Niat Sholat Qashar Dzuhur Ashar dan Isya

Niat Sholat Qashar Dzuhur Ashar dan Isya
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Niat sholat qashar. Sebelumnya kita telah membahas mengenai sholat jamak, yakni cara mengerjakan dua sholat wajib dengan cara digabungkan menjadi satu. Kali ini kami akan membahas mengenai sholat qashar, yakni cara mengerjakan ibadah sholat wajib 4 rakaat yang diringkas menjadi 2.

sholat qashar

Bedanya dengan jamak, sholat qashar ini bisa dikerjakan apabila kita memiliki waktu untuk sholat, namun waktunya terbatas. Misal waktu sholat ashar berdekatan dengan jadwal penerbangan pesawat, karena penerbangan pesawat tidak bisa ditunda, maka kita boleh mengerjakan sholat ashar hanya 2 rakaat saja agar semakin cepat selesai.

Sholat qashar hanya boleh dikerjakan pada sholat wajib 4 rakaat saja, yakni  sholat dzuhursholat ashar, dan sholat isya. Sedangkan sholat maghrib dan sholat subuh tidak bisa diqashar karena jumlah rakaatnya hanya 2 dan 3.

Pada kesempatan ini kami ingin menjelaskan mengenai tata cara menunaikan ibadah sholat wajib atau fardhu secara qashar lengkap mulai dari dzhur, ashar, hingga isya lengkap dengan bacaan niatnya masing-masing.

Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini dapat membantu siapa saja terutama bagi yang belum tahu tata cara melaksanakan dan menunaikan ibadah sholat secara qashar agar bisa menunaikannya sehingga tetap bisa memenuhi kewajiban meski dalam keterbatasan waktu.

Niat Sholat Qashar

Sholat qashar dikerjakan secara munfarid di rumah sendiri atau secara berjamaah di masjid atau mushola. Ibadah sholat wajib secara qashar memiliki 3 bacaan niat yang berbeda yakni bila dikerjakan sendiri (munfarid) maupun sebagai imam dan makmum (berjamaah).

Selain itu, pembacaan niat sholat qashar juga disesuaikan dengan nama sholat yang dikerjakan apakah itu sholat qashar dzuhur, ashar, atau isya. Tidak ada bacaan niat sholat qashar subuh dan maghrib karena memang hanya dikhususkan untuk sholat wajib berjumlah 4 rakaat.

Di bawah ini akan kami jelaskan masing-masing bacaan nait lafadz sholat qashar yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

1. Niat Sholat Qashar Dzuhur

Di bawah ini merupakan lafadz bacaan doa niat sholat qashar dzuhur 2 rakaat yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist dan dalil yang shahih dikerjakan secara sendiri atau munfarid. Untuk imam dan makmum silahkan menyesuaikan.

أُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا لِلهِ تَعَالَى

Usholli fardhodh dhuhri rok’atainii qoshron lillaahi ta'ala.

Artinya:
"Aku niat shalat fardu dhuhur 2 rakaat qashar, karena Allah Ta'ala."

2. Niat Sholat Qashar Ashar

Berikut ini merupakan bacaan lafadz doa niat sholat qashar ashar 2 rakaat bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan Indonesia dikerjakan secara sendiri atau munfarid. Untuk imam dan makmum silahkan menyesuaikan.
اُصَلِّى فَرْضَ الْعَصْرِرَكْعَتَيْنِ قَصْرًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli fardhol ashri rok’atainii qoshron lillaahi ta’ala.

Artinya:
"Aku niat shalat fardu ashar 2 rakaat qashar, karena Allah Ta’ala."

3. Niat Sholat Qashar Isya

Berikut ini adalah lafadz bacaan doa niat shoalt qashar Isya yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahannya dikerjakan secara sendiri atau munfarid. Untuk imam dan makmum silahkan menyesuaikan.

اُصَلِّى فَرْضَ الْعِشَاءِرَكْعَتَيْنِ قَصْرًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli fardhol isya’i rok’atainii qoshron lillaahi ta’ala.

Artinya:
"Aku niat shalat fardu isya 2 rakaat qashar, karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Sholat Qashar

Ada 3 macam sholat qashar sesuai dengan waktunya, yakni sholat qashar dzuhur, ashar, dan isya. Masing-masing memiliki kesamaan tata cara dan tuntunan mengerjakan. Sedangkan untuk niatnya tetap berbeda.

Mengerjakan sholat qashar harus dikerjakan pada waktu sholat wajib tersebut dilaksanakan, bukan di waktu selain sholat wajib tersebut. Jadi, qashar sholat dzuhur, ashar, hingga isya tetap dikerjakan pada waktunya masing-masing.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai tata cara menunaikan ibadah sholat qashar yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih mulai dari pembacaan niat hingga mengakhiri sholat qashar dengan pembacaan salam.
  • Pertama, bacalah niat sholat sesuai yang telah disebutkan di atas.
  • Kemudian baca doa takbiratul ikhram dilanjutkan dengan bacaan doa iftitah.
  • Jika sudah, bacalah surat Al-Fatihah dilanjutkan dengan salah satu surat pendek di dalam Al-Quran.
  • Kemudian bungkukkan setengah badan ke depan sambil meletakkan tangan di lutut sambil membaca doa ruku'
  • Dilanjutkan dengan berdiri kembali dengan tangan lurus ke bawah sambil membaca doa i'tidal.
  • Lakukan sujud sebanyak dua kali, dan di antara dua sujud ubah posisi menjadi duduk kemudian membaca doa duduk iftirasy.
  • Selanjutnya berdiri kembali untuk melaksanakan rakaat kedua.
  • Ulangi gerakan mulai dari membaca surat Al-Fatihah hingga gerakan dan doa sujud kedua.
  • Jika sudah, diteruskan dengan membaca tasyahud awal dan akhir pada rakaat kedua.
  • Kemudian akhiri sholat dengan bacaan salam sebanyak dua kali.

Kemudian untuk masing-masing gerakan sholat, ada bacaan berbeda-beda. Kami telah memublikasikan sebelumnya pada artikel lain terkait bacaan pada setiap gerakan sholat, silahkan disimak pada bacaan doa sholat.

Kesimpulan
Itulah penjelasan lengkap mengenai niat sholat qashar, syarat shalat qashar, jamak qashar maghrib isya, niat shalat qashar ashar, dan jamak, magrib, taqdim, arab, zuhur, takhir, nu, hukum shalat qashar, sendiri di rumah, mana yang didahulukan, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>