Bacaan Sholawat Ibrahimiyah yang Benar dan Artinya

Bacaan Sholawat Ibrahimiyah yang Benar dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Bacaan sholawat ibrahimiyah. Nabi Muhammad SAW memang telah lama wafat, namun ajaran dan kebaikannya masih bisa umat muslim rasakan hingga saat ini. Kita pun juga tetap bisa memuliakan nabi Muhammad SAW dengan membaca doa sholawat.

sholawat nabi

Salah satu sholawat yang paling populer adalah sholawat ibrahimiyah. Kita mungkin juga secara tidak sadar sudah sering membacanya ketika sholat, tepatnya pada saat pembacaan doa tasyahud akhir. Doa tasyahud akhir adalah doa sholawat ibrahimiyah.

Sholawat ini memiliki keutamaan bagi pembacanya, antara lain merupakan sholawat yang paling utama, satus-satunya sholawat yang dibaca pada saat sholat, dan bagi yang mengamalkannya secara istiqomah insya Allah akan diberi kesempatan untuk bertemu dengan Nabi Muhammad SAW.

Sholawat ibrahimiyah dapat dibaca kapan saja di luar sholat seperti ketika majelis taklim, pembacaan dzikir, wirid, hingga pengajian-pengajian lainnya. Insya Allah bila dibaca bersama-sama, pahala dan kemuliaan yang didapat pun akan semakin besar.

Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan bagaimana teks, lafadz, bacaan, doa sholawat ibrahimiyah yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih. Namun sebelum itu, alangkah lebih baiknya kita tahu apa itu sholawat ibrahimiyah, asal usul, dan sejarah singkatnya.

Apa Itu Sholawat Ibrahimiyah

Sholawat ibrahimiyah merupaakn sholawat yagn ma'tsur berasal dari Nabi Muhammad SAW karena memang ada hadist shahihnya yang meriwayatkan umat muslim untuk mengamalkan dan membaca sholawat tersebut.

Sholawat ibrahimiyah juga merupakan sholawat yang sangat utama karena digunakan serta diamalkan pada setiap sholat baik itu sholat fardhu maupun sholat sunnah.

Dalam sebuah kitab dijelaskan mengenai asal usul atau sejarah sholawat ibrahimiyah (ibrohimiyah), berikut adalah dalilnya diambil dari kitab Afdhalush Shalawat 'alaa Sayyidis Saadaat.

هذه الصلاة هي أكمل صيغ الصلوات على النبي صلى الله عليه وسلم المأثورة وغيرها ولذلك خصوا بها الصلاة للاتفاق على صحة حديثها فقد رواه مالك في الموطأ والبخاري ومسلم في صحيحهما وأبو داود والترمذي والنسائي

Artinya:
"Shalawat ini merupakan sighat shalawat yang paling sempurna kepada kanjeng Rasul Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, baik yang datang dari kanjeng nabi ataupun dari para ulama. Karena itu para ulama mengkhususkan dan mengistimewakan shalawat Ibrahimiyah ini karena adanya ittifaq atau kesepakatan atas keshahihan hadits tentangnya. Sungguh, imam Malik telah meriwayatkan shalawat tersebut dalam kitab al-Muwaththa', Imam Bukhari dan Imam Muslim dalam kitab shahihnya, Imam Abu Dawud, Imam At-Tirmidzi dan Imam An-Nasai (juga meriwayatkannya)."

Bacaan Doa Sholawat Ibrahimiyah

sholawat ibrahimiyah

Berikut adalah lafadz bacaan doa teks lirik sholawat ibrahimiyah yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih pendek singkat ringkas dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa shallaita ‘alaa sayyidinaa ibraahiima wa’alaa aali sayyidinaa ibrahiia wabaarik ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa baarakta ‘alaa sayyidinaa ’alaa sayyidinaa ibraahima wa ‘alaa aali sayyidina ibraahima, fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiidun.

Artinya:
"Ya Allah, berilah kasih saying kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia."

Kesimpulan
Demikian penjelasan mengenai bacaan sholawat ibrahimiyah, yang benar, dan artinya, latin, keajaiban, lafal, keutamaan, teks sholawat nabi ibrahmmiyah, sesuai sunnah, mp3 download, bacaan doa lafadz sholawat ibrahimiyah dan fadhilahnya lengkap.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>