Bacaan Sholawat Ummi Untuk Bertemu Rasul Sebelum Meninggal

Bacaan Sholawat Ummi Untuk Bertemu Rasul Sebelum Meninggal
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Bacaan sholawat ummi. Dalam bahasa Arab, ummi artinya tidak bisa membaca atau menulis. Sholawat ummi sangat erat kaitannya dengan peristiwa Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama di mana Malaikat Jibril menyuruh Nabi membaca.

bacaan sholawat ummi

Sholawat ummi diciptakan oleh Syeikh Abu Abbas Al-Mursy yang merupakan salah satu tokoh muslim ternama di zamannya. Sholawat ummi atau ummiyil sholawatan sangat diajurkan untuk diamalkan sebab memiliki keutamaan dan khasiat yang luar biasa.

Salah satu keutamaan atau khasiatnya adalah barang siapa yang membaca sebanyak 80 kali pada hari jumat maka akan diampuni dosanya selama 80 tahun. Dan bila membacanya sebanyak 100 kali maka akan diberi kesempatan bertemu Rasulullah SAW sebelum meninggal.

Bagi yang ingin mengetahui bacaan sholawat ummi, di sini kami akan menuliskannya untuk Anda dalam bahasa Arab, tulisan latin, serta terjemahan bahasa Indonesia. Sebelum itu, terlebih dahulu kita bahas mengenai asal usul dan sejarah sholawat ummi ini.

Pengertian Sholawat Ummi

Sholawat ummi atau ummy adalah sholawat yang memiliki keutamaan tidak akan meninggal sebelum bertemu dengan Rasullah. Artinya, umat muslim yang mengamalkan sholawat ini berkesempatan bertemu dengan Rasulullah SAW di dalam hidupnya.

Pertemuan dengan Rasulullah bisa terjadi di dalam mimpi. Biasanya orang-orang yang rutin bersholawat, termasuk sholawat ummi ini, rajin sholat, ibadah, dan selalu berbuat baik akan bertemu dengan Baginda Rasul di alam mimpi.

Sholawat ini bisa diamalkan setelah selesai menjalankan ibadah sholat wajib maupun sunnah, sesudah mengaji, atau seusai melaksanakan majelis taklim, pengajian, ceramah, khutbah, maupun pertemuan keagamaan Islam lainnya.

Bacaan Sholawat Ummi

sholawat ummi

Sholawat ummi memiliki teks yang cukup pendek, sehingga Anda akan lebih mudah untuk menghafalnya. Selain itu, karena teksnya yang pendek, ketika membacanya Anda juga tidak perlu memegang teksnya karena teksnya sudah dihafal di dalam otak.

Di bawah ini adalah lafadz, bacaan, doa, lirik, teks sholawat ummi atau ummy yang benar sesuai sunnah, berdasarkan hadist shahih yang benar, dan ditulis dalam teks bahasa Arab, tulisan latin, serta terjemahan bahasa Indonesia.

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ.

Allahumma sholli’alaa sayyidinaa muhammadin abdika wanabiyyika wa Rosuulika Nabil Ummy wa a’laa alihi wa shohbihi wasillam.

Artinya:
"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya."

Kesimpulan
Demikian pembahasan tentang bacaan sholawat ummi, lirik, ummiyyi, ummiyyah, sighat, karomah sholawat ummi, keutamaan, khasiat, faedah, fadhilah, keistimewaan, keuntungan, bacaan sholawat ummi dan artinya lengkap serta rahasia manfaat bacaan sholawt ummi.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>