Adapun untuk bacaan niat hingga tata cara pelasanaan sholat wudhu akan dibahas secara lengkap di sini. Terutama bagi anak-anak dan mualaf yang masih kurang faimilar dengan salah satu sholat sunnah wudhu, silahkan disimak pembahasannya.

Bacaan Niat Sholat Wudhu

niat sholat wudhu

Sholat wudhu dikerjakan sendiri-sendiri atau munfarid, tidak ada sholat wudhu yang dilaksanakan secara berjamaah oleh karena itu, bacaan niat sholat wudhu hanya terdiri dari niat sholat wudhu untuk sendiri atau munfarid di rumah.

Tidak ada bacaan niat sholat wudhu sebagai imam atau makmum. Selain itu, sholat wudhu juga dilaksanakan sebanyak 2 rakaat maka dari itu pembacaan niatnya juga untuk bacaan niat sholat 2 rakaat saja.

Berikut adalah lafadz bacaan doa niat sholat wudhu yang benar sesuai sunnah menurut hadist yang shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap silahkan disimak.

اُصَلِّى سُنَّةً الْوُضُوءِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal wudhuu’i rok’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
"Aku niat shalat sunnah wudhu dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Sholat Wudhu

Sholat wudhu dilaksanakan sebanyak 2 rakaat secara sendiri-sendiri di rumah, masjid, atau mushola. Tidak ada sholat wudhu yang dikerjakan secara berjamaah sebagai imam dan makmum. Pelaksanaannya pun sama seperti kebanyakan sholat sunnah pada umumnya.

Mulaid dari pembacaan niat, takbiratul ikhram, ruku', itidal, dan seterusnya hingga salam tidak ada perbedaan yang signifikan dengan sholat-sholat pada umumnya. Untuk lebih jelasnya simak panduan dan tuntunan sholat wudhu berikut:
  • Pertama adalah membaca niat sholat terlebih dahulu.
  • Kemudian membaca takbiratul ikhram diteruskan dengan membaca doa iftitah.
  • Selanjutnya, membaca surat Al-Fatihah dan salah satu surat pendek di dalam al-Quran.
  • Diteruskan dengan membungkukkan setengah badan ke depan sambil membaca doa ruku'.
  • Kemudian dilanjutkan dengan berdiri tegak kembali sambil meluruskan kedua telapak tangan ke arah bawah sambil membaca doa i'tidal.
  • Selanjutnya sujud sebanyak 2 kali sambil diselingi dengan duduk iftirasy atau duduk diantara dua sujud sambil membaca doa.
  • Ulangi untuk rakaat kedua.
  • Setelah sujud kedua pada rakaat kedua, diteruskan dengan bacaan tasyahud awal dan akhir dengan posisi duduk sama seperti duduk iftirasy.
  • Setelah itu, ucapkanlah salam sebagai penutup sholat.

Itulah penjelasan tentang tata cara sholat wudhu yang benar sesuai sunnah. Untuk masing-masing bacaan sholatnya, Anda bisa membaca atau mempelajarinya lebih lanjut pada artikel bacaan doa sholat.

Kesimpulan
Itu dia penjelasan mengenai niat sholat wudhu, niat sesudah wudhu, doa niat wudhu, niat wudhu latin, niat berwudhu, doa sebelum wudhu, doa setelah wudhu, niat sholat taubat, niat wudhu tayamum.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>