Bacaan dan Macam-macam Doa Qunut Subuh, Witir, Nazilah

Bacaan dan Macam-macam Doa Qunut Subuh, Witir, Nazilah
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Bacaan doa qunut. Ketika menunaikan ibadah sholat subuh, satu yang membedakannya dengan sholat-sholat wajib lainnya adalah adanya bacaan qunut. Yakni sebuah bacaan doa yang dilafadzkan pada saat setelah membaca doa i'tidal di rakaat kedua.

qunut

Hukum qunut adalah sunnah, jadi boleh saja diabaikan. Meski demikian, kebanyakan orang tetap mengamalkan doa ini pada saat menunaikan sholat wajib subuh sebab memiliki beragam manfaat, keutamaan, dan keistimewaaan.

Beberapa keutamaan dari pembacaan doa qunut antara lain sebagai permohonan agar tetap diberikan petunjuk oleh-Nya, diberi kesehatan dan nilai-nilai kebaikan, senantiasa dibrekahi oleh Allah SWT, diberi perlindungan selalu oleh-Nya, dan dilimpahi ampunan, berkat, dan rahmat.

Nah, dengan demikian sangat disayangkan bukan, bila kita tidak mengamalkannya pada saat sholat subuh? Oleh karena itu jangan pernah lupa membaca doa qunut pada saat sholat subuh ya! Semakin sempurna sholat subuh dilaksanakan dengan doa qunut, insya Allah semakin sempurna pula pahala yang kita peroleh.

Bagi yang belum mengetahui bagaimana pembacaan doa qunut untuk sholat subuh yang benar, pada kesempatan ini kami akan menjelaskannya secara lengkap. Namun sebelum itu alangkah baiknya kita mengetahui sejarah dan asal usul doa qunut terlebih dahulu.

Apa Itu Doa Qunut

Qunut berasal dari bahasa Arab yang artinya taat. Sedangkan menurut syara arti dari qunut adalah berdiri lama pada saat sholat dengan mebaca sbeuah doa.

Qunut secara harfiah berarti melaksanaan sholat dengan taat serta tunduk terhadap perintah Allah SWT dengan cara berdiri sejenak pada saat sholat subuh.

Adapun beberapa dalil mengenai doa qunut antara lain sebagai berikut. Anas bin Malik ra berkata :

انة صلة علىة وسلم زفع ىدىة فى القنو ت رواه البىهقى { سنن البىهق ٢١١

Artinya:
Adalah Nabi saw mengangkat kedua tanganya disaat membaca Doa qunut," HR. Baihaqi.

Macam-macam Doa Qunut

Qunut terdiri dari tiga macam, selain qunut sholat subuh. Ada dua jenis doa qunut lain yakni qunut witir dan qunut nazilah. Masing-masing akan dijelaskan lebih detail sebagai berikut:

1. Qunut Subuh

Qunut subuh adalah membaca doa qunut pada saat sholat subuh di rakaat kedua atau rakaat terakhir setelah bagun dari ruku' sebelum sujud. Jumhur ulama berpendapat bahwa pembacaan doa qunut subuh adalah sunnah.

Namun Imam Syafi'i menilai bahwa hukum qunut subuh adalah sunnah muakkad atau sunnah yang sangat diutamakan dan apabila terlewat maka harus diganti dengan sujud sahwi.

Karena doa qunut selalu dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW dan tidak pernah meninggalkannya, maka sebaiknya umat muslim pun turut menunaikannya setiap menjalankan sholat subuh sendiri atau berjamaah.

2. Qunut Witir

Qunut witir adalah doa yang dibaca pada saat menunaikan sholat witir, tepatnya ketika rakaat terakhir. Doa ini sangat utama dibaca mulai dari pertengahan hingga akhir Ramadhan.

عن الحسن بن علي بن أبي طالب رضي الله عنهما قال : علمني رسول الله صلى الله عليه وسلم كلمات أقولهن في الوتر : اللهم اهدني فيمن هديت ..... [رواه أبو داود] 

Artinya:
"Dari Hasan bin Ali bin Abi Thalib ra. dia berkata : “Aku diajari olelh Rasulullah SAW. beberapa kalimat yang aku baca pada shalat Witir, yaitu : Allahumma ihdini ..... dst," (HR. Abu Dawud)

3. Qunut Nazilah

Sama seperti keduanya, qunut nazilah juga merupakan bacaan doa qunut yang dibaca pada akhir rakaat sholat, tepatnya pada setiap shalat setelah i'tidal apabila tertimpa suatu musibah tertentu.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَنَتَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- شَهْرًا مُتَتَابِعًا فِى الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَالْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ وَصَلاَةِ الصُّبْحِ فِى دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ إِذَا قَالَ «سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ». مِنَ الرَّكْعَةِ الآخِرَةِ يَدْعُو عَلَى أَحْيَاءٍ مِنْ بَنِى سُلَيْمٍ عَلَى رِعْلٍ وَذَكْوَانَ وَعُصَيَّةَ وَيُؤَمِّنُ مَنْ خَلْفَهُ.[رواه أبو داود]

Artinya:
"Dari lbnu Abbas ra. dia berkata : Rasulullah SAW. Membaca qunut selama sebulan berturut-turut pada shalat Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya' dun Shubuh di bagian akhir tiap-tiap shalat yaitu ketika berkata “sami’allaahu liman hamidah” pada rakaat akhir untuk mendo’akan kepada suku Bani Sulaim, Ri’lin, Dzakwan, dan ‘Ushayyah, dan orang-orang yang di belakang Rasulullah SAW. mengamininya," - HR. Abu Dawud.

Bacaan Doa Qunut

doa qunut

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa qunut terdiri dari 3 macam, yakni qunut subuh, witir, dan nazilah. Masing-masing memiliki bacaan berbeda. Dan berikut adalah teks lafadz bacaan doa qunut yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, latin, dan artinya atau terjemahan Indonesia.

1. Doa Qunut Sholat Subuh

اللَّهُمَّ اهْدِنَا فِيمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنَا فِيمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنَا فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لَنَا فِيمَا أَعْطَيْتَ
وَقِنَا شَرَّ مَا قَضَيْتَ إِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ. وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

Alloohummah dinaa fiiman hadait. Wa ‘aafinaa fiiman ‘aafait. Wa tawallanaa fiiman tawallait. Wa baariklanaa fiimaa a’thoit. Wa qinaa syarro maa qodloit. Innaka taqdli wa laa yuqdlo ‘alaik. Wa innahu laa yadzillu maw waalait. Wa laa ya’izzu man ‘aadait. Tabaarokta wa ta’aalait.

Artinya:
"Ya Allah berilah kami petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kami perlindungan sebagaimana orang yang Engkau lindungi. Sayangilah kami sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi. Berikanlah berkah terhadap apa-apa yang telah Engkau berikan kepada kami. Jauhkanlah kami dari kejelekan apa yang Engkau telah takdirkan. Sesungguhnya Engkau yang menjatuhkan hukum dan tidak ada orang yang memberikan hukuman kepada-Mu. Sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan terhina. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Mahasuci Engkau, wahai Rabb kami Yang Mahatinggi."

2. Doa Qunut Sholat Witir

اللَّهُمَّ اهْدِنِى فِيمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِى فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِى فِيمَا أَعْطَيْتَ
وَقِنِى شَرَّ مَا قَضَيْتَ إِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

Alloohummah dinii fiiman hadait. Wa ‘aafinii fiiman ‘aafait. Wa tawallanii fiiman tawallait. Wa baariklii fiimaa a’thoit. Wa qinii syarro maa qodloit. Innaka taqdli wa laa yuqdlo ‘alaik. Wa innahu laa yadzillu maw waalait. Wa laa ya’izzu man ‘aadait. Tabaarokta wa ta’aalait.

Artinya:
"Ya Allah berilah aku petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku perlindungan sebagaimana orang yang Engkau lindungi. Sayangilah aku sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi. Berikanlah berkah terhadap apa-apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Jauhkanlah aku dari kejelekan apa yang Engkau telah takdirkan. Sesungguhnya Engkau yang menjatuhkan hukum dan tidak ada orang yang memberikan hukuman kepada-Mu. Sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan terhina. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Mahasuci Engkau, wahai Rabb kami Yang Mahatinggi."

3. Doa Qunut Nazilah

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ ، وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ
اللَّهُمَّ الْعَنْ كَفَرَةَ أَهْلِ الْكِتَابِ الَّذِينَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِكَ وَيُكُذِّبُونَ رُسُلَكَ وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَاءَكَ اللَّهُمَّ خَالِفْ بَيْنَ كَلِمَتِهِمَ وَزَلْزِلْ أَقْدَامَهُمْ وَأَنْزِلْ بِهِمْ بَأْسَكَ الَّذِى لاَ تَرُدُّهُ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِينَ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِينُكَ

Alloohummagh firlanaa wa lilmu’miniina wal mu’minaat wal muslimiina wal muslimaat. Wa allif baina quluubihim, wa ashlih dzaata bainihim wan shurhum ‘alaa ‘aduwwika wa ‘aduwwihim. Alloohummal ‘an kafarota ahlil kitaab alladzii yashudduuna ‘an sabiilik, wa yukadzzibuuna rusulak, wa yuqootiluuna auliyaa-ak. Alloohumma khoolif baina kalimatihim, wazalzil aqdaamahum, wa anzil bihin ba’sakal ladzii laa taruddahu ‘anil qoumil mujrimiin. Bismillaahirrahmaanirrahiim, Alloohumma inaa nasta’iinuk.

Artinya:
"Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami, dan dosa orang mukmin dan mukminat, muslimin dan muslimat. Damaikanlah di antara mereka. Tolonglah mereka untuk mengalahkan musuh-Mu dan musuh mereka. Ya Allah timpakanlah laknat kepada orang kafir ahli kitab yang telah mendustakan para utusan-Mu dan memerangi para wali-Mu. Ya Allah, gagapkanlah ucapan mereka, pecahbelahlah kekuatan mereka. Dan timpakan siksa-Mu yang tidak mungkin mampu dicegah mereka. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah sesungguhnya kami memohon pertolongan kepada-Mu."

Kesimpulan
Itulah penjelasan mengenai bacaan doa qunut, latin, nazilah, sbuh, witir, dan artinya, nu, mo3, imam, nazilah, imam rumi, pdf, bahasa indonesia, pendek islam, bacaan qunut bagi imam yang sholat sendirian, witir latin dan artinya, teks doa qunut nazilah muzammil hasballah, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>