Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Niat Sholat Syuruq atau Isyraq Menurut Muhammadiyah

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Niat sholat syuruq. Mungkin sebagian umat Muslim masih ada yang bingung apa sih bedanya sholat dhuha dan sholat syuruq menurut muhammadiyah, selain bacaan niat tentunya? Sebab kedua sholat sunnah yang sangat mulia ini dikerjakan pada waktu yang hampir bersamaan.

sholat syuruq

Bagi yang bertanya jam berapa sholat syuruq dilaksanakna, maka jawabannya adalah pada saat matahari telah terbit setinggi tombak. Benar-benar sama seperti waktu sholat dhuha. Jika di Indonesia matahari berada pada posisi setinggi tombak ketika sekitar pukul 08.00.

Sebenarnya tidak ada bedanya antara sholat dhuha dan sholat syuruq, keduanya sama-sama sholat sunnah yang ditunaikan pada pagi hari. Namun meski waktu pelaksanaannya berbeda, sholat syuruq tetaplah sholat syuruq, atau juga bisa disebut dengan sholat isyraq, bukan nama lain dari sholat dhuha.

Jadi, pada saat pagi hari ketika matahari baru terbit, kita bisa menunaikan dua sholat sunnah sekaligus untuk mengawali aktivitas pada pagi hari agar lancar, yakni sholat dhuha dan sholat syuruq. Bila ingin menunaikannya, awali dengan sholat syuruq terlebih dahulu baru sholat dhuha kemudian.

Pada kesempatan yang baik ini kami akan menjelaskan tentang bagaimana tata cara menunaikan ibadah sholat sunnah syuruq menurut muhammadiyah mulai dari pembacaan niat, tata cara, hingga bacaan doa pada masing-masing gerakan sholat. Langsung saja, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Niat Sholat Syuruq Menurut Muhammadiyah

niat sholat syuruq

Meski pelaksanaanya bersamaan dengan sholat dhuha, namun telah dijelaskan sebelumnya bahwa sholat syuruq berbeda dengan sholat dhuha sehingga pembacaan niatnya pun berbeda dengan pembacaan niat sholat dhuha.

Sholat syuruq dikerjakan sendiri-sendiri sehingga tidak ada bacaan niat sholat syuruq sebagai imam atau makmum, yang ada hanyalah bacaan niat sholat syuruq sebagai munfarid atau diri sendiri karena memang sholat ini tidak dikerjakan secara berjamaah.

Berikut adalah lafadz bacaan doa niat sholat syuruq menurut muhammadiyah yang benar sesuai sunnah menurut hadist dan dalil yang shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, lengkap dengan terjemahan atau artinya dalam bahasa Indonesia.

أُصَلِّي سُنَّةَ الإشراق رَكْعَتَيْن لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal isyraqi rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya:
"Aku berniat melaksanakan Shalat Sunnah Isyraq sebanyak dua rakaat karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Sholat Syuruq

Sholat syuruq menurut muhammadiyah atau disebut juga dengan sholat isyraq dilaksanakan ketika matahari telah terbit setinggi tombak atau sama seperti masuk waktu sholat dhuha. Sholat ini dikerjakan pada pagi hari dan jika di Indonesia sholat ini dikerjakan sekitar pukul 08.00 pagi.

Sholat ini dikerjakan sebanyak 1 rakaat, namun Anda juga bisa menambahkannya sebanyak 4, 6, 8, 10, 12 rakaat dengan masing-masing salam setiap 2 rakaat. Secara garis besar pelaksanaannya sama seperti sholat pada ummunya yang berbeda hanyalah niatnya saja.

Silahkan simak penjelasan lebih lengkap mengenai panduan, tuntunan, pelaksanaan, tata cara sholat syuruq yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist dan menurut dalil shahih di bawah ini.
  • Pertama, baca niat sholat terlebih dahulu.
  • Setelah itu baca takbiratul ikhram dan diteruskan dengan doa iftitah.
  • Apabila sudah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan salah satu surat pendek dalam Al-Quran.
  • Diteruskan dengan ruku' sambil membaca doa ruku'.
  • Selanjutnya i'tidal sambil membaca doa.
  • Dilanjutkan dengan sujud sebanyak dua kali sambil membaca doa.
  • Di antara dua sujud, lakukan gerakan duduk sambil membaca doa iftirasy.
  • Berdiri kembali dan ulangi untuk rakaat kedua mulai dari pembacaan surat Al-Fatihah hingga sujud.
  • Setelah itu, lakukan gerakan tahiyat awal dan akhir sambil membaca doa.
  • Sholat diakhiri dengan membaca doa salam.

Pada poin-poin di atas dijelaskan bahwa setiap gerakan sholat harus membaca doa, dan doa pada gerakan-gerakan sholat memiliki bacaan yang berbeda. Selengkapnya bisa dibaca pada artikel bacaan doa sholat.

Kesimpulan
Sekian pembahasan mengenai niat sholat syuruq, adalah, sesuai sunnah, isyroq latin, dan dhuha, bacaan, lafadz, perbedaan dengan sholat dhuha, anjuran, tata cara sholat syuruq atau isyraq yang benar, lengkap, wanita, pria, laki-laki, terbit fajar kedua, doa sholat, jadwal, menurut muhammadiyah, dan sebagainya.

Baca:

Posting Komentar untuk "Niat Sholat Syuruq atau Isyraq Menurut Muhammadiyah"